5 Alasan Kuliah di Amerika Serikat yang Harus Kamu Tahu

Ada banyak alasan kuliah di Amerika Serikat yang perlu kamu ketahui. Selain menjadi rumah bagi banyak universitas terbaik dunia dengan prospek karier yang baik, kesempatan kuliah di Amerika Serikat tentunya menjadi sebuah privilege yang tidak bisa dilewatkan.

Oleh karena itu, banyak pelajar internasional, termasuk pelajar Indonesia yang bercita-cita untuk melanjutkan pendidikannya di Negeri Paman Sam tersebut. Namun, perlu diketahui bahwa ada banyak alasan lain yang membuat pelajar Indonesia ingin berkuliah di Amerika Serikat. Lantas, apa saja itu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Alasan kuliah di Amerika Serikat

1. Berkumpulnya universitas terbaik di dunia

Berdasarkan QS World University Ranking 2023 terdapat 5 universitas di Amerika Serikat yang masuk urutan 10 besar kampus terbaik di dunia. Beberapa di antaranya adalah MIT (Massachusetts Institute of Technology), Universitas Stanford, Universitas Harvard, California Institute of Technology, dan Universitas Chicago.

Melalui banyak universitas berkualitas yang ada di Amerika Serikat, bisa kita lihat bahwa negara ini menjadi salah satu poros pengetahuan dunia. Oleh karena itu, salah satu alasan kamu untuk kuliah di Amerika Serikat adalah menemukan pengajar, fasilitas, dan metode pendidikan yang terbaik untukmu.

2. Berbagai pilihan studi 

Tidak seperti di Indonesia, pilihan studi ketika kuliah di Amerika Serikat terbilang sangat beragam dan lebih spesifik. Meskipun begitu, sistem kuliah di sana bersifat fleksibel. Bahkan, bagi beberapa universitas, mahasiswa dipersilahkan untuk menentukan isi dan struktur belajar di kelas.

3. Beragam budaya dan manusia

Bukan hanya dikenal sebagai negara dengan berbagai universitas terbaiknya, tetapi Amerika Serikat juga dikenal dengan kemajuan budaya dan perekonomian. Oleh karena itu, jangan kaget kalau kamu bertemu banyak orang dari berbagai ras, bahasa, dan budaya.

4. Kurikulumnya mengutamakan kesiapan kerja

Seperti yang sudah disampaikan di atas, kurikulum di universitas Amerika Serikat memang mempersiapkan mahasiswanya untuk bisa survive di dunia kerja. Oleh karena itu, kamu akan banyak mendapatkan practical skill dan mindset yang bisa kamu gunakan di tempat kerja.

5. Fasilitas yang memudahkan mahasiswa internasional

Amerika Serikat sangat terbuka dengan berbagai budaya dan manusia. Bahkan, saat ini, banyak universitas yang mempersiapkan fasilitas kesehatan mental bagi para mahasiswa internasional yang kesulitan beradaptasi di lingkungan baru.

 

Sistem kuliah di Amerika Serikat

Dalam sistem kuliah di Amerika Serikat, ada dua program yang bisa diambil, yaitu undergraduate dan graduate. Pada jenjang undergraduates atau S1, ada dua pilihan yang paling umum, yaitu 2 tahun belajar untuk gelar Diploma atau 4 tahun belajar untuk gelar Sarjana Strata 1. Biasanya untuk studi 2 tahun di Diploma ditawarkan oleh Community College atau studi Vokasi, sedangkan studi Diploma dan Sarjana 1 bisa juga ditawarkan oleh universitas.

Sementara itu, untuk studi Graduate atau Pascasarjana ada untuk jenjang S2 dan doktoral. Biasanya, mahasiswa internasional datang kuliah di Amerika Serikat untuk melanjutkan jenjang master mereka. Pada jenjang S2 sendiri, biasanya dihabiskan selama 2 tahun.

Sedangkan lama pendidikan di jenjang doktoral sendiri bergantung pada 2 hal, yaitu apakah kamu harus menyelesaikan jenjang S2 tertentu dan berapa lama kamu dapat menyelesaikan disertasi. 

 

Baca Juga: Intip Beasiswa Fullbright Untuk S2 di Amerika Serikat!

 

Tertarik kuliah di Amerika Serikat dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun 👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Perkiraan biaya kuliah di Amerika Serikat

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan diri kuliah di Amerika Serikat, ada baiknya kamu merancang financial planning sejak sekarang. Sebab, kuliah di sana akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak daripada kamu kuliah di Indonesia. Terlebih ketika kamu memilih untuk membiayai sendiri kuliahmu. Berikut beberapa perkiraan biaya kuliah di Amerika Serikat.

Jenjang Studi

Biaya (USD) / Tahun

Biaya (IDR) / Tahun

Universitas Negeri – S1 25.000 383 juta
Universitas Swasta – S1 35.000 540 juta
Community College – Vokasi 3.000 46 juta
Universitas Negeri – S2 30.000 460 juta
Universitas Swasta – S2 40.000 620 juta
Doktoral – S3 40.000 620 juta

 

Adapun untuk perkiraan biaya hidup untuk kuliah di Amerika Serikat antara lain:

Pengeluaran

Biaya (USD) / Bulan

Biaya (IDR) / Bulan

Akomodasi 200 – 400 3 – 6 juta
Makan 250 – 600 4 – 9 juta
Paket Internet 50 800 ribu
Transportasi 45 -100 700 ribu – 1 juta

Fun Fact kuliah di Amerika Serikat

Selain dikenal dengan kemajuan teknologi dan pendidikannya, kamu juga harus tahu beberapa fakta menarik kuliah di Amerika Serikat. Berikut Schoters rangkumkan untukmu!

1. Sedia payung sebelum hujan

Amerika Serikat terdiri dari berbagai negara bagian yang memiliki perbedaan suhu dan cuaca di masing-masing bagiannya. Jadi pastikan kamu sudah mendapatkan informasi umum mengenai cuaca di daerah tujuanmu, ya. Agar kamu bisa mempersiapkan baju yang sesuai ketika di sana.

2. Menjadi sangat mandiri

Seperti yang kamu tahu, masyarakat di Amerika sangat mandiri dan selalu mengedepankan kemandirian dan efisiensi diri. Jadi persiapkan dirimu untuk menjadi sangat mandiri di sana, ya.

3. Work hard, play hard

Meski terdengar sangat mandiri dan individualis, orang-orang di Amerika Serikat tidak lupa dengan play hard loh. Banyak sekali hiburan yang bisa kamu temukan di sana. Karena mayoritas orang-orang bekerja dengan keras di siang hari, banyak hiburan yang bisa kamu temukan di malam hari ataupun weekend. Bagi kamu yang suka berpetualang di alam, Amerika Serikat juga punya banyak destinasi wisata alam.

Bagaimana, seru kan kuliah di Amerika Serikat. Yuk, persiapkan dirimu sebaik mungkin dengan promosi bimbingan kuliah di Amerika Serikat bersama Schoters di bawah ini!

 

Baca Juga: Penting! 10 Universitas Terbaik di Amerika Serikat

 

Matangkan persiapan beasiswa luar negeri bersama Schoters!

Masih ragu apakah persiapan kamu sudah cukup ampuh untuk lolos seleksi beasiswa? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan expert Schoters!

Butuh bimbingan dari ahlinya untuk menyiapkan pendaftaran kuliah di luar negeri. Daftar Study Abroad Academy supaya kamu dibantu dari A sampai Z oleh mentor-mentor terbaik Schoters!

alasan kuliah di Amerika Serikat