5 Tips Cepat Belajar Bahasa Turki untuk Kuliah

Tips Belajar, 14 Sep 2022

Turki menjadi salah satu negara yang memiliki pendidikan maju. Pemerintah Turki bahkan memfasilitasi beasiswa penuh bagi mereka yang bisa lolos ujian tertentu untuk menempuh studi di sana. Namun, kalau kamu mendapat kesempatan untuk kuliah di sana, pastikan untuk belajar bahas Turki dulu mengingat sebagian besar materi perkuliahan disampaikan dalam bahasa Turki. 

Dengan belajar bahasa Turki, kamu yang sedang berkuliah di sana akan lebih mudah memahami segala mata kuliah yang diajarkan. Lagipula, hal tersebut juga menjadi syarat utama bagi mahasiswa asing yang berkuliah di Turki. Berikut tips belajar bahasa Turki agar cepat mahir untuk kuliah sehari-hari.

1. Kenalan Dulu dengan Alfabet Turki dan Pengucapannya

Meski menggunakan huruf abjad biasa, bahasa Turki nyatanya menggunakan alfabet Arab. Huruf bahasa Turki terdiri dari 21 konsonan dan 8 vokal. Hampir mirip dengan huruf abjad pada bahasa Indonesia, tetapi pada bahasa Turki ada tiga huruf yang dihilangkan, yaitu q, x, dan w. Sementara itu, ada penambahan huruf ç, ğ, ı, ö, ü, dan ş. Pelafalannya pun cukup mudah karena diucapkan sesuai dengan tulisannya. Namun, tetap ada ucapan huruf yang sedikit berbeda dari Bahasa Indonesia.

2. Pelajari Struktur Bahasa Turki

Dalam struktur bahasa Turki dan Altaic ini memiliki ciri khas tersendiri. Bahasa ini menggunakan struktur S-K-O-P, tentu hal ini sangat berbeda dari bahasa Indonesia yang menggunakan struktur S-P-O-K. Orang-orang di Turki sangat jarang menggunakan subjek saat mengucapkan kalimat dalam membahas sesuatu.

3. Hafalkan Kosa Kata yang Umum Dipakai

Salah satu tips cepat belajar bahasa Turki adalah menghafalkan kosa katanya. Usahakan hafalkan kosa kata umum terlebih dahulu untuk keperluan sehari-hari. Rata-rata, percakapan sederhana memerlukan 1000-an kosa kata. Jadi, akan lebih baik untuk bisa menghafalkan kosa kata yang sering digunakan agar nantinya lebih mudah saat merangkai dan memakai kata tersebut dalam percakapan.

Baca Juga: 4 Beasiswa Turki Gratis untuk Pelajar

bahasa Turki

4. Hindari Mencampur Bahasa Turki dengan Bahasa Lain

Bahasa Turki merupakan satu dari berbagai bahasa negara lainnya yang terbilang cukup rumit. Layaknya bahasa Jepang dan Korea, mencampur bahasa Turki malah akan membuat bingung dan memperlambat proses belajar. Prioritaskan bahasa tersebut untuk digunakan sehari-hari agar bisa lebih cepat mahir. Perlu diingat pula bahwa logika bahasa negara ini cukup berbeda dari yang lain.

5. Belajar Lewat Aplikasi Khusus

Di era sekarang, dunia sudah terhubung secara online dan semua akses bisa dirasakan dalam satu genggaman ponsel. Kamu pun bisa belajar bahasa Turki secara cepat lewat aplikasi-aplikasi khusus yang menawarkan fitur-fitur pembelajaran bahasa. Aplikasi dari ponsel tentu akan lebih mudah diakses dan dibuka kapan saja. Carilah aplikasi belajar bahasa yang memiliki fitur ujian atau tes untuk menguji kemampuanmu selama belajar.

Itu dia tips belajar bahasa Turki yang cepat untuk keperluan kuliah. Pastikan untuk selalu melatih diri agar bisa menyempurnakan bahasa yang dipelajari. Tingkatkan terus motivasi untuk belajar bahasa Turki agar saat kuliah nanti, materi lebih mudah dipahami sehingga proses pembelajaran menjadi maksimal. 

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam tentang Turkiye Burslari Scholarship 2022

Yuk, Gabung Kursus Bahasa Turki!

Ingin lebih mahir lagi dalam berbahasa Turki? Bergabung dengan kursus dari lembaga yang tepercaya seperti Schoters. ---> Konsultasi bersama para pembimbing yang ahli di bidangnya.

 Kelas di Schoters juga cocok bagi kamu yang sedang mempersiapkan untuk apply Turkiye Burslarl Scholarship. Lihat informasi selengkapnya disini!

bahasa Turki