fbpx

8 Universitas dengan Perpustakaan Terbaik di Dunia

Fakta Menarik, Kampus Luar Negeri

Salah satu tempat yang menjadi andalan bagi para mahasiswa di universitas adalah perpustakaan. Entah itu untuk belajar, mencari referensi buku pembelajaran, baca buku bareng temen, atau hanya sekedar untuk menghabiskan waktu luang. Makanya, ga heran kalau banyak universitas yang berlomba-lomba untuk membuat perpustakannya se-nyaman dan se-keren mungkin, Hunters.

Yuk simak 8 universitas dengan perpustakaan terbaik di dunia berikut ini!

 

1. The Joe and Rika Mansueto Library (University of Chicago, Amerika Serikat)

perpustakaan universitas terbaik di dunia

Perpustakaan Joe dan Rika Mansueto didesain oleh arsitektur handal, Helmut Jahn dan dibuka pada tahun 2011. Perpustakaan ini memiliki atap unik yang berbentuk elips dan terbuat dari kaca, cocok untuk mengistirahatkan mata sejenak sambil menikmati indahnya pemandangan langit.

Hunters perlu bantuan buat cariin buku? Tenang aja! Di sini ada pustakawan robot derek yang bakal bantu Hunters untuk menemukan dan membawakan buku hanya dalam waktu kurang dari 3 menit, lho!

Baca juga: 5 Rekomendasi Beasiswa ke Amerika!

2. Hachioji Library (Tama Art University, Jepang)

perpustakaan universitas terbaik di dunia

Perpustakaan Hachioji dirancang oleh arsitektur dari negeri sakura, Ito Toyo, dan berlokasi di Tokyo. Toyo Ito mengambil inspirasi dari arsitektur khas Eropa yang biasa dijumpai di istana atau katedral modern. Desainnya yang unik, perpaduan antara dinding kaca serta langit-langit beton berbentuk lengkungan besar, bikin suasana perpustakaan menjadi terbuka dan nyaman untuk menghabiskan waktu berlama-lama di sini.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Harus Kuliah di Jepang

3. George Peabody Library (Johns Hopkins University, Amerika Serikat)

perpustakaan universitas terbaik di dunia

Perpustakaan ini didirikan oleh pengusaha sukses, George Peabody pada tahun 1878. Bangunan mewah ini dirancang oleh arsitek terkenal, Edmund Lind dan dulunya sering digunakan sebagai tempat perjamuan dan pesta. Di sini, terdapat banyak koleksi buku langka dari abad ke-18 dan ke-19 yang sering dimanfaatkan sebagai bahan riset oleh mahasiswa di sana. Tidak hanya digunakan oleh para mahasiswa di universitas tersebut, perpustakaan ini juga terbuka untuk umum.

4. Geisel Library (University of California, San Diego, Amerika Serikat)

Geisel Library (University of California, San Diego, Amerika Serikat)

Perpustakaan ini memiliki 8 lantai, 6 lantai di atas permukaan tanah dan 2 lantai di bawah permukaan tanah. Bangunan ini memiliki total ketinggian 34 m. Uniknya, lift di perpustakaan ini tidak berhenti di lantai tiga, lho. Konon kabarnya, sang arsitektur, William Pereira, tidak memperhitungkan berat buku dalam desainnya, yang membuat satu lantai dari bangunan harus dikosongkan.

 

perpustakaan universitas terbaik di dunia

 

5. Les Aigues Library (Pompeu Fabra University, Spanyol)

perpustakaan universitas terbaik di dunia

Dibangun pada tahun 1874, bangunan yang sekarang menjadi Perpustakaan Universitas Pompeu Fabra ini awalnya digunakan sebagai menara air. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, beralih fungsi menjadi perpustakaan sekaligus untuk memasok air ke Parc de la Ciutadella yang berada di dekat perpustakaan.

Daya tarik dari perpustakaan ini adalah suara-suara air yang mengalir di sekitar perpustakaan,  cocok untuk suasana membaca yang memang membutuhkan ketenangan dan keheningan.

6. Bodleian Library (University of Oxford, Inggris)

Bodleian Library adalah tempat riset utama di University of Oxford sekaligus salah satu perpustakaan tertua di Eropa. Menariknya, perpustakaan ini memiliki peraturan khusus, dimana mahasiswa yang ingin meminjam buku harus bersumpah untuk tidak menandai buku mereka sebelum diberi keanggotaan. Selain itu, perpustakaan ini juga telah digunakan sebagai lokasi shooting berbagai film terkenal, seperti Harry Potter, The Golden Compass, dan X-Man: First Class.

Baca juga: Bagaimana Caranya agar Diterima di University of Oxford? Ini Tipsnya!

7. Central University City Campus Library (National Autonomous University of Mexico, Meksiko)

perpustakaan universitas terbaik di dunia

Menonjol dari bangunan lain di kampus, perpustakaan ini mempunyai bentuk persegi menjulang tinggi dan dihiasi dengan mural “A Historical Representation of the Culture” yang dibuat oleh seniman asal Meksiko, Juan O’Gorman. Mural ini menampilkan mosaik yang mewakili tiga zaman sejarah dalam budaya Meksiko: era pra-Hispanik, era kolonial Spanyol, dan zaman modern.

Pada Juli 2007, perpustakaan ini telah diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

8. The Joanine Library (University of Coimbra, Portugal)

perpustakaan universitas terbaik di dunia

Perpustakaan Joanine merupakaan perpustakaan terbesar kedua di Portugal yang dibangun sejak abad ke-18 atas perintah raja Portugal, John V, dan tentu saja mencerminkan kemewahan khas kerajaan, seperti dinding berlapis rak emas dan langit-langit yang dicat. Perpustakaan ini memiliki empat lantai dan menyimpan lebih dari 200.000 buku yang dicetak sebelum tahun 1800. Berkat sejarah dan budaya yang dimilikinya, perpustakaan Joanine juga ditetapkan sebagai monumen nasional.

 

 

Yuk persiapkan rencana kuliah keluar negeri dan dapatkan beasiswa dengan  konsultasi bersama mentor experts Schoters. Klik gambar di bawah ini atau langsung chat untuk informasi paket bimbingan dan layanan lainnya ya!

Cek juga Kalender Beasiswa Schoters  untuk informasi beasiswa di negara lain! Good luck!

Perpustakaan Universitas Terbaik di Dunia

INGIN KAMI BANTU KULIAH KE LUAR NEGERI ?

Konsultasikan Rencana Beasiswa & Kuliah Keluar Negeri-mu bersama Konsultan Expert Kami. 100% Free! Tanpa Bayar.

Pin It on Pinterest

Share This