5 Tips Memilih Agen Penyalur Tenaga Kerja ke Luar Negeri

Jika Hunters ingin kerja di luar negeri, salah satu hal yang harus kamu lakukan adalah mencari agen penyalur tenaga kerja. Itu bertujuan agar segala macam persiapan yang Hunters lakukan untuk kerja di luar negeri bisa berjalan dengan lancar.

Namun, sebetulnya, apa, sih, yang dimaksud dengan agen penyalur tenaga kerja? Selain itu, apa saja layanan yang mereka sediakan? Berikut Schoters sajikan penjelasannya.

Pengertian Agen Penyalur Tenaga Kerja

Agen penyalur tenaga kerja merupakan sebuah perusahaan atau instansi yang menyediakan layanan untuk membantu orang mendapatkan pekerjaan di luar negeri. Mereka bertugas untuk menjembatani peluang kerja yang ada di negara lain kepada para pelamar.

Agen penyalur tenaga kerja menyediakan berbagai layanan. Beberapa di antaranya, seperti layanan persiapan dokumen (visa, paspor, dan lain-lain), layanan kursus bahasa asing, layanan proses perekrutan, hingga layanan proses keberangkatan dan kepulangan. 

 

Baca Juga: Cari Tahu Cara Kerja di Luar Negeri Lewat Depnaker

 

5 Tips Memilih Agen Penyalur Tenaga Kerja ke Luar Negeri

Jika Hunters ingin kerja di luar negeri, alangkah baiknya kamu mencari agen penyalur tenaga kerja resmi yang sudah terdaftar di Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) Republik Indonesia. 

Itu bertujuan agar Hunters terhindar dari agen bodong yang bisa merugikan para pelamar. Oleh karena itu, pada bagian ini, Schoters sajikan beberapa tips memilih agen penyalur tenaga kerja ke luar negeri yang terpercaya. Simak sampai habis, ya!

1. Cari tahu profil perusahaan dari internet

Tips pertama yang bisa Hunters lakukan saat memilih agen penyalur tenaga kerja adalah mencari tahu profil perusahaan. Ini bertujuan untuk mengetahui informasi mendalam tentang perusahaan agen yang Hunters tuju.

Ada banyak cara bagi Hunters yang mau mencari profil perusahaan agen penyalur tenaga kerja. Salah satunya adalah melalui internet. Melalui internet, kamu bisa mencari tahu berbagai informasi perusahaan, seperti tahun berdiri, lokasi kantor perusahaan, hingga penanggung jawab perusahaan.

2. Cari agen dengan izin yang jelas

Saat memilih perusahaan agen penyalur tenaga kerja, Hunters juga harus memastikan bahwa agen yang kamu tuju memiliki izin yang jelas. Salah satu tanda bahwa agen yang Hunters tuju sudah memiliki izin yang jelas adalah adanya Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

SIUP sendiri merupakan surat yang diterbitkan oleh Kepala Kantor Perindustrian dan Perdagangan Tingkat 2 atas nama menteri. Surat ini bertujuan untuk memberikan izin kepada suatu perusahaan agar bisa menjalankan usahanya di bidang perdagangan, baik dalam bentuk jasa maupun barang. 

3. Cari tahu layanan yang disediakan

Untuk memilih agen penyalur tenaga kerja yang baik, penting juga bagi Hunters untuk mencermati layanan yang mereka sediakan. Ini bertujuan agar agen yang Hunters pilih benar-benar bisa membantumu untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

Untuk mencari tahu layanan yang disediakan, Hunters bisa melakukan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan internet. Melalui internet, kamu bisa dengan mudah untuk mencari tahu apa saja layanan yang disediakan oleh agen penyalur tenaga kerja yang kamu tuju.

Selain menggunakan internet, Hunters juga bisa datang langsung ke agen. Cara ini terbilang lebih efektif. Sebab, Hunters bisa dengan mudah mengetahui apa saja layanan yang disediakan agen yang kamu tuju secara langsung.

4. Ketahui rekam jejak perusahaan

Selain layanan yang disediakan, rekam jejak perusahaan juga penting untuk Hunters ketahui saat kamu memilih agen penyalur tenaga kerja. Ini bertujuan agar kamu mengetahui bagaimana pencapaian agen yang kamu pilih.

Di samping itu, pengetahuan akan rekam jejak perusahaan juga bertujuan untuk memastikan bahwa agen penyalur tenaga kerja yang kamu pilih benar-benar terpercaya.

5. Pilihlah agen resmi

Saat memilih agen penyalur tenaga kerja, jangan lupa juga untuk memilih agen yang bersertifikat resmi. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa agen yang Hunters pilih benar-benar terdaftar di lembaga berwajib dan memiliki izin resmi.

Selain itu, pemilihan agen resmi juga bertujuan agar Hunters terhindar dari penipuan. Sebab, belakangan ini, sedang marak kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) oleh agen yang berkedok sebagai agen penyalur tenaga kerja ke luar negeri.

 

Baca Juga: Info Lengkap Cara Melamar Kerja di Luar Negeri

 

Keuntungan Mendapatkan Agen Penyalur Tenaga Kerja Resmi

Berbagai tips yang telah dipaparkan di atas bertujuan agar Hunters bisa memilih agen penyalur tenaga kerja resmi yang terpercaya. Sebab, dengan memilih agen resmi, Hunters bisa mendapatkan pelayanan terbaik yang benar-benar bisa membantumu untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Luar Negeri

Ingin kerja di luar negeri? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.