Cara Kerja IT di Jerman Lewat Program Ausbildung IT

Ausbildung merupakan program pendidikan dan pelatihan vokasional di Jerman yang berdurasi 2,5 sampai 3 tahun. Ada berbagai jenis program Ausbildung yang bisa kamu ikuti. Salah satunya adalah Ausbildung IT.

Ausbildung IT sendiri merupakan program pendidikan dan pelatihan vokasional non-akademik bagi orang yang ingin bekerja di bidang IT. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, program ini akan berjalan selama 2,5 sampai 3 tahun.

Jika Hunters ingin bekerja di bidang IT, maka program Ausbildung IT ini cocok untuk kamu ikuti. Lantas, apa saja, sih, bidang IT yang dipelajari dalam program ini? Berikut penjelasannya.

Bidang yang Dipelajari saat Menjalani Program Ausbildung IT

Jika Hunters mengikuti program Ausbildung IT, tentunya, ada beberapa bidang IT yang akan kamu pelajari selama program berlangsung. Untuk rinciannya, antara lain, sebagai berikut:

1. Bidang Informatika Bisnis

Pada program Ausbildung IT ini, Hunters akan mempelajari ilmu informatika dan komputer untuk keperluan bisnis. Hunters akan didorong agar bisa menguasai program komputer yang berfungsi untuk menerjemahkan data yang berguna untuk kelangsungan sebuah bisnis.

2. Bidang Ilmu Komputer Terapan

Pada program ini, Hunters akan mempelajari ilmu informatika dan komputer secara praktik yang bisa berguna untuk diterapkan di berbagai bidang. 

 

Baca Juga: Program Ausbildung Teknik

 

3. Bidang Ilmu Komputer Teknis

Pada program ini, Hunters akan mempelajari ilmu komputer secara keseluruhan, baik yang berkaitan dengan perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software).

4. Bidang Kelistrikan

Pada program ini, Hunters akan belajar bagaimana caranya merancang sistem kelistrikan yang baik. Selain itu, Hunters juga akan mempelajari sedikit ilmu elektronika.

5. Bidang Pengembangan Aplikasi

Pada program ini, Hunters akan belajar bagaimana caranya merancang sebuah aplikasi yang bisa mempermudah pekerjaan sehari-hari. Selain itu, Hunters juga akan mempelajari sedikit ilmu pemrograman. Sebab, perancangan aplikasi juga membutuhkan program agar aplikasi yang dibuat bisa bekerja dengan optimal.

6. Bidang Keamanan Siber

Pada program Ausbildung IT ini, Hunters akan mempelajari keamanan siber dengan menjalankan berbagai program komputer. Program ini mendorong Hunters untuk menjadi seorang Cyber Security Analyst yang berperan untuk menjaga keamanan data ataupun situs perusahaan dari serangan peretas (hacker)

7. Bidang Desain Grafis

Pada program ini, Hunters akan belajar ilmu desain grafis yang bisa diterapkan di berbagai bidang, seperti bidang digital marketing, media, dan lain sebagainya.

8. Bidang Pemasaran Digital

Pada program ini, Hunters akan belajar ilmu IT yang berkaitan dengan pemasaran digital (digital marketing). Beberapa di antaranya, seperti social media, ads, dan lain sebagainya.

 

Baca Juga: Program Ausbildung Restoran

 

9. Bidang Pengembangan Game

Pada program ini, Hunters akan mempelajari bagaimana cara membuat gim. Selain itu, Hunters juga akan mempelajari ilmu pemrograman karena pembuatan game juga membutuhkan program agar game yang dibuat bisa berjalan dengan baik.

10. Bidang Robotik

Pada program ini, Hunters akan belajar bagaimana caranya merancang sebuah robot yang bisa mempermudah pekerjaan sehari-hari. Selain itu, Hunters juga akan mempelajari sedikit ilmu pemrograman. Sebab, perancangan robot juga membutuhkan program agar robot bisa bekerja dengan baik.

Syarat Mengikuti Ausbildung IT

Jika Hunters ingin mengikuti program Ausbildung IT, ada beberapa persyaratan yang tentu harus dipersiapkan. Adapun rinciannya, antara lain, sebagai berikut:

  1. Sertifikat kompetensi bahasa Jerman B1 atau B2 dari Goethe Institute.
  2. Motivation letter yang ditulis dengan bahasa Jerman.
  3. CV yang ditulis dengan bahasa Jerman.
  4. Surat lamaran yang ditulis dalam bahasa Jerman.
  5. Ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman oleh penerjemah tersumpah.

 

Jumlah Uang Saku Program Ausbildung IT

Jika Hunters mengikuti program Ausbildung IT, kamu akan mendapatkan uang saku hingga Rp19 juta. Namun, jumlah uang saku tersebut tidak hanya berlaku bagi program Ausbildung IT saja, tetapi juga berlaku bagi semua program Ausbildung.

Keuntungan Mengikuti Program Ausbildung IT

Jika Hunters mengikuti program Ausbildung IT, ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan. Salah satunya adalah pelatihan secara intensif dan eksklusif dengan mentor-mentor berpengalaman. Dengan begitu, mimpimu untuk bekerja di bidang IT di Jerman bisa terwujud. 

Rekomendasi Bimbingan untuk Persiapan Kerja di Jerman

Ingin kerja di Jerman? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.