fbpx

7 Tips Persiapan Seleksi Wawancara Beasiswa LPDP

Tips & Trik

Kali ini, Schoters akan membeberkan 7 tips persiapan seleksi wawancara beasiswa LPDP. Pemerintah akhirnya membuka kembali pendaftaran program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di tahun 2022. Program beasiswa ini diadakan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan sumber daya manusia (SDM) Indonesia dengan memberikan kesempatan bagi para mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan studi magister atau doktoral ke luar negeri dengan tunjangan penuh dari pemerintah.

Tahap akhir dari seleksi beasiswa ini dan merupakan salah satu tahap yang menentukan apakah Hunters layak menjadi awardee beasiswa LPDP atau tidak adalah seleksi wawancara. Maka dari itu, yuk simak 7 tips perisapan yang akan membantu Hunters dalam mengikuti seleksi wawancara beasiswa LPDP berikut ini!

 

1. Kuasai Apa yang Kamu Tulis di CV

Pada saat Hunters melengkapi formulir pendaftaran di website resmi LPDP, pastikan bahwa apa yang ditulis merupakan pengalaman nyata pribadi dan tidak dilebih-lebihkan, sehingga Hunters dapat menguasai pertanyaan seputar CV dengan baik. Setiap peserta wawancara pasti memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Namun, biasanya Hunters akan ditanya seputar pengalaman organisasi, kepemimpinan, dan prestasi. Tentunya, selain pertanyaan seputar CV masih banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya seperti penilaian diri, rencana studi di universitas tujuan, rencana kontribusi, alasan mengapa Hunters pantas menerima beasiswa, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Ketahui 7 Pertanyaan Umum Saat Wawancara Beasiswa

2. Banyak Berlatih Wawancara

Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, seperti usaha/upaya berlatih wawancara yang terus-menerus pastinya akan menjadikan Hunters lebih percaya diri. Hunters bisa mencari tahu seputar pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul ketika wawancara beasiswa melalui internet maupun bertanya langsung kepada awardee beasiswa LPDP. Hunters dapat melakukan simulasi wawancara secara mandiri di depan cermin, atau bisa juga meminta tolong kepada kerabat atau teman. Tentunya akan lebih baik jika Hunters meminta bantuan kerabat atau teman karena komunikasi terjalin secara dua arah seperti wawancara sesungguhnya.

3. Tenang dalam Menjawab Pertanyaan

Dalam menjawab pertanyaan wawancara, bahasa tubuh juga memainkan peran penting. Apabila kamu terbata-bata atau tidak bisa mengontrol diri ketika wawancara, maka hal ini akan menjadi poin minus di mata pewawancara. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu tenang dan selalu berusaha tersenyum ketika menjawab setiap pertanyaan. Selain itu, tunjukkan sikap tegap dan menjaga intonasi setiap kali berbicara.

 

4. Yakinkan Pewawancara bahwa Kamu Siap Berkomitmen Menyelesaikan Studi

Sebagian orang mungkin memang senang belajar dan berkutat dengan banyak tugas, pastinya hal ini bukan menjadi suatu masalah. Tujuan hidup yang memang didedikasikan untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya, baik itu di sekolah, lomba, maupun les. Namun, bagi Hunters yang merasa bahwa tugas-tugas kuliah itu cukup melelahkan, tentunya hal ini merupakan sebuah tantangan tersendiri untuk bisa meyakinkan pewawancara bahwa Hunters siap mengambil kuliah hingga lulus. Oleh sebab itu, berikan alasan yang kuat disertai bukti bahwa Hunters siap untuk kuliah kembali dan berkomitmen untuk menyelesaikannya dengan tepat waktu.

5. Jelaskan bahwa Ilmu yang Dipelajari Berguna untuk Pembangunan Nasional

LPDP merupakan program beasiswa dari pemerintah, maka dari itu LPDP mencari kandidat yang bersedia untuk kembali ke Indonesia dan berkontribusi terhadap pembangunan negeri. Hal ini merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh tiap awardee beasiswa LPDP. Oleh karena itu, Hunters dapat mencoba mengaitkan dan menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami, bahwa ilmu yang dipelajari di luar negeri pastinya akan bermanfaat bagi banyak orang di Indonesia dan tidak akan sia-sia.

Baca juga: Beasiswa LPDP 2022 Telah Dibuka! Cek Info Persyaratan

6. Tunjukkan Sikap Cinta Tanah Air dan Tetap Rendah Hati

Pada saat wawancara, setiap kandidat pasti berlomba-lomba untuk menampilkan yang terbaik dan terlihat percaya diri dengan jawaban yang diberikan. Namun, Hunters harus berhati-hati dalam bertutur-kata supaya tidak terkesan sombong dan tetap rendah hati.

Selain itu, dalam menjaring kandidat, LPDP merupakan salah satu beasiswa yang mengedepankan peserta dengan rasa nasionalisme yang tinggi, jauh dari paparan radikalisme, mempu berkolaborasi dengan berbagai pihak, dan mengabdi kepada tanah air.

7. Selalu Berdoa dan Meminta Restu Orang Tua

Setelah semua usaha sudah dikerahkan, saatnya untuk menyerahkan semua kepada yang di Atas. Selalu berdoa untuk diberikan kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan sesuatu. Mintalah restu kepada keluarga dan orang-orang terdekat, terutama orang tua. Hunters pasti akan merasa lebih tenang ketika menjalani proses seleksi wawancara.

 

Kurang lebih itulah 7 tips yang dapat kamu persiapkan untuk menghadapi seleksi wawancara beasiswa LPDP. Jika kamu ingin mengetahui tips lainnya dan juga info persyaratan beasiswa LPDP, kamu dapat langsung menghubungi konsultan kami.

Selain itu, cek juga Kalender Beasiswa Schoters  untuk informasi beasiswa di negara lain! Good luck!

 

 

INGIN KAMI BANTU KULIAH KE LUAR NEGERI ?

Konsultasikan Rencana Beasiswa & Kuliah Keluar Negeri-mu bersama Konsultan Expert Kami. 100% Free! Tanpa Bayar.

Pin It on Pinterest

Share This