Jangan Kelewatan! Barang yang Wajib Dibawa Saat Kuliah ke Turki

Fakta Menarik, 02 Des 2022

Turki menjadi salah satu destinasi melanjutkan kuliah yang paling diminati oleh mahasiswa Indonesia. Hal ini karena biaya kuliah yang tidak jauh berbeda dari universitas-universitas Indonesia dan juga berbagai beasiswa yang diberikan oleh pemerintah maupun universitas-universitas di Turki. Karena itu, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas barang wajib kuliah di Turki. 

Barang-barang ini tidak hanya berkaitan dengan kampus, tapi juga hidup di Turki. Kita tahu bahwa Turki terletak di dua benua—Eropa dan Asia. Turki juga berada di bumi belahan utara. Hal ini membuat Turki memiliki empat musim yang berbeda. Turki memiliki empat musim, yakni musim dingin, semi, panas, dan dingin.

Temperatur pada musim semi dan panas berkisar antara 20 derajat celcius hingga 30 derajat celcius. Sedangkan pada musim gugur dan musim dingin berkisar antara 10 derajat celcius hingga 20 derajat celcius. 

Selain musim, perbedaan budaya juga wajib kita pahami. Perbedaan budaya memiliki implikasi pada jenis dan pola makan yang berbeda. Di Turki, makanan pokoknya adalah gandum dan daging. Rempah-rempah di Turki tidak sekaya rempah-rempah di Indonesia. Jadi, kalian harus mempersiapkan makanan atau bumbu apa saja yang kalian harus bawa ke Turki. Terlebih, jika kalian adalah picky eaters alias pemilih makanan. Bawalah jumlah makanan yang cukup hingga kalian bisa beradaptasi dengan makanan yang ada di Turki. 

Nah berdasarkan dua alasan tadi, apa saja barang bawaan yang wajib dibawa saat berangkat kuliah di Turki?

Pakaian

Urutan pakaian di bawah ini adalah yang sebaiknya kalian kenakan dari dalam hingga luar. Di antaranya adalah:

1. Pakaian Dalam

Pilihlah pakaian dalam yang dapat menyerap keringat dan lembut. Jika suhu tubuh kalian terlalu hangat atau kalian banyak beraktifitas, tubuh kalian akan berkeringat. Keringat yang tidak terserap baik pada bagian lipatan tubuh seperti ketiak dan selangkangan akan mengakibatkan iritasi bahkan luka.

2. Long john dan pakaian lapis dalam

Baju jenis ini biasanya dipakai pada lapisan kedua setelah pakaian dalam. Pakaian ini berfungsi sebagai perangkap panas tubuh agar tidak mudah keluar. Hasilnya adalah tubuh kalian akan tetap hangat meskipun cuaca di luar sangat dingin. 

Jika kalian mengenakan pakaian berbahan katun, ketika kalian berkeringat, kain katun akan menyerap keringat kalian dan menciptakan lapisan air antara kulit dan kain sehingga kalian akan merasa kedinginan.

3. Kemeja lengan panjang, celana panjang, atau rok panjang

Sangat penting bagi kalian untuk menutupi bukaan tubuh seperti bagian kepala, leher, telapak tangan, pinggang, dan telapak kaki. Untuk itu, pakailah pakaian dengan lengan panjang, celana panjang, atau rok hingga mata kaki. 

Selain untuk musim dingin, pakaian jenis ini juga bisa dipakai untuk musim-musim lainnya. Pastikan bahannya cocok untuk dua musim atau lebih ya!

4. Jaket atau coat

Jaket yang tebal belum tentu bisa menjaga suhu tubuhmu tetap hangat loh! Pastikan bahan jaket yang kamu bawa khusus didesain untuk digunakan pada musim dingin ya. 

Biasanya jaket ini dibuat dari bahan khusus seperti nilon sintetis yang memiliki lapisan thermal yang berfungsi menjaga suhu tubuh tidak keluar. Selain bahan tadi, kalian juga bisa membeli jaket berbahan kulit atau wol. Meski terbilang mahal, namun kedua bahan ini dapat menjaga tubuh kita tetap hangat. 

Usahakan juga membeli jaket yang tahan air. Hal ini bertujuan agar salju yang menempel pada jaket ketika mencair tidak akan meresap pada baju lapisan dalam. 

5. Sepatu anti air

Ketika kalian berjalan di atas salju, sangat mungkin salju akan meleleh dan membuat sepatu kalian basah. Jika sepatu kalian basah, kaki kalian akan sangat mungkin merasakan dingin. Untuk itu, belilah sepatu yang berbahan anti air dan anti selip agar kalian tidak mudah terpeleset saat berjalan diatas salju atau jalan yang basah. 

6. Aksesoris lain

Pastikan pula kalian membawa aksesoris tambahan seperti sarung tangan, kaos kaki panjang dan tebal, topi atau kupluk, syal, maupun penutup kuping (earmuff) untuk musim dingin. Aksesoris tadi berfungsi untuk menutup bagian-bagian tubuh yang terbuka. 

Kalian tidak perlu membeli atau membawa banyak jenis pakaian di atas. Bawalah secukupnya untuk proses adaptasi di tahun pertama di Turki. Jika kalian butuh lebih dari yang kalian bawa, kalian bisa membelinya di Turki dengan harga yang tak jauh berbeda. 

         Baca Juga: Skema Daftar Beasiswa atau Universitas Luar Negeri

Bahan Makanan

Untuk beradaptasi dan mengatasi rasa kangen kalian terhadap makanan Indonesia, ada baiknya kalian membawa beberapa bahan makanan di bawah ini:

1. Bumbu-bumbu instan

Bawalah dengan jumlah cukup bumbu instan seperti bumbu nasi goreng, rendang, sayur asem, lodeh, dan jenis makanan lain yang kalian sukai. Bumbu instan ini menjadi penolong ketika kalian sibuk kuliah dan tidak punya waktu untuk berburu bahan masakan dan memasak dalam waktu yang lama.

2. Kecap manis

Di Turki sangat susah mencari kecap manis. Bagi kalian yang tidak bisa makan tanpa kecap, bawalah kecap manis dalam jumlah cukup. Pilih yang kemasan atau isi ulang yang berbahan plastik agar tidak tumpah di dalam koper. 

3. Sambal

Orang Turki tidak suka makanan pedas. Oleh karena itu, bawalah berbagai macam sambal agar nafsu makan kalian terjaga. 

4. Mie Instan

Meski telah mendunia, Indomie ternyata cukup sulit ditemukan di toko-toko di Turki. Untuk itu, ada baiknya kalian membawa Indomie yang sangat berguna ketika kalian sibuk mengerjakan tugas namun tiba-tiba lapar menyergap.

Kebutuhan Lainnya

1. Obat-obatan

Jika kalian memiliki alergi atau riwayat penyakit khusus, bawalah obat yang kalian butuhkan. Kalian juga bisa mempersiapkan balsam, minyak kayu putih, obat flu, obat sakit kepala, dan obat generik lainnya. 

2. Perlengkapan mandi

Ada baiknya kalian membawa alat mandi seperti sabun, shampoo, sikat gigi, dan pasta gigi dari Indonesia untuk masa adaptasi atau jika kalian memiliki kebutuhan kulit khusus.

3. Rice cooker

Nasi bukanlah makanan pokok Turki sehingga nasi sangat sulit ditemui di restoran. Jika kalian harus makan nasi setiap hari, bawalah rice cooker sehingga kalian bisa memasak nasi sendiri. Bawalah rice cooker ukuran portable yang muat dengan koper kalian. 

           Baca juga: Kuliah Gratis di 8 Negara untuk Mahasiswa Internasional

Siapkan Pendaftaran Bersama Schoters

Mau berangkat ke luar negeri dan lolos beasiswa impian? Scholarship Hunters bisa mulai persiapan dari sekarang, loh. Schoters menawarkan layanan bimbingan untuk membantu Scholarship Hunters meraih beasiswa impian ---> Yuk, konsultasi dengan mentor berpengalaman.

Program bimbingan lainnya juga bisa diakses melalui halaman website Schoters.

barang wajib kuliah ke turki