fbpx

Ini Barang yang Wajib Dibawa Kuliah ke Turki

Kampus Luar Negeri, Tips & Trik

Kuliah di luar negeri memang banyak membutuhkan persiapan, termasuk soal barang-barang yang kita bawa dari tanah air. Salah satu teman kita yang mendapatkan Beasiswa Turkiye Bursları Scholarship 2017, Fridya Nur Oktavia, akan membagikan tips terkait mempersiapkan barang wajib apa saja untuk dibawa kuliah ke Turki.  Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Baca Juga: Beasiswa Turkiye Burslari 2021

Pakaian dan Makanan

Turki adalah sebuah negara yang berada di kawasan Eurasia, yaitu negara yang terletak di benua Eropa dan Asia. Untuk menempuh kuliah di Turki, ada beberapa jalur beasiswa di antaranya ada Turkiye bursları Scholarship (S1), Bosphorus Scholarship Program (S1), Ali Kuscu Science and Techonologu Scholarship (S2-3) maupun Ibni Haldun Social Sciences Scholarship (S2-3).

Menurut Fridya, saat pertama kali mendapatkan kabar diterima beasiswa, ia sangat bahagia. “Waktu sebelum berangkat saya searching dulu mengetahui keadaan di Turki, entah makanan, culture, pakaian, dll.”

“Saat berangkat, saya berpikir, daripada bawa pakaian yang mungkin pakaian di Indonesia tidak sesuai dengan keadaan musim di Turki yang memiliki 4 musim, akhirnya saya bawa makanan saja yang lebih banyak. Karena banyak makanan yang tidak sesuai dengan lidah warga Indonesia. Untuk pakaian saya bisa beli di Turki, karena harganya di sini  juga jauh lebih murah dari Indonesia. Buku pun saya nggak perlu bawa, cukup download dalam bentuk e-book. Ternyata saat sampai kuliah di Turki, keadaan sesuai yang saya cari tahu informasi di Internet tentang keadaan Turki.” ungkap Fridya.

Lebih lanjut, wanita kelahiran Purwokerto ini menghabiskan tahun pertama di Turki dengan program pendidikan Bahasa Turki. Setelah tahun pertama tersebut, ia sempat pulang ke Indonesia. Saat kembali lagi ke Turki, Fridya membawa lebih banyak makanan Indonesia, seperti sambal, makanan kering, tahu tempe, serta sambel pecel.

Biaya yang Cukup Murah

“Untuk kuliah di Turki juga sangat murah. Bagi mahasiswa Turki digratiskan, namun untuk mahasiswa luar Turki biaya persemester sekitar 2.5 juta – 5 juta rupiah persemester. Biaya hidup sehari-hari pun sama seperti di Indonesia, perbulan hanya perlu 1-2 juta rupiah saja.” tutur mahasiswa jurusan Agriculture Biotechnology ini.

Itu tadi tips barang bawaan wajib untuk kuliah ke Turki versi Fridya. Sudah siap kuliah ke Turki? Yuk, persiapkan dirimu dengan berkonsultasi bersama expert Schoters! Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

 

Pin It on Pinterest

Share This