Informasi Beasiswa Australian Government Research Training Program

Info Beasiswa, 30 Nov 2022

Tertarik untuk melanjutkan Master atau Doktoral melalui research di Australia?

Anda barangkali bisa mencoba program beasiswa Australia Government Research Training Program (AGRTP) yang dibuka setiap tahunnya oleh Pemerintah Australia melalui seluruh perguruan tinggi di Australia. Program beasiswa AGRTP secara khusus ditawarkan kepada pelajar yang berminat untuk melanjutkan pendidikan S-2 dan S-3 melalui jalur penelitian independent (research) atau yang disebut juga dengan Higher Degree by Research (HDR).

Cakupan Beasiswa

Penerima beasiswa AGRTP dapat menerima beasiswa dalam beberapa kategori berikut:

  1. RTP Fees Offset, yang memberikan pembebasan biaya kuliah selama mahasiswa menempuh studi di Australia
  2. RTP Stipend, yang memberikan bantuan biaya hidup selama mahasiswa menempuh studi di Australia
  3. RTP Allowances, yang memberikan bantuan biaya lainnya yang diperlukan selama pelaksanaan research seperti biaya relokasi ke tempat pelaksanaan research, biaya cetak tesis, biaya publikasi akademik serta biaya asuransi kesehatan bagi penerima beasiswa dan keluarga tertanggung penerima beasiswa.

Sebagai catatan, penerima beasiswa AGRTP dapat menerima satu atau beberapa kategori beasiswa di atas selama periode paling lama 2 (dua) tahun untuk mahasiswa S-2 by research dan periode paling lama 4 (empat) tahun untuk mahasiswa S-3.

      Baca juga: Cek Info Beasiswa Australia Awards Scholarship (AAS) Terbaru

Tidak ada batasan khusus terkait usia untuk mengikuti program AGRTP. Meskipun demikian, terdapat beberapa persyaratan umum yang perlu dipenuhi untuk mengikuti program beasiswa ini, termasuk diantaranya:

  • Calon pelamar beasiswa sudah harus menyelesaikan pendidikan tinggi di jenjang sebelumnya
  • Calon pelamar beasiswa juga harus melamar atau sudah diterima sebagai mahasiswa S2 dan S3 by research di perguruan tinggi di Australia. Pelamar yang hendak melanjutkan pendidikan tinggi melalui jalur coursework tidak dapat mengikuti program beasiswa ini
  • Memenuhi persyaratan masuk yang ditetapkan oleh perguruan tinggi masing-masing

Seluruh proses pendaftaran dan seleksi untuk program beasiswa AGRTP ini dilaksanakan langsung oleh perguruan tinggi di Australia. Mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti program AGRTP dapat langsung membuka atau menghubungi perguruan tinggi yang dituju untuk melihat informasi lebih lengkap tentang persyaratan untuk melamar jurusan research, tata cara pendaftaran, deadline pendaftaran dan proses seleksi di masing-masing kampus.

Webinar "Study Abroad in Australia"

Dokumen Persyaratan

Sebagai gambaran, umumnya persyaratan pendaftaran jurusan research di perguruan tingggi di Australia mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  1. Ijazah dan transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya
  2. Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris (persyaratan untuk kemampuan Bahasa Inggris berbeda-beda antar kampus)
  3. Proposal penelitian yang akan dilakukan selama periode studi S2/S3 (panduan penulisan proposal penelitian juga bisa berbeda-beda antar kampus)
  4. Bukti kesediaan supervisor untuk membimbing penelitian. Umumnya untuk mendaftar program research di Australia, sudah harus menghubungi supervisor terlebih dahulu. Prosedur pencarian supervisor juga dapat berbeda-beda tergantung dari perguruan tinggi yang dituju.

Sekali lagi, apabila tertarik untuk mengikuti program beasiswa ini, jangan lupa untuk melihat langsung persyaratannya secara pasti di perguruan tinggi tujuan ya.

      Baca juga: Cara Jitu Lolos Beasiswa dengan Nilai atau IPK Pas-Pasan

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

beasiswa Australian Government Research Training Program