5 Cara Adaptasi Kerja di Jerman Tingkatkan Produktif

 

Taukah kamu, Jerman merupakan negara yang memiliki budaya kerja produktif yang fokus pada efisiensi dan efektivitas kerja. Hal ini menjadi salah satu alasan Jerman berada di peringkat ke-3 negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Meraih PDB senilai US$4,59 triliun, pada 2023 mengantarkan Jerman pada peringkat teratas negara dengan perekonomian terkuat di Eropa.

Budaya kerja Jerman menerapkan work life balance yang memandang bahwa seorang pekerja berhak mendapatkan waktu privasi di luar jam kerja. Ini menunjukkan bahwa perusahaan Jerman sangat menjunjung tinggi kesejahteraan pekerjanya.

Adanya budaya positif ini menyebabkan banyak warga asing yang tertarik untuk melanjutkan karir professional di Jerman. Perlu diperhatikan bahwa selain mempersiapkan dokumen dan sertifikasi yang dibutuhkan, Hunters juga perlu mengetahui hal-hal seputar cara adaptasi kerja di Jerman. 

 

Dunia Kerja di Jerman

 

Tips lengkap kerja di Jerman! Pelajari persyaratan, detail dunia kerja, dan cara adaptasi kerja di Jerman

Dengan segala kelebihan dan keuntungan yang ditawarkan negara Jerman, terdapat banyak budaya kerja di Jerman yang patut ditiru oleh negara lain. Walaupun dengan tingkat produktivitas yang tinggi, perusahaan Jerman tetap mengutamakan kesejahteraan pekerjanya.

Bagi Hunters yang ingin mengembangkan karir di Jerman, berikut ulasan mengenai hal-hal yang dijunjung pada dunia kerja di Jerman diantaranya : 

 

1. Terdapat batasan antara waktu bekerja dan waktu pribadi

Warga Jerman memiliki batasan pasti antara waktu bekerja dengan waktu pribadi. Ini digunakan untuk menciptakan kesejahteraan pekerja dan menghindari stress. Pekerja perlu memperhatikan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan bekerja. Contohnya saat di luar jam kerja menelepon kolega untuk membicarakan pekerjaan dipandang tidak sopan.

 

2. Disiplin waktu dan efisien

Sifat dasar yang banyak dimiliki orang Jerman adalah selalu bekerja tepat waktu dengan mempertahankan efisiensi kerja. Pemikiran yang ditanamkan bahwa pekerjaan harus diselesaikan tanpa melewati batas waktu kerja mencerminkan profesionalisme. Saat berada di jam kerja, orang Jerman menggunakan waktu kerja dengan baik dan efisien, sehingga saat di luar jam kerja mereka memanfaatkan waktu untuk beristirahat. 

 

3. Mengedepankan kualitas dibanding kuantitas dalam bekerja

Budaya kerja di Jerman mengedepankan kualitas kerja dengan hasil pekerjaan yang baik. Jerman memberikan apresiasi bagi pekerja yang memberikan hasil kerja terbaik untuk mendorong motivasi pekerja. Jadi, proses bekerja tiap orang tidak dipermasalahkan, asal kualitas kerja tetap terjaga dengan baik.

 

4. Komunikasi yang to the point

Pekerja Jerman selalu mengatakan sesuatu secara to the point dalam mengutarakan pendapat dan pemikirannya. Ini dilakukan untuk mempersingkat kegiatan komunikasi dan mendukung efisiensi kerja. 

Mereka tidak segan untuk bertanya atau mengutarakan pendapat apabila hasil kerja kurang dari ekspetasi. Bentuk komunikasi seperti ini menghindari kejadian miskomunikasi dan kesalahpahaman dalam lingkungan pekerjaan.

 

5. Bekerja secara tim dan kolaborasi

Pekerjaan di Jerman banyak dilakukan bersama tim dan kolaborasi. Kemampuan teamwork dibutuhkan untuk mendukung hal ini karena pekerja akan diminta untuk bertukar pikiran dalam berbagi ide kreatif dan inovatif untuk mencapai tujuan kerja yang diinginkan.

Pengambilan keputusan yang melibatkan banyak orang akan dilakukan secara kolektif atau musyawarah dengan anggota. Di Jerman tidak terlalu mementingkan jabatan, sehingga pendapat dan saran semua pekerja akan dihargai.

 

Baca Juga: 7 Profesi Paling Dicari di Jerman Tahun 2024, Apa Saja?

 

Cara Adaptasi Kerja di Jerman

 

Tips lengkap kerja di Jerman! Pelajari persyaratan, detail dunia kerja, dan cara adaptasi kerja di Jerman

 

Hunters mungkin dihadapkan pada kesulitan dalam beradaptasi saat memasuki lingkungan baru, terutama dengan budaya yang berbeda dengan negara asal. Di lingkup pekerjaan, kamu mungkin menemukan cara kerja dan kebiasaan yang sulit untuk diterima. Oleh karena itu, berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mempermudah proses adaptasi kerja di Jerman. 

 

1. Pahami Budaya Kerja

Berbeda dengan Indonesia, budaya kerja di Jerman menekankan pada efisiensi, disiplin waktu, dan sifat professionalisme. Hunters harus fokus pada nilai-nilai yang dihargai di lingkungan kerja Jerman, salah satunya dengan menciptakan komunikasi yang langsung dan jelas dalam berinteraksi dengan rekan kerja.

2. Penguasaan Bahasa Jerman

Menguasai bahasa Jerman merupakan suatu kewajiban untuk mempercepat proses adaptasi. Setidaknya kamu sudah mempelajari bahasa Jerman dasar sebelum memulai masa kerja. Dengan hal ini, interaksi akan berjalan dengan efektif dan Hunters akan memiliki pemahaman mendalam terkait nuansa budaya Jerman. 

3. Terus Belajar dan Mengembangkan Diri

Pelatihan atau pembelajaran yang mendukung kelancaran kinerja merupakan salah satu investasi jangka panjang. Melalui hal ini, sifat profesional seorang akan meningkat sehingga mempermudah adaptasi dan meraih kesuksesan karir pekerja.

4. Bangun Relasi dengan Rekan Kerja

Memiliki relasi yang baik dengan rekan kerja bukan hanya sekadar untuk bersosialisasi, tetapi juga dapat meningkatkan produktivitas, menciptakan lingkungan kerja yang positif, dan mempermudah adaptasi di lingkungan baru. Jangan ragu untuk memulai percakapan dengan rekan kerja baru dan tunjukkan minat untuk mengenal mereka dengan berinisiatif memperkenalkan diri terlebih dahulu.

 

Tertarik melanjutkan karir di Jerman dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Yuk konsultasi dengan Schoters untuk bantu persiapan bekerja di Jerman, kamu juga bisa konsultasi mengenai program magang dan bidang yang cocok dengan kamu!

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kerja di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun.👇

5 Cara Adaptasi Kerja di Jerman Tingkatkan Produktif

 

Persyaratan Bekerja di Jerman

 

Tips lengkap kerja di Jerman! Pelajari persyaratan, detail dunia kerja, dan cara adaptasi kerja di Jerman

Sebelum memulai persiapan dalam mencari pekerjaan di Jerman, Hunters perlu memahami syarat-syarat bekerja di jerman, yaitu:

 

1. Visa kerja

Bagi warga negara asing, visa kerja merupakan hal yang wajib dicantumkan apabila ingin bekerja di negeri orang. Tiap negara memiliki kebijakan berbeda-beda dengan beberapa pilihan jenis visa yang disesuaikan dengan tujuan pendatang.

Visa digunakan sebagai bukti yang mengizinkan seseorang untuk bekerja di negara tujuan dan biasanya masa berlaku disesuaikan dengan kontrak kerja dengan perusahaan. Pengurusan visa biasanya membutuhkan waktu lama, pastikan kamu mempersiapkan diri untuk mendaftar visa dari jauh-jauh hari ya Hunters!

 

Baca Juga: 7 Jenis Visa Kerja di Jerman dan Persyaratan Pendaftarannya

 

2. Kemampuan Berbahasa Jerman

Komunikasi merupakan hal krusial untuk menjalankan pekerjaan. Tanpa komunikasi yang baik, akan timbul berbagai masalah yang merugikan  salah satunya miss komunikasi. Perusahaan-perusahaan Jerman akan lebih menghargai jika peserta memiliki kemampuan bahasa Jerman dasar untuk berkomunikasi di lingkungan kerja. Hunters dapat mengikuti tes bahasa jerman untuk mendapatkan sertifikat bahasa Jerman yang akan menambah nilai diri.

3. Memiliki Asuransi Kesehatan

Sebagai investasi kesehatan di masa depan, hal yang perlu kamu persiapkan adalah asuransi kesehatan. Ini bertujuan untuk menghindari biaya perawatan yang tinggi saat pekerja sakit atau mengalami kecelakaan saat bekerja di Jerman.  Pemerintah Jerman mewajibkan semua orang yang tinggal dan bekerja di jerman untuk mendaftar pada asuransi kesehatan. 

4. Kualifikasi dan Pengakuan Ijazah

Hal penting lain yang perlu diperhatikan seorang calon tenaga kerja asing di Jerman adalah harus memiliki kualifikasi pendidikan yang diakui oleh pemerintah Jerman atau biasa disebut Anerkennung. Calon pekerja mungkin diminta untuk mengambil pelatihan tambahan atau ujian jika ijazah atau kualifikasi tidak memenuhi persyaratan pendaftaran. 

 

Tertarik bekerja di Jerman? Yuk, persiapkan dirimu dengan bimbingan dan persiapan dokumen untuk melanjutkan karir di Jerman bersama Schoters!

Butuh bantuan lain untuk memulai karier di luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk persiapan kerja di Eropa, dijamin lengkap dan sesuai kebutuhanmu!

5 Cara Adaptasi Kerja di Jerman Tingkatkan Produktif