3 Universitas Islam Terbaik di Dunia, Simak Informasi Lengkapnya!

Islam, salah satu agama tertua dengan penganut paling banyak di dunia, memiliki kontribusi yang sangat besar di dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan. Salah satu kontribusi tersebut diberikan melalui berbagai universitas Islam, yaitu institusi pendidikan tinggi yang dibangun menggunakan Islam sebagai identitas dan landasan utama. Saat ini, terdapat banyak sekali universitas Islam yang tersebar di seluruh penjuru dunia dengan kualitas pendidikan yang tidak kalah dibandingkan universitas dunia lainnya. Universitas Islam terbaik di dunia tidak hanya menawarkan program studi yang berhubungan langsung dengan Islam atau hanya terbuka untuk Muslim saja. Universitas Islam di dunia biasanya tetap terbuka untuk pemeluk agama lainnya, sekaligus menawarkan banyak program studi terbaik di berbagai disiplin ilmu dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai agama Islam.

Tertarik untuk mengenal lebih lanjut tentang universitas Islam terbaik di dunia? Berikut adalah informasi tentang beberapa universitas Islam terbaik di dunia yang perlu kamu ketahui.   

 

King Abdul Azis University

King Abdul Azis University adalah salah satu universitas Islam terbaik di dunia yang berlokasi di Jeddah, Saudi Arabia. Universitas terbesar di Saudi Arabia yang sudah berdiri sejak tahun 1967 ini berhasil menduduki peringkat 106 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia dan peringkat pertama perguruan tinggi terbaik di Saudi Arabia berdasarkan daftar yang dirilis oleh QS pada tahun 2023.

Saat ini, terdapat lebih dari 117 ribu mahasiswa yang tengah menempuh studi di King Abdul University di berbagai program studi untuk seluruh jenjang pendidikan, baik sarjana maupun pascasarjana. Terdapat 141 program studi jenjang sarjana, 245 program pascasarjana serta 41 program pascasarjana eksekutif yang dapat dipilih oleh mahasiswa yang berminat melanjutkan studi di King Abdul Azis University, termasuk di antaranya program studi di bidang economic and administrations, arts and humanities, science, engineering, medicine, marine sciences, dentistry dan lain sebagainya. Selain program studi reguler, mahasiswa yang tertarik melakukan penelitian atau riset juga bisa memilih 15 research program dan 64 research groups yang ada di universitas ini.

 

Baca Juga: Simak Informasi Beasiswa di Arab Saudi

 

Khalifa University

Universitas Islam terbaik di dunia selanjutnya adalah Khalifa University yang berlokasi di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Di tahun 2023, universitas berorientasi riset dengan spesialisasi di bidang science, engineering dan medicine ini berhasil menduduki peringkat 181 dalam deretan perguruan tinggi terbaik dunia versi QS 2023. Selain itu, Khalifa University juga berhasil menjadi perguruan tinggi terbaik nomor 28 di Asia.

Kualitas pendidikan kelas dunia yang ditawarkan oleh Khalifa University tidak terlepas dari berbagai kegiatan riset yang dilakukan universitas ini. Hingga saat ini, setidaknya Khalifa University memiliki lebih dari 200 paten dan sudah merilis sekitar 8000 artikel akademik yang banyak dipublikasikan di jurnal akademik kenamaan. Komitmen Khalifa University terhadap berbagai kegiatan penelitian atau riset mahasiswa juga tampak dari keberadaan 228 laboratorium dan 16 research centre kelas dunia yang digunakan untuk penelitian di banyak bidang, termasuk di antaranya artificial intelligence, robotics, clean energi, aerospace dan masih banyak lagi.

Program studi yang dibuka di Khalifa University juga cukup beragam untuk seluruh jenjang pendidikan, baik sarjana maupun pascasarjana. Program studi yang ada di Khalifa University tersebar di 3 (tiga) Colleges berbeda antara lain :

1. College of Engineering

2. College of Arts and Sciences

3. College of Medicine and Health Sciences

 

Qatar University

Qatar University adalah universitas Islam terbaik di dunia berikutnya yang bisa menjadi pilihan bagi pelajar internasional yang berminat menempuh studi di universitas Islam. Universitas yang berlokasi di Doha ini adalah satu-satunya universitas negeri di Qatar yang sudah berdiri sejak tahun 1973. Berdasarkan daftar yang dirilis oleh QS pada tahun 2023, Qatar University berhasil menduduki peringkat 208 dalam deretan perguruan tinggi terbaik dunia. Saat ini, setidaknya terdapat 8000 mahasiswa dari 85 kewarganegaraan yang bergabung dan menempuh studi di universitas terbesar dan tertua di Qatar.

Qatar University membuka banyak program studi di seluruh jenjang pendidikan yang tersebar di 12 (dua belas) colleges yang berbeda antara lain :

1. College of Arts and Science

2. College of Business and Economics

3. College of Education

4. College of Engineering

5. College of Law

6. QU Health

7. College of Health Sciences

8. College of Medicine]

9. College of Pharmacy

10. College of Dental Medicine

11. College of Nursing

12. College of Sharia and Islamic Studies

Untuk membantu pelajar internasional beradaptasi dengan kehidupan studi di Qatar, Qatar University juga menawarkan kursus bahasa Arab yang dirancang khusus untuk mahasiswa yang tidak menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa Ibu. Kelas bahasa Arab ini disediakan melalui The Arabic for Non Native Speakers Center (ANNS Center) di Qatar University. 

 

Baca Juga: Kuliah di Qatar dengan Beasiswa, Raih Sekarang Juga!

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Universitas Islam Terbaik di Dunia

Ingin lolos masuk ke berbagai universitas Islam terbaik di dunia? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas Islam terbaik di dunia? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

universitas islam terbaik di dunia