Apa itu Cumlaude dan Apa saja Manfaatnya untuk Karir?

Berapa banyak debat di internet Hunters pernah lihat tentang gelar Cumlaude tentang kegunaannya dalam karir? Atau bahkan tentang gelar Cumlaude sebagai penentu seseorang pintar atau akan sukses di masa depan? Daripada ikut bingung, yuk kenali apa sih Cumlaude itu dan urgensi dari gelar ini dalam artikel Schoters di bawah ini!

 

Apa itu Cumlaude?

Kata Cumlaude sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti “dengan pujian” atau “dengan hormat” untuk menunjukkan representasi dari pencapaian dalam bidang akademik. Pihak universitas biasanya menggunakan gelar Cumlaude untuk para mahasiswanya yang memiliki prestasi akademik yang baik. 

Tentunya setiap lembaga atau universitas memiliki kriterianya sendiri dalam memilih siapa saja yang berhak mendapatkan gelar Cumlaude. Mulai dari penilaian IP akhir, tugas, kegiatan di luar perkuliahan, dan lain sebagainya. Tapi untuk beberapa universitas “Ivy League”, mendapatkan IP yang baik saja tidak cukup untuk mendapatkan gelar Cumalude.

Sebenarnya ada gelar Cumalude ini memiliki 2 jenis yang bisa kamu dapatkan. Bagi kamu ingin berkuliah di universitas luar negeri. Cek info selengkapnya di bawah ini. 

 

Baca Juga : Inilah 10 Universitas dengan Jurusan Manajemen Terbaik di Dunia

 

Apa saja jenis Cumlaude?

Di bawah gelar Cumlaude ada gelar lain yaitu Magna Cumlaude dan Summa Cumlaude. Dalam sistem pendidikan tinggi di Amerika Serikat, Magna Cumlaude berarti “dengan pujian” atau “dengan hormat” yang menggambarkan prestasi akademik yang baik. 

Sedangkan Summa Cumlaude berarti “dengan pujian terbaik” atau “dengan hormat terbaik” yang biasanya diberikan untuk beberapa mahasiswa paling terbaik yang mewakili kelasnya. 

Namun tetap, seperti yang disampaikan di atas, kriteria untuk mendapatkan jenis Cumlaude tergantung dengan sistem penilaian di lembaga masing-masing. Namun meski mendapatkan gelar yang baik, apakah Cumlaude akan benar-benar memengaruhi karirmu?

 

Baca Juga : Ini Dia Kampus dan Beasiswa yang Menyediakan Double Degree

 

Apakah Cumlaude penting?

Jawabnya bisa iya dan bisa tidak. Bagi seorang fresh graduate, memiliki gelar Cumlaude yang baik tentunya bisa memberikan pembeda dari kandidat lainnya. Terlebih bagi kamu yang ingin melanjutkan karir di dunia  finance, perusahaan konsultan manajemen dan teknik. Selain itu dengan gelar Cumlaude yang baik, akan memperluas kesempatan untuk mengikuti program beasiswa untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi 

Jawaban lainnya adalah tidak. Memang benar gelar Cumlaude dapat memperluas kesempatan mu, namun hal ini bisa berhenti di tahap screening saja. Pada saat mencari pekerjaan atau beasiswa, perusahaan atau interviewer, juga ingin tahu tentang soft skills dan hard skills yang kamu miliki. Mereka ingin melihat apakah kamu memiliki semangat dan passion dalam bidang yang akan kamu masuki nantinya.

Jadi pastikan kamu bisa mengimbangi kemampuan akademik dan bakat minat yang kamu miliki ya. 

Bagaimana menulis prestasi Cumlaude di Resume?

Dalam menulis riwayat hidup untuk bekerja dan mencari beasiswa ada perbedaan dalam penulisan prestasi Cumlaude. Dalam konteks mencari pekerjaan kamu bisa menuliskan gelar Cumalude jika memang IP yang kamu miliki sudah bagus. Sedangkan jika masih kurang, ada baiknya kamu cukup untuk menuliskan nama universitas, jurusan dan tahun lulus saja.

Bedang jika konteksnya adalah mencari beasiswa. Biasanya beasiswa memiliki persyaratan minimal IP untuk kandidat yang mendaftar. Nah tentunya jika kamu mendaftar kamu sudah memiliki gelar Cumlaude itu sendiri. Untuk mempercantik resume beasiswa, kamu bisa menambahkan projek dan penelitian skripsimu ya. Karena banyak interviewer ingin melihat seberapa jauh kamu serius dengan bidang studi dan beasiswa yang akan kamu ambil nantinya.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas Luar Negeri 

Ingin lolos universitas luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner K2 - Mau StudyAbroad 800x400 px (1)