Mengenal Asuransi Kesehatan untuk Pekerja Asing di Korea

 

Asuransi kesehatan merupakan salah satu aspek penting yang dipertimbangkan keberadaannya oleh para tenaga kerja asing. Tiap negara memiliki sistem asuransi kesehatan yang berbeda-beda.

 

Sebagai negara tujuan favorit tenaga kerja asing, Korea Selatan merupakan salah satu negara yang menyediakan asuransi kesehatan bagi pekerja asing. Pada artikel ini, Schoters akan menjelaskan asuransi kesehatan pekerja asing di Korea yang perlu Hunters ketahui sebelum memulai perjalanan karir di negara ini!

 

Adakah Asuransi Kesehatan untuk Pekerja Asing di Korea? 

Korea Selatan adalah negara yang mewajibkan para pekerjanya termasuk pekerja asing untuk mendaftar asuransi kesehatan yang dikelola oleh negara. Asuransi kesehatan untuk pekerja asing bertujuan untuk membantu tanggungan kecelakaan, cedera, sakit, atau kematian saat sedang bekerja. 

 

Walaupun biaya yang dibayarkan rendah, asuransi kesehatan Korea dinilai menjadi salah satu asuransi terbaik di dunia yang menyediakan layanan medis berkualitas tinggi. Hal tentang asuransi kesehatan bagi pekerja asing diatur dalam undang-undang National Health Insurance Act yang mengatur tentang sistem asuransi kesehatan di Korea Selatan dan Undang-undang No.40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional di Indonesia.

 

Mengapa Perlu Asuransi Kesehatan untuk Pekerja Asing di Korea?

Asuransi kesehatan sangat penting bagi Hunters yang ingin mengembangkan karir di Korea. Berikut beberapa alasan mengapa asuransi kesehatan untuk pekerja asing di korea penting.

 

  1. Biaya medis yang tinggi: Korea selatan dikenal memiliki biaya perawatan kesehatan yang mahal. Oleh karena itu, asuransi kesehatan diharapkan dapat membantu meringankan sebagian besar biaya pendidikan.
  2. Kewajiban hukum yang berlaku: Warga negara asli hingga pekerja asing diwajibkan untuk memiliki asuransi kesehatan, baik melalui National Health Insurance (NHI) atau asuransi swasta.
  3. Mengurangi beban finansial tak terduga: Asuransi kesehatan penting bagi perlindungan finansial masa depan dari biaya medis tak terduga, asuransi menjamin layanan menguntungkan dan akses medis yang lebih baik.

 

 

Tertarik melanjutkan karir di Korea Selatan?

Yuk konsultasi dengan Schoters untuk bantu persiapan bekerja di Korea, kamu juga bisa konsultasi mengenai persyaratan dan kebutuhan bagi pekerja asing lainnya loh!

Klik tombol di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

Mengenal Asuransi Kesehatan untuk Pekerja Asing di Korea

 

 

Cara Mendaftar Asuransi Kesehatan untuk Pekerja Asing di Korea

Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan Korea Selatan mengelola secara langsung asuransi kesehatan bagi warga asing yang menetap melalui The National Health Insurance Corporation (NHIC). Untuk mendaftar program asuransi kesehatan di Korea terdapat beberapa persyaratan dan dokumen yang harus dipersiapkan.

 

Persyaratan Umum Pendaftaran:

  1. Orang yang telah terdaftar sebagai orang asing sesuai dengan Undang-Undang Kendali Imigrasi (Pasal 109 (2) dari Undang-Undang Asuransi Kesehatan Nasional)
  2. Sudah menetap di Korea dalam jangka waktu sekurang-kurangnya 6 bulan
  3. Memiliki visa kerja atau izin tinggal yang sah di Korea Selatan
  4. Tidak berlaku bagi orang yang tidak mendaftarkan diri sebagai orang asing (UU Keimigrasian pasal 31) atau orang yang menerima perintah deportasi (UU Keimigrasian pasal 59 ayat 2)

 

Proses Pendaftaran dan Dokumen yang Diperlukan

 

Mengenal Asuransi Kesehatan untuk Pekerja Asing di Korea

 

1. Bagi warga negara asing yang dipekerjakan

Wajib melampirkan salinan Kartu Pendaftaran Warga Asing (dapat berupa kartu laporan tempat tinggal dalam negeri) atau Bukti Laporan Pendaftaran Warga Asing (Bukti laporan tempat tinggal dalam negeri) untuk mengajukan permohonan asuransi.

 

2. Bagi warga asing lokal yang tinggal di Korea

Warga asing yang tidak dipekerjakan dapat melakukan pengajuan asuransi secara mandiri dengan menyerahkan Kartu Pendaftaran Warga Asing atau Bukti Laporan Pendaftaran Warga Asing. Sertakan juga satu salinan dokumen tambahan yang mencantumkan jenis visa yang dimiliki.

 

Persyaratan Jangka Waktu:

  • Pelanggan yang Dipekerjakan: Asuransi berlaku selama pekerja tersebut masih bekerja di perusahaan.
  • Karyawan Tanggungan: Asuransi dapat digunakan selama periode tanggungan yang ditetapkan, dan jika dilaporkan dalam 90 hari setelah kejadian, maka surat tanggungan asuransi akan berlaku surut
  • Pelanggan Lokal: Jangka waktu pendaftaran adalah 3 bulan setelah mereka tiba di Korea. Jika mereka tinggal di luar Korea lebih dari 3 bulan sebelum kembali, jangka waktu dimulai dari tanggal mereka masuk kembali ke Korea.

 

Tagihan & Pembayaran Premi

 

1. Pelanggan yang Dipekerjakan:

Premi bulanan dihitung berdasarkan rumus: Jumlah Remunerasi Bulanan × Tarif Premi dengan pembagian 50% untuk pekerja dan 50% untuk pemberi kerja. Premi biasanya dipotong langsung dari gaji dan diberlakukan sejak pekerja mulai bekerja.

 

2. Pelanggan Lokal:

  • Bagi warga asing dengan visa yang memungkinkan mengidentifikasi pendapatan, premi bulanan dihitung sama dengan pekerja.
  • Terdapat diskon 30% untuk warga asing dengan visa D-6 (Agama).
  • Bagi warga asing yang berpendapatan, jika premi yang dibayarkan kurang dari tarif premi rumah tangga rata-rata pada tahun sebelumnya, maka tarif premi rumah tangga akan disesuaikan.
  • Diskon 50% dari premi berlaku untuk pemegang Visa D4 (Pelatihan Umum) dan D2 (Studi di Luar Negeri).
  • Warga asing dengan visa penduduk tetap akan dikenakan biaya setara dengan penduduk lokal.

 

Manfaat Asuransi untuk Pekerja Asing di Korea

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari asuransi kesehatan untuk pekerja asing di Korea:

 

1. Manfaat bagi Pekerja

Manfaat utama asuransi kesehatan untuk pekerja asing di korea adalah mendapat perlindungan dalam kasus kecelakaan atau penyakit yang membutuhkan perawatan lebih dari 4 hari. Selama masa pemulihan, pekerja akan mendapatkan 70% dari gaji rata-rata. Jika pekerja meninggal dunia, manfaat untuk yang ditinggalkan akan mengacu pada kebijakan lembaga asuransi sosial Korea.

 

Pekerja juga akan mendapatkan akses ke rumah sakit, klinik, dan pusat kesehatan dengan kualitas layanan yang sama seperti warga negara Korea. Pekerja juga mendapatkan cakupan luas di berbagai jenis perawatan seperti pemeriksaan kesehatan umum, rawat inap, konsultasi dokter, operasi, dan perawatan kesehatan mental.

 

2. Manfaat bagi Orang Tua dan Lansia

Peningkatan jumlah lansia menjadi isu sosial penting di Korea. Oleh karena itu, Korea membentuk asuransi perawatan jangka panjang bagi lansia, serta layanan yang mendukung aktivitas fisik, pelatihan pemeliharaan dan pemulihan fungsi fisik serta mental, dan aktivitas kognitif yang dibantu oleh keluarga atau fasilitas perawatan jangka panjang.

 

Selain itu, “Sistem Tanggung Jawab Nasional untuk Demensia” yang diluncurkan sejak 2018 membantu mengurangi biaya perawatan bagi pasien dengan demensia berat. Di samping itu, tersedia juga asuransi kesehatan yang mencakup tes dan pencitraan neurokognitif seperti MRI dan CT untuk membantu diagnosis demensia.

 

Layanan Penyedia Asuransi Kesehatan Pekerja Asing di Korea

 

Pentingkah asuransi kesehatan pekerja asing di Korea? Simak artikel berikut tentang cara mendaftar, persyaratan, hingga daftar layanan asuransi di Korea!

Terdapat beberapa penyedia asuransi kesehatan untuk pekerja asing di Korea salah satunya National Health Insurance Corporation (NHIC), yang menyediakan layanan asuransi kesehatan nasional bagi warga negara Korea dan pekerja asing. 

 

Beberapa perusahaan swasta juga menawarkan paket asuransi untuk pekerja asing, seperti  Private Health Insurance memperluas perlindungan pekerja dan mendapatkan akses yang lebih cepat ke layanan medis. Asuransi swasta ini umumnya mencakup lebih banyak jenis perawatan dan layanan yang tidak ditanggung oleh National Health Insurance (NHI).

 

Tertarik bekerja di Korea? Yuk, persiapkan dirimu dengan bimbingan intensif bahasa dan persiapan wawancara bersama Schoters!

Kamu akan dibantu oleh konsultan expert Schoters agar proses persiapan kerjamu lebih mudah dan terarah.

Butuh bantuan lain untuk memulai karier di luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk persiapan kerja di Luar Negeri, dijamin lengkap dan sesuai kebutuhanmu!