Ausbildung Kesehatan: Peluang Karir di Bidang Medis dan Keperawatan

Ausbildung kesehatan adalah program pendidikan dan pelatihan profesi di Jerman yang memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk bekerja di bidang kesehatan. Program ini menggabungkan teori dan praktik, sehingga peserta mendapatkan pengalaman langsung di lingkungan kerja.

Jenis-Jenis Ausbildung Kesehatan

Jika kamu tertarik dengan program tersebut, berikut beberapa jenis Ausbildung Kesehatan yang kamu bisa daftar untuk bekerja di Jerman:

a. Ausbildung asisten dokter (Arzthelfer/in)

Ausbildung kesehatan yang pertama adalah Ausbildung di bidang asisten dokter. Tugas dari asisten dokter yakni membantu dokter dalam tugas administrasi dan klinis, seperti mengambil darah, menyiapkan obat, dan mendampingi pasien.

b. Ausbildung perawat (Gesundheits- und Krankenpfleger/in):

Kedua ada Ausbildung di bidang perawat. Tugasnya yakni memberikan perawatan langsung kepada pasien di rumah sakit, klinik, dan panti jompo, termasuk membantu dengan mandi, makan, dan pemberian obat.

c. Ausbildung bidan (Hebamme)

Ausbildung di bidang bidan kebanyakan memiliki tugas untuk membantu wanita hamil dan melahirkan, serta memberikan perawatan  pasca melahirkan kepada ibu dan bayi.

d. Ausbildung ahli fisioterapi (Physiotherapeut/in):

Ausbildung di bidang ahli fisioterapi bertugas untuk membantu pasien dengan rehabilitasi fisik setelah cedera atau operasi, menggunakan teknik seperti pijat, latihan, dan terapi elektro.

e. Ausbildung asisten dokter gigi (Zahnmedizinische Fachangestellte/r)

Jenis Ausbildung bidang kesehatan yang terakhir adalah ausbildung di bidang asisten dokter gigi. Sebagai asisten dokter gigi, tugasnya adalah membantu dokter gigi dalam tugas administrasi dan klinis, seperti menyiapkan alat, mengambil rontgen, dan membantu pasien dengan prosedur gigi.

Durasi Ausbildung Kesehatan

Durasi dari program ausbildung umumnya 3 tahun, meskipun beberapa program mungkin lebih lama atau lebih pendek. Selama program Ausbildung berlangsung, peserta akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk belajar di sekolah kejuruan dan bekerja di bawah bimbingan profesional di rumah sakit, klinik, atau tempat praktik lainnya.

 

Baca Juga: Wajib Tau! Berikut Keuntungan Mengikuti Program Ausbildung 

 

Syarat Ausbildung Kesehatan

Jika Jobbers ingin menjadi tenaga medis dan kesehatan di Jerman, kamu bisa mendaftarkan diri dan mengikuti program seperti ausbildung medis dan ausbildung perawat. Ausbildung medis sendiri merupakan program pendidikan dan pelatihan vokasional non-akademik bagi orang yang ingin bekerja di bidang kesehatan.

Program ini berjalan selama 2,5 sampai 3 tahun. Setelah dinyatakan lulus, Jobbers bisa melamar pekerjaan di rumah sakit yang ada di Jerman atau di rumah sakit yang ada di Indonesia. Untuk mengikuti Program Ausbildung medis, ada beberapa persyaratan yang harus Jobbers siapkan. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

  1. Sertifikat kompetensi bahasa Jerman B1 atau B2 dari Goethe Institute;
  2. Motivation letter yang ditulis dengan bahasa Jerman;
  3. CV yang ditulis dengan bahasa Jerman;
  4. Surat lamaran yang ditulis dalam bahasa Jerman;
  5. Ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman oleh penerjemah tersumpah.

 

Keuntungan Ausbildung Kesehatan

  1. Peluang kerja yang menjanjikan baik di Jerman maupun di negara-negara Eropa lainnya;
  2. Gaji yang kompetitif berkisar mulai dari 19 juta hingga 59 juta perbulan bergantung pada jenis profesi dan tingkat pendidikan. Semakin tinggi tingkat pendidikan, maka semakin besar pula gaji yang diterima;
  3. Peluang karir yang bagus untuk pengembangan karir setelah menyelesaikan Ausbildung Kesehatan, seperti spesialisasi di bidang tertentu atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi;
  4. Ausbildung bidang kesehatan di Jerman memberikan kesempatan untuk belajar dan bekerja di lingkungan internasional.

 

Baca Juga: Panduan Lengkap Mendaftar Ausbildung Perawat di Jerman

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Jerman Bersama Schoters!

Ingin kerja di Jerman? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di Jerman semakin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Kerja di luar negeri Jerman atau Ausbildung di bidang kesehatan, medis, dan keperawatan