Mau Kuliah di Jepang? Intip 5 Kampus Terbaik di Jepang

Kampus Luar Negeri, 03 Sep 2022

Halo Scholarship Hunters! Jepang saat ini adalah salah satu negara industri dunia. Jadi, tak heran banyak yang menganggumi dan bercita-cita untuk kuliah di negara ini, mungkin kalian juga salah satunya. Dengan keindahan alam dan budayanya yang khas tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa internasional. Berikut informasi mengenai kampus-kampus terbaik di Jepang yang bisa kamu jadi referensi untuk pilihan studimu.

5 Universitas Terbaik di Jepang

1. The University Of Tokyo

The University Of Tokyo
The University Of Tokyo

Universitas Tokyo adalah universitas yang telah berumur 117 tahun. Universitas ini adalah universitas penelitian negeri ternama di Jepang dan juga merupakan anggota pertama dari Tujuh Universitas Nasional Jepang. Universitas Tokyo mempunyai lima kampus di Hongo, Komaba, Kashiwa, Shirokane dan Nakano dan 10 fakultas dengan total sekitar 28.000 mahasiswa, 2.100 di antaranya adalah pelajar asing (jumlah yang besar untuk ukuran Jepang). Meski hampir segala jenis bidang akademis diajarkan di sini, ia paling terkenal akan fakultas hukum dan sastranya. Universitas Tokyo juga telah menghasilkan banyak politikus Jepang hebat.

Nah, bagi kamu yang bercita-cita menjadi  politikus hebat Indonesia di masa depan, kampus ini bisa menjadi pilihan yang pas untukmu!

2.  Kyoto University

Kyoto University
Kyoto University

Foto: Fujitsu Journal

Kyoto University adalah universitas negeri di Kyoto, Jepang. Universitas ini didirikan pada tahun 1897 sebagai Universitas Imperial Kyoto dan merupakan universitas negeri tertua nomor dua di Jepang. Universitas Kyoto memiliki 10 fakultas, 17 sekolah pascasarjana, 13 institut riset, serta 29 pusat riset dan pendidikan.

Ciri khas universitas ini adalah tradisi akademik yang menghargai semangat kebebasan dan kemerdekaan akademik. Penelitian yang dilakukan juga berdasarkan minat dan tujuan masing-masing individu. Sebagai universitas berorientasi penelitian, Universitas Kyoto hingga kini telah menghasilkan 5 penerima Penghargaan Nobel dalam bidang fisika teori, kimia, dan biologi molekuler.

Universitas Kyoto sangat cocok bagi kamu yang suka dengan riset maupun yang suka dengan bidang fisika, kimia, mapun biologi. Siapa tahu dengan kuliah di sini, kamu bisa menjadi salah satu pemenang penghargaan Nobel di bidangnya suatu saat nanti. Keren ya kampus ini!

3. Osaka University

Osaka University
Osaka University

Foto: https://www.jpss.jp/en/univ/63/

Universitas Osaka adalah sebuah universitas nasional di Osaka, Jepang yang didirikan pada tahun 1869. Universitas Osaka mempunyai empat kampus, yaitu di Suita, Toyonaka, Mino dan Nakanoshima dengan 11 fakultas yang telah berdiri.

Osaka University juga merupakan anggota dari Tujuh Universitas Nasional di Jepang. Universitas ini memiliki lima institut penelitian dan dosen-dosen ternama. Dua program S1 disampaikan dalam bahasa Inggris dan untuk jenjang S2 tersedia lima program kuliah yang ditawarkan dalam bahasa Inggris. Kampus-kampusnya terletak di Suita, Toyonaka, dan Mino. Universitas ini juga menawarkan beasiswa dan pembebasan biaya kuliah bagi mahasiswa internasional yang memenuhi syarat.

Untuk versi Top University  2018,  Universitas Osaka menempati kampus terbaik nomor 3 terbaik di Jepang.

4. Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech) 

 Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech) 
Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech)

Foto: https://www.titech.ac.jp/english/about/campus_maps/campus_highlights/library.html

Tokyo Institute of Technology, biasa disebut Tokodai, atau Tokyo Tech, adalah lembaga pendidikan tinggi  terbesar di Jepang yang ditujukan untuk ilmu pengetahuan dan teknologi. Tokyo Institute of Technology diakui sebagai universitas terkemuka, terutama dalam ilmu alam dan teknik lapangan. Universitas ini berada di peringkat ke-61 dalam penilaian secara keseluruhan, peringkat ke-21 di bidang teknologi, dan peringkat ke-57 pada bidang ilmu alam, di antara universitas-universitas terbaik dunia tahun menurut Times-QS World University Rankings. Kampus ini juga menempati peringkat 4 kampus terbaik di Jepang.

Universitas ini telah berdiri selama lebih dari 130 tahun. Dari sekitar 10.000 mahasiswanya yang tersebar di kampus Ookayama, Suzukakedai, dan Tamachi, separuhnya merupakan mahasiswa program sarjana (S1), sedangkan separuh lainnya terdaftar di program master dan doktoral. Tokyo Tech memiliki 1.200 fakultas dan 600 anggota administratif dan teknis.

Nah, jika kamu ingin kuliah di jurusan ilmu alam dan teknik lapangan, kampus ini merupakan pilihan yang sangat cocok. Siapa tahu setelah kuliah di Tokyo Institue of Technology  kamumenjadi ilmuwan terbaik Indonesia, bahkan dunia.

5. Tohoku University

Tohoku University
Tohoku University | Gambar: https://tgu.mext.go.jp/en/universities/tohoku/index.htm

Universitas Tohoku adalah universitas negeri di Sendai, Prefektur Miyagi, wilayah Tohoku, Jepang. Universitas ini adalah salah satu dari tujuh universitas negeri di Jepang dan didirikan tahun 1907 sebagai Universitas Imperial ketiga di Jepang.

Universitas Tohoku juga merupakan universitas negeri yang menjadi anggota dari Tujuh Universitas Nasional. Universitas ini menawarkan tiga program S1 dan beberapa program S2 dalam bahasa Inggris. Tohoku University memiliki lima kampus yang terdiri dari museum, perpustakaan, tempat konferensi, panggung pertunjukan, taman-taman dan sebuah rumah sakit. Selain itu Universitas Tohoku memiliki 10 fakultas dan 15 sekolah pascasarjana dengan total mahasiswa 17.883 orang. Universitas ini adalah universitas negeri pertama di Jepang yang menerima mahasiswa perempuan (menerima 3 mahasiswi pada tahun 1913). 

Raih Beasiswa Kuliah Luar Negeri ke Jepang!

Ingin cari tahu tentang pilihan beasiswa yang ditawarkan 5 kampus di atas? Ikuti bimbingan bersama lulusan kampus top jepang bersama mentor Schoters!

government of ireland postgraduate scholarship