7 Alasan Kuliah Luar Negeri bagi Pengembangan Diri dan Karier

Tips & Trik, 30 Nov 2022

Setiap orang memiliki alasan kuliah luar negeri untuk diri mereka masing-masing. Tapi apakah kamu pernah bertanya kenapa banyak orang yang bermimpi untuk melanjutkan studi ke luar negeri?

Bagi kamu yang memiliki yang sama tapi masih ragu dengan langkah yang akan kamu ambil ke depannya. Berikut Schoters rangkumkan 7 alasan kuliah luar negeri baik untukmu!

1. Memperluas Jejaring Internasional

Networking atau jejaring, mungkin adalah hal yang paling mahal ketika kita memutuskan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Karena ketika lebih mengerucut bidang studi atau keahlian seseorang, jejaringnya akan semakin sempit juga. 

Jika kamu saat ini ingin berkarir di tempat yang lebih spesifik dan membutuhkan jejaring yang lebih banyak, hal ini bisa menjadi alasan kuliah luar negeri yang pertama. Karena kamu akan banyak bertemu dengan banyak ahli dari seluruh penjuru dunia juga. 

2. Menambah Kualitas Diri

Alasan kuliah luar negeri selanjutnya adalah untuk menantang kamu agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Karena sebenarnya, kuliah di negara lain bukan hanya sekedar belajar dan jalan-jalan, melainkan bagaimana dirimu menerima budaya yang berbeda, beradaptasi dengan keadaan dan bahkan bertahan menjadi kelompok minoritas di negara tersebut. 

Namun tentunya dengan tantang di atas, kamu akan pulang dengan versi yang berbeda dari dirimu yang dulu. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba tantangan di atas?

3. Mengembangkan Kualitas Intelektual

Ketika kamu belajar di negara lain dengan kualitas pendidikan yang lebih baik dan membiasakan diri dengan cara berpikir yang ada di sana, tanpa kamu sadari pengetahuan dan skill mu akan berkembang dari sebelumnya.

Terlebih dengan tugas-tugas sekolah dengan beban yang berbeda dari yang didapatkan di Indonesia dan hal lain yang akan kamu hadapi di luar kelas. 

     Baca juga: Beasiswa S-2 Luar Negeri Fully Funded, Coba Daftar Yuk!

4. Mendapatkan Pengalaman Belajar dan Praktik dengan Fasilitas Terbaik

Hampir sama dengan penjelasan di atas, alasan kuliah luar negeri yang menjadi motivasi banyak orang untuk melakukan hal yang sama adalah untuk mendapatkan pengalaman belajar dengan praktikum dan fasilitas terbaik di bidangnya.

Dengan bidang studi yang lebih beragam dari Indonesia, bisa menjadi alasan kuliah luar negeri untuk mempelajari yang belum ada di Indonesia. 

5. Menguasai Bahasa Asing

Di era yang penuh dengan globalisasi, merupakan sebuah keuntungan bagi kamu ketika bisa menguasai bahasa asing. Dan tidak ada latihan belajar bahasa asing yang lebih baik dari belajar langsung dari negara asalnya!

6. Memulai Karier di Luar Negeri

Beberapa alasan kuliah luar negeri yang biasa ditemui dari beberapa orang adalah untuk memulai karier di luar negeri. Hal ini bukan tanpa alasan, prospek karier, gaji dan kehidupan yang lebih baik menjadi alasan bagi beberapa orang. Terlebih bagi mereka yang sanggup membayar biaya kuliah sendiri.

Tapi bagi kamu yang belum bisa, ada beberapa program beasiswa sekaligus bekerja yang ada di beberapa kampus atau perusahaan. Beberapa pekerjaan untuk beasiswa ini seperti menjadi peneliti di lembaga tertentu atau menjadi guru bahasa asing di Indonesia.

7. Meningkatkan Jenjang Karier

Alasan kuliah luar negeri lain yang biasanya diambil adalah untuk meningkatkan jenjang karier. Beberapa pekerjaan dan posisi memang membutuhkan studi lebih tinggi untuk naik jabatan. 

Dengan skema kerja seperti ini, mereka bisa lebih tenang meninggalkan posisi yang sekarang karena sudah ada pekerjaan atau karier setelah menyelesaikan masa studi.

Setelah mengetahui 7 alasan kuliah luar negeri di atas, apakah salah satunya menjadi tujuanmu? Jika iya, kenali dirimu lebih jauh dengan program Schoters di bawah ini!

            Baca Juga: Tips Lolos Seleksi Beasiswa

Persiapkan Kuliah di Luar Negeri dengan Schoters

Mau agar persiapan daftar kuliah di luar negeri menjadi lebih terarah? Mau kuliah gratis di luar negeri dengan beasiswa? -> Yuk siapin bareng mentor Schoters!

Bingung bagaimana cara mendapatkan dokumen persyaratan seperti CV, motivation letter, dan essay? -> Dapatkan semua kebutuhan pendaftaran kamu di sini.

alasan kuliah luar negeri