3 Beasiswa Amerika S2: Syarat dan Cakupan

Dari tahun ke tahun, Amerika Serikat selalu menjadi destinasi studi favorit pelajar internasional dari seluruh penjuru dunia. Hal ini tentu saja bukan hal yang mengejutkan, mengingat Amerika Serikat memiliki banyak sekali perguruan tinggi yang menawarkan kualitas pendidikan terbaik di tingkat global dan membuka beasiswa untuk program S2. Saat ini, setidaknya terdapat 27 perguruan tinggi di Amerika Serikat yang berhasil masuk ke dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia versi QS yang dirilis pada tahun 2023. Selain kualitas pendidikan yang mumpuni, sistem pembelajaran dan kurikulum yang unik, lingkungan belajar yang multikultural hingga besarnya kesempatan yang bisa didapatkan oleh lulusan perguruan tinggi di Amerika Serikat membuat negara ini selalu menjadi tujuan utama pelajar internasional.

Tentu saja, biaya studi yang harus dikeluarkan di Amerika Serikat tidak murah, apalagi untuk studi di tingkat pascasarjana seperti Master. Tapi, tidak perlu khawatir karena terdapat banyak beasiswa Amerika S2 yang tersedia untuk membantu rencana belajar kamu di Amerika Serikat. Simak ulasan beberapa beasiswa Amerika S2 yang menarik di bawah ini.

 

3 Rekomendasi Beasiswa Amerika S2

Fulbright Scholarships for Indonesia

Program Fulbright Scholarships For Indonesia adalah salah satu program beasiswa Amerika S2 yang ditawarkan oleh Pemerintah Amerika Serikat kepada mahasiswa di jenjang pascasarjana, termasuk Master, di berbagai perguruan tinggi di Amerika Serikat selama 1–2 tahun. Beasiswa ini terbuka untuk hampir semua program studi, kecuali program studi medicine yang berhubungan dengan patient care atau clinical patient contact.

Persyaratan beasiswa

Untuk mendaftar program beasiswa ini, beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan antara lain :

  1. Sudah memiliki ijazah S1
  2. Memiliki IPK minimal 3.0 (dari skala 4.0)
  3. Memiliki skor TOEFL ITP minimal 550 atau skor TOEFL iBT minimal 80 atau skor IELTS minimal 6.5 atau skor Duolingo minimal 105

Cakupan beasiswa

Penerima beasiswa Amerika S2 yang satu ini berhak untuk mendapatkan beberapa hal sebagai berikut :

  1. J-1 Visa Support
  2. Biaya penerbangan PP
  3. Biaya kuliah dan biaya pendidikan lainnya
  4. Biaya hidup
  5. Asuransi kesehatan dan kecelakaan sesuai peraturan Pemerintah Amerika Serikat

 

Baca Juga: Ingin Lanjut Studi S2 di Amerika? Simak Informasi Lengkap Tentang Beasiswa Fulbright Disini!

 

Knight-Hennessy Scholarship

Program beasiswa Amerika S2 selanjutnya adalah program Knight-Hennessy Scholarship yang dibuka oleh Stanford University, salah satu perguruan tinggi terbaik dunia dan Amerika Serikat, kepada pelajar internasional yang tertarik untuk mendaftar ke salah satu program studi yang dibuka oleh Stanford University.

Persyaratan beasiswa

Untuk mendaftar beasiswa ini, beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

  1. Mendaftar di salah satu program studi pasca sarjana di Stanford University, termasuk di antaranya program DMA, JD, MA, MBA, MD, MFA, MPP, MS atau PhD.
  2. Memiliki ijazah Sarjana yang berusia tidak lebih dari 7 (tujuh) tahun pada saat pendaftaran
  3. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik dengan skor TOEFL iBT minimal 100 untuk jenjang Master kecuali program studi di bawah School of Engineering (skor minimal TOEFL iBT untuk program studi di bawah School of Engineering adalah 89). Hasil skor bahasa Inggris lainnya seperti IELTS atau PTE tidak dapat digunakan untuk mendaftar. 

Cakupan beasiswa

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Biaya kuliah
  2. Tunjangan hidup dan tunjangan keperluan akademik lainnya seperti biaya asrama, buku, peralatan kuliah, materi kuliah, transportasi lokal, dan biaya lainnya.
  3. Biaya penerbangan PP

 

Tertarik melanjutkan pendidikan dengan beasiswa Amerika S2 dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan, beasiswa Amerika S2 yang bisa dicoba, persyaratan dokumen, hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

Baca Juga : Info Lengkap Seputar Beasiswa Knight-Hennessy di sini!

 

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Reguler

Program beasiswa Amerika S2 yang juga bisa dicoba adalah program beasiswa LPDP yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia kepada warga negara Indonesia yang berminat melanjutkan pendidikan di jenjang pasca sarjana, termasuk Master, ke banyak perguruan tinggi terbaik di seluruh penjuru dunia termasuk Amerika Serikat. Daftar perguruan tinggi dan program studi yang diterima di bawah beasiswa ini cukup beragam dan dapat dilihat langsung dalam daftar yang telah ditetapkan di website LPDP.

Selain beasiswa LPDP reguler, beasiswa LPDP juga membuka beberapa program beasiswa lainnya yang juga dapat digunakan untuk menempuh pendidikan Master di Amerika Serikat, termasuk di antaranya :

  1. Beasiswa LPDP untuk PNS, TNI dan Polri
  2. Beasiswa LPDP untuk Penyandang Disabilitas
  3. Beasiswa LPDP untuk Daerah Afirmasi 
  4. Beasiswa LPDP untuk kelompok masyarakat pra sejahtera
  5. Beasiswa LPDP untuk Putra Putri Papua

Persyaratan beasiswa

Untuk beasiswa LPDP Reguler, beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa ini antara lain :

  1. Telah menyelesaikan studi program D4 atau S1
  2. Berusia maksimal 35 tahun
  3. Memiliki IPK minimal 3.00 dalam skala 4.00
  4. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris baik yang dibuktikan dengan menunjukkan skor TOEFL iBT minimal 60, PTE Academic minimal 58 atau IELTS minimal 6.5
  5. Memiliki surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi

Cakupan beasiswa

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

1. Dana Pendidikan

  1. Dana pendaftaran
  2. Dana SPP
  3. Dana tunjangan buku
  4. Dana penelitian tesis/disertasi
  5. Dana seminar internasional
  6. Dana publikasi jurnal internasional

2. Dana Pendukung

  1. Dana transportasi
  2. Dana aplikasi visa
  3. Dana asuransi kesehatan
  4. Dana kedatangan
  5. Dana hidup bulanan
  6. Dana lomba internasional

 

Baca Juga: Rekomendasi 10 Universitas Terbaik di Amerika Berdasarkan QS World Rank

 

Sumber :

1. Website resmi Fulbright : https://www.aminef.or.id/

2. Website resmi Knight-Hennessy : https://knight-hennessy.stanford.edu/

3. Website resmi LPDP : https://lpdp.kemenkeu.go.id/

 

Rekomendasi bimbingan lolos beasiswa Amerika S2

Ingin lolos mendapatkan beasiswa Amerika S2? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa Amerika S2? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

beasiswa amerika s2