fbpx

5 Beasiswa yang Mewajibkanmu untuk Kembali ke Indonesia

Fakta Menarik

Scholarship Hunters sedang cari-cari informasi soal beasiswa di luar negeri? Tahu kah kamu bahwa ada beberapa beasiswa yang mewajibkan awardee/penerima beasiswanya untuk segera kembali ke negara asal agar bisa langsung berkontribusi ke negara tercinta? Berikut 5 beasiswa yang mengharuskanmu untuk segera kembali ke tanah air.

1. Beasiswa Chevening

Beasiswa Chevening adalah beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Inggris melalui Foreign and Commonwealth Office yang ditujukan bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan kuliah S2  di universitas-universitas Inggris. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, tunjangan hidup, biaya transportasi ke Inggris beserta visanya, tunjangan kedatangan, bahkan tunjangan kepulangan pun diberikan. Setelah selesai dari perkuliahan S2 di Inggris, para awardee wajib pulang ke Indonesia ya

Baca juga: Beasiswa Chevening untuk kuliah S2 di Inggris

2. Beasiswa LPDP

Sudah tidak asing bukan dengan beasiswa LPDP? Yup, beasiswa ini adalah beasiswa yang diberikan oleh kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Beasiswa ini hadir dengan program yang lebih luas dari tahun sebelumnya, ada beasiswa umum, targeted, dan afirmasi untuk jenjang S1 sampai S3. Perluasan program ini diharapkan dapat menciptakan lebih banyak SDM Indonesia yang unggul, memiliki kompetensi global, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Nantinya kamu juga harus kembali ke Indonesia untuk berkontribusi ke negara melalui ilmu yang telah kamu dapatkan loh!

3. Beasiswa Fulbright

Beasiswa Fulbright didanai oleh pemerintah Amerika Serikat sejak 1946 dan ditawarkan di lebih dari 160 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Beasiswa Fulbright diberikan untuk jenjang S2 dan S3 dan terbuka untuk berbagai kalangan. Mulai profesional dari sektor swasta, PNS termasuk guru dan dosen tetap/honorer, pekerja LSM, seniman dan juga bagi yang baru lulus dari pendidikan bergelar berkesempatan untuk kuliah di berbagai bidang studi kecuali kecuali yang bersifat klinis. Tentunya, beasiswa ini juga mewajibkanmu kembali ke tanah air untuk membagikan pengetahuanmu dan pengalamanmu di Amerika Serikat.

4. Australia Awards Scholarship

Australia Awards Scholarships (AAS) merupakan beasiswa Internasional yang didanai oleh Pemerintah Australia. Beasiswa AAS adalah kesempatan bagi para calon pemimpin untuk melakukan studi, penelitian, dan pengembangan keprofesian di Australia. Beasiswa AAS diberikan kepada orang Indonesia dan beberapa negara lain yang ingin belajar S2 atau S3 di Australia. Beasiswa ini mencakup pelatihan sebelum keberangkatan di Indonesia (Pre-Departure Training atau PDT), tiket pesawat pulang-pergi, uang saku bulanan, biaya kuliah, asuransi kesehatan, dan lainnya. Beasiswa ini cukup populer karena nantinya para awardee juga diwajibkan kembali ke Indonesia untuk berkontribusi ke daerah asalnya.

5. Beasiswa ADB-JSP

Beasiswa Asian Development Bank-Japan Scholarship Program (ADB-JSP) adalah beasiswa yang diberikan oleh Asian Development Bank untuk mahasiswa/i di Indonesia. Beasiswa ini bertujuan untuk pembangunan negara asal dan diperuntukkan untuk mahasiswa yang ingin memperdalam bidang studi ekonomi, manajemen, sains dan teknologi, serta bidang-bidang lain yang berhubungan dengan pembangunan. Beasiswa yang ditujukan untuk jenjang S2 dan S3 ini tersebar di beberapa wilayah, seperti, Jepang, Australia, Hong Kong (China), India, New Zealand, Amerika Serikat, Pakistan, Philipina, Singapura, dan Thailand. Beasiswa akan mencakup biaya kuliah, tunjangan akomodasi/rumah, biaya uang saku bulanan, tunjangan buku dan materi pembelajaran, asuransi kesehatan, dan biaya perjalanan. Menarik bukan?

Baca juga: Beasiswa ADB-JSP untuk Jenjang S2 dan S3 di New Zealand

 

Penasaran ingin tahu beasiswa apa lagi yang sedang buka? Cek saja di Kalender Beasiswa Schoters sekarang dan konsultasikan pilihan studimu dengan pakarnya di sini!

Pin It on Pinterest

Share This