Studi di Eropa dengan Beasiswa Erasmus Mundus Joint Master Degree

Info Beasiswa, 03 Nov 2022

Program beasiswa Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD) adalah kompilasi berbagai program beasiswa tingkat Master yang dibuka oleh konsorsium pendidikan internasional di bawah Uni Eropa, dengan bekerja sama bersama dua atau lebih perguruan tinggi di berbagai negara di Eropa. 

Program yang ditawarkan melalui EMJMD ini cukup luas dan mencakup berbagai bidang studi termasuk di antaranya agricultural and forestry sciences, business studies and management sciences, communication and information, education and teaching, engineering, humanities, law dan lain sebagainya. 

Periode studi melalui beasiswa EMJMD ini bervariasi tergantung dari program yang dituju, berkisar dari minimal 12 bulan sampai maksimal 24 bulan. Yang menarik tentang beasiswa EMJMD ini adalah pelajar internasional berkesempatan untuk berkeliling Eropa sambil menempuh studi di beberapa perguruan tinggi yang berbeda di berbagai lokasi di Eropa. 

Dengan demikian, di akhir masa studi, pelajar juga akan mendapatkan gelar, bisa dalam bentuk joint degree (satu gelar yang dikeluarkan bersama oleh beberapa perguruan tinggi berbeda di bawah konsorsium) atau multiple degrees (minimal dua gelar yang dikeluarkan oleh dua perguruan tinggi berbeda di bawah konsorsium.

            Baca juga: 7 Manfaat Kuliah S-2 dan S-3 di Luar Negeri

Cakupan Beasiswa

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  1. Seluruh biaya yang diperlukan untuk proses pembelajaran, termasuk biaya kuliah, biaya perpustakaan dan laboratorium, biaya asuransi kesehatan dan biaya wajib lain yang harus dibayarkan untuk menyelesaikan pendidikan Master.  
  2. Biaya transportasi dan akomodasi
  3. Biaya hidup bulanan yang dibutuhkan selama periode studi

Nilai beasiswa EMJMD juga bervariasi tergantung dari program studi yang dipilih, periode studi dan kewarganegaraan pelajar.

Persyaratan Beasiswa

Beasiswa EMJMD dapat diikuti oleh pendaftar dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Pelajar yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan Master
  2. Pelajar yang sudah menyelesaikan pendidikan di jenjang S-1
  3. Pelajar yang belum pernah menerima EMJMD atau beasiswa Erasmus Mundus lain sebelumnya

Prosedur Pendaftaran Beasiswa

Program studi yang ditawarkan melalui EMJMD diperbaharui setiap tahunnya sehingga pelajar yang berminat untuk melanjutkan pendidikan tinggi melalui program beasiswa EMJMD ini dapat melihat terlebih dahulu katalog EMJMD untuk mengetahui lebih lanjut tentang program yang dibuka, prosedur pendaftaran, persyaratan dan batas waktu pendaftaran untuk masing-masing program studi tersebut. 

Katalog lengkap EMJMD dapat dilihat melalui tautan ini. 

Sebagian besar program studi di bawah EMJMD membuka pendaftaran sekitar bulan Oktober sampai dengan Januari setiap tahunnya.

             Baca juga: Daftar Beasiswa yang Memberikan Double Degree Yuk!

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

beasiswa erasmus mundus joint master degree