7 Universitas Terbaik di Belanda: Rekomendasi Kuliah di Belanda

Kuliah di Eropa memang merupakan dambaan banyak orang. Di antara sekian negara di benua tersebut, Belanda merupakan salah satu negara destinasi pendidikan favorit. Tentunya Schoters telah merangkum rekomendasi universitas terbaik di Belanda di artikel berikut!

Kuliah di Universitas Terbaik di Belanda

Kualitas pendidikan di Belanda memang terkenal mumpuni. Tak heran, tiap tahunnya ada banyak mahasiswa dari Indonesia melanjutkan pendidikannya di negara Raja Willem-Alexander and dan Ratu Maxima tersebut. Nah, apa saja sih universitas terbaik di Belanda?

1. Universitas Terbaik di Belanda: Technische Universiteit Delft

universitas terbaik di belanda Technische Universiteit Delft
Perpustakaan Technische Universiteit Delft

Scholarship Hunters, siapa nih yang berminat untuk melanjutkan kuliah di Belanda dengan bidang studi teknik? Kampus ini mungkin cocok buat kamu!

Berdiri di sebuah kota bernama Delft, Technische Universiteit Delft didirikan pada tahun 1842 oleh Raja William II dengan nama awal Royal Academy. Sejak awal didirikan, TU Delft memang ditujukan untuk pengembangan ilmu teknik. Makanya, tak heran jika TU Delft berevolusi menjadi sebuah perguruan tinggi berbasis teknologi.

Hingga kini, fokus utama kampus ini adalah disiplin Ilmu Teknik, Komputer, Matematika, Ilmu Terapan, dan Manajemen Teknologi dengan total 19.500 mahasiswa. Sudah dua gelar Nobel yang diraih alumninya. Salah satu alumni yang sangat terkenal adalah Jaap Hartsen, seorang teknokrat pencipta jaringan Bluetooth yang kita pakai untuk berbagi media dan pesan di hampir semua perangkat gadget.

2. Universitas Terbaik di Belanda: University van Amsterdam

universitas terbaik di belanda University van Amsterdam
Kampus University of Amsterdam

Universitas terbaik di Belanda selanjutnya adalah University van Amsterdam. Seperti namanya, universitas ini memang terletak di kota Amsterdam yang merupakan ibu kota Belanda. UvA didirikan pada tahun 1632 oleh pemerintah kota Amsterdam dan kemudian diteruskan oleh dua profesor bernama Gerardus Vosius dan Caspar Barlaeus.

Awalnya, perguruan tinggi ini bernama Athenaeum Illustre dan hanya menawarkan jurusan kedokteran. Kini, UvA telah berkembang merupakan salah satu universitas favorit di Belanda. Sekitar 31 ribu mahasiswa belajar di UvA – kampus ini menawarkan program sarjana dan pascasarjana dengan banyak kelas berbahasa Inggris untuk program Master.

3. Universitas Terbaik di Belanda: Universiteit Utrecht

universitas terbaik di belanda Universiteit Utrecht
Suasana Kampus Utrecth University

Universiteit Utrecht berdiri tegak di kota Utrecht – kota di mana Irfan Bachdim pernah menimba ilmu sepak bola. FC Utrecht maksudnya, hihi!

Universiteit Utrecht didirikan oleh seorang profesor dalam bidang Teologi bernama Gisbertus Voetus pada tahun 1636. Ia jugalah yang mengirim pesan kepada seorang profesor matematika dan hukum bernama Bernardus Schotanus untuk memimpin universitas ini. Jadi ketika awal berdiri, keilmuan merekalah yang menjadi jurusan yang pertama ditawarkan.

Sekarang, Utrecht telah menjadi rumah dari peraih 12 gelar Nobel di berbagai bidang. Alumninya juga kebanyakan tidak jauh-jauh dari tiga bidang awal universitas ini – teologi, kedokteran, hukum, dan tentunya sains! Satu nama Indonesia yang terkenal pernah berkuliah di sini adalah Adnan Buyung Nasution, seorang pakar hukum ternama di negeri tercinta ini.

           Baca juga : Utrecht Excellence, Beasiswa S-2 dari Utrecht University Belanda

Mau Lolos Beasiswa Luar Negeri?

4. Universitas Terbaik di Belanda: Universiteit Leiden

universitas terbaik di belanda Universiteit Leiden
Suasana Kampus University Leiden di Pinggir Kanal | Sumber Gambar Times Higher Education

Minters yakin, kalian mungkin tau salah satu alumni dari universitas satu ini – beliau merupakan pencetus teori atom E = MC2. Yup, dia lah Albert Einstein!

Tiap tahunnya, sebanyak 23 ribu mahasiswa memilih kampus ini sebagai tujuan kuliah di Belanda untuk berbagai subjek, dari mulai program sarjana hingga doktor. Tak heran, sebab universitas ini merupakan universitas tertua sekaligus universitas terbaik di Belanda. Jadi, reputasinya sudah tidak diragukan lagi,

Didirikan pada 1575 oleh William I, Universiteit Leiden merupakan induk dari 40 institusi riset yang memiliki hubungan dengan banyak pemimpin nasional maupun internasional. Keren banget kan, Hunters?

5. Rijks Universiteit Groningen

universitas terbaik di belanda Rijks Universiteit Groningen
Kampus University of Groningen

Terkenal dengan nama Universitas Groningen, universitas di kota Groningen ini merupakan salah satu universitas tertua di Belanda setelah Leiden. Kampus ini menduduki peringkat lima terbaik di Belanda, loh!

University of Groningen memiliki sejarah yang panjang dalam melahirkan inovasi, termasuk astronot Belanda pertama. Alumni terkenalnya kebanyakan merupakan ilmuwan di bidang sains. Bahkan, peraih Nobel satu-satunya dari universitas ini bernama Heike Kamerlingh Onnes merupakan peraih Nobel dari bidang Fisika, nih.

Kampus ini juga termasuk salah satu tujuan favorit bagi mahasiswa internasional. Saat ini, Universitas Groningen menaungi lebih dari 30.000 mahasiswa. Terdapat sembilan fakultas dan satu kolese yang meliputi berbagai bidang – ekonomi dan bisnis, teologi dan ilmu agama, hukum, seni, tata ruang (spasial), ilmu sosial, filsafat, dan matematika.

6. Universiteit Twente

universitas terbaik di belanda Universiteit Twente
Ikon Kampus Universiteit Twente

Kampus satu ini berada di kota Enschede, sebuah kota di belahan timur negeri Belanda yang berbatasan langsung dengan Jerman. Universitas ini baru berdiri pada tahun 1961, jadi masih sangat muda jika dibandingkan dengan universitas lainnya di negara Flying Dutchman ini.

Universiteit Twente awalnya merupakan kampus teknik dan bernama Technische Hogeschool Twente. Lambat laun, universitas ini mengembangkan orientasinya ke arah ekonomi dan sosial. Meskipun demikian, tetap saja lima fakultas yang ada di Universiteit Twente tidak jauh-jauh dari kata teknik dan teknologi – sebut saja fakultas ilmu etika manajemen dan ilmu sosial, teknik teknologi, teknik listrik matematika dan ilmu komputer, sains dan teknologi, dan geologi. Jadi, teknologi tetap menjadi salah satu kunci utama universitas ini nih, Scholarship Hunters.

Tapi, tau gak sih Hunters – universitas ini merupakan yang terbaik di Belanda untuk urusan entrepreneur, loh! Alumni Universiteit Twente juga umumnya merupakan politisi dan pebisnis Belanda. Ada juga yang menjadi ilmuwan di bidang Fisika – bahkan, dua ilmuwan fisika dari universitas ini pernah meraih Spinoza Prize dan Swan Medal yang merupakan penghargaan setingkat gelar Nobel.

           Baca juga: Yuk Kenalan Dengan Vrije Universiteit Amsterdam!

7. Vrije Universiteit Amsterdam

universitas terbaik di belanda Vrije Universiteit Amsterdam
Kampus Vrije Universiteit Amsterdam

Kembali ke kota Amsterdam, Vrije Universiteit Amsterdam didirikan pada tahun 1880. Berasal dari kata “Vrije” yang berarti kebebasan, universitas ini didirikan oleh sebuah denominasi Kristen Protestan aliran Calvinis yang dipimpin oleh Abraham Kuyper di Amsterdam. Beliau merupakan seorang teolog Calvinis di negeri Belanda dan seorang Perdana Menteri yang menjabat antara tahun 1901-1905.

Layaknya kebanyakan universitas di Belanda, universitas ini memiliki tujuh fakultas yang meliputi Seni, Teologi, Hukum, Bisnis, Sains, Humaniora, dan Ekonomi. Serta memiliki satu kolese yang bekerja sama dengan Universiteit Amsterdam bernama Amsterdam University College.

Terdapat sekitar 20.000 mahasiswa terdaftar di Vrije, loh. Alumninya sendiri banyak yang menjadi politisi, teologi, dan ilmuwan di bidang humaniora. Bisa banget nih, untuk kalian yang rencana kuliah di Belanda dalam bidang-bidang tersebut!

Nah, itu tadi 7 universitas terbaik di Belanda versi Schoters. Tertarik melanjutkan studi di universitas-universitas terbaik Belanda dengan beasiswa? It’s possible

Ingin Kuliah di Universitas Terbaik di Belanda?

Yuk, cari tahu rekomendasi beasiswa ke Belanda yang cocok untuk kamu -> Cari tahu di sini

Sudah tahu beasiswa apa yang cocok untuk kamu daftar? -> Kebut persiapan daftar beasiswa dengan berbagai layanan dari Schoters

Mau Lolos Beasiswa Luar Negeri?