Yuk, Kenalan dengan MIT: Kampus Top dan Bergengsi di Dunia

Kenalan dengan MIT, Universitas Terbaik di Dunia

Yuk Kenalan dengan MIT! Massachusetts Institute of Technology (MIT) merupakan salah satu universitas teknologi terbaik di dunia yang telah menempati peringkat pertama dari 5 kategori tingkatan universitas terbaik. Untuk versi QS World University, Massachusetts Institute of Technology menempati  rangking  pertama.

Massachusetts Institute of Technology merupakan institusi riset swasta yang berlokasi di kota Cambridge tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Bay di Boston, Amerika Serikat.

Massachusetts Institute of Technology memiliki 5 kampus dan 1 progarm kerjasama dengan World Hole Oceanographic Institution (WHOI) sehingga jika ditotalkan terdiri dari 32 departemen yang dikhususkan pada bidang Sains dan Teknologi.

 

Latar belakang MIT sebagai universitas terbaik di dunia

Dari berbagai lembaga peringkat perguruan tinggi, Massachusetts Institute of Technology selalu konsisten berada di peringkat 10 besar universitas terbaik di dunia, khususnya dalam bidang Ilmu Teknologi.

Massachusetts Institute Of Technology (MIT) ini didirikan oleh seorang ilmuwan bernama William Barton Rogers.Beliau menekankan bahwa kompetensi profesional dapat diraih melalui pengajaran dan melakukan penelitian yang fokus perhatiannya pada masalah yang ada di dunia nyata. Dengan dasar tersebut, beliau akhirnya mengembangkan pengajaran laboratorium.

Hingga saat ini, Massachusetts Institute Of Technology  telah dikenal sebagai salah satu lembaga pendidikan kelas dunia. Massachusetts Institute Of Technology dibangun untuk menjawab kemajuan teknologi serta industri yang sedang berkembang di Amerika Serikat.

Pada tahun 1861 Amerika Serikat mendirikan Universitas Massachusetts Institute of Technology dan mulai dibuka pada tahun 1865.  Pada tahun 1916, Massachusetts Institute of Technology mulai memperluas daerahnya. Massachusetts Institute of Technology dibangun di atas areal tanah seluas 168 hektar.

Selama kurun waktu 60 tahun belakangan ini, Massachusetts Institute of Technology juga mulai menambah cabang ilmu lain diluar Sains dan Teknologi, seperti Manajemen, Ekonomi, Ilmu Politik, dan Biologi.

MIT Kresge Auditorium
MIT Kresge Auditorium

Baca Juga : Simak Informasi Mengenai Fakultas dan Jurusan yang Ada di MIT!

 

Program studi di Massachusetts Institute of Technology

Massachusetts Institute of Technology memiliki banyak 5 departemen utama, yaitu:

1. The Department of Architecture

2. The Department of Urban Studies + Planning

3. The Media Laboratory

4. The Center for Real Estate

5. The Program in Art, Culture and Technology

Jurusan S1 di Massachusetts Institute of Technology

Massachusetts Institute of Technology juga menawarkan 44 gelar sarjana di 5 sekolah tersebut dengan berbagai kajian ilmu, seperti:

1. Teknik Sipil

2. Arsitektur

3. Perencanaan Tata Kota

4. Teknik Mesin

5. Elektro

6. Metalurgi

7. Ilmu Komputer

8. Biologi

9. Rekayasa Biologi

10. Komputasi dan Sistem Biologi

11. Fisika

12. Aeronautics

13. Matematika

14. Sistem Rekayasa

15. Sains dan Teknologi Nuklir

16. Perhitungan Desain dan Optimasi

17. Ilmu Otak dan Kognitif

18. Operasi Research Center

19. Antropologi

20. Linguistik

21. Ilmu kesehatan dan Teknologi

22. Politik

23. Sejarah

24. Ekonomi Bisnis

Jurusan S2 dan S3 di Massachusetts Institute of Technology

Untuk program pasca sarjana, Massachusetts Institute of Technology menawarkan program doktor komprehensif dengan berbagai gelar akademis seperti:

1. Master of Science (MS)

2. Doctor of Philosophy (PhD)

3. Doctor of Science (ScD)

4. Master Arsitek (March)

5. Master Administrasi Bisnis (MBA)

6. Master Perencanaan Kota (MCP)

7. Master Engineering (M.Eng)

8. Master Finance (Mfin)

dan program pascasarjana interdisipliner, seperti MD/Ph.D yang menjalin kerjasama dengan Harvard Medical School.

 

Alumni MIT

Massachusetts Institute of Technology telah mencetak beberapa alumni terkenal, seperti Kofi Annan, yang merupakan sekretaris umum ke-7 PBB dan Buzz Aldrin astronot yang menjadi orang kedua yang mendarat di bulan.

Selain itu, prestasi yang diraih oleh Massachusetts Institute of Technology sangatlah banyak, seperti memiliki 81 pemenang nobel, 52 ilmuwan peraih National Medal of Science, 45 orang peraih Rhodes Scholars, 38 orang meraih MacArthur Fellows, dan 59 anggota dari komunitas Massachusetts Institute of Technology telah meraih penghargaan Nobel.

 

Baca Juga: Ingin Kuliah di MIT dengan Beasiswa Penuh? Cek Rekomendasinya Disini!

 

Dengan banyaknya prestasi yang diraih membuktikan bahwa Massachusetts Institute of Technology menjadi salah satu perguraun tinggi ternama di dunia. Prestasi-prestasi tersebut akan sangat membanggakan jika kamu juga dapat meraihnya saat melanjutkan studi di sana.

Raih Beasiswa Kuliah di MIT bersama Schoters!

Masih ragu bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu?   ->     Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu?     ->     Dapatkan program terbaik di Schoters!

kenalan dengan mit