Info Terlengkap Beasiswa Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD)

Program beasiswa Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD) adalah kompilasi berbagai program beasiswa tingkat Master yang dibuka oleh konsorsium pendidikan internasional di bawah Uni Eropa, dengan bekerja sama bersama dua atau lebih perguruan tinggi di berbagai negara di Eropa.

Program yang ditawarkan melalui EMJMD ini cukup luas dan mencakup berbagai bidang studi termasuk di antaranya agricultural and forestry sciences, business studies and management sciences, communication and information, education and teaching, engineering, humanities, law dan lain sebagainya.

Periode studi melalui beasiswa EMJMD ini bervariasi tergantung dari program yang dituju, berkisar dari minimal 12 bulan sampai maksimal 24 bulan. Yang menarik tentang beasiswa EMJMD ini adalah pelajar internasional berkesempatan untuk berkeliling Eropa sambil menempuh studi di beberapa perguruan tinggi yang berbeda di berbagai lokasi di Eropa.

Dengan demikian, di akhir masa studi, pelajar juga akan mendapatkan gelar, bisa dalam bentuk joint degree (satu gelar yang dikeluarkan bersama oleh beberapa perguruan tinggi berbeda di bawah konsorsium) atau multiple degrees (minimal dua gelar yang dikeluarkan oleh dua perguruan tinggi berbeda di bawah konsorsium.

 

Baca juga: Kenali Beasiswa Erasmus Mundus Kuliah di Negara Eropa, Lho!

 

Cakupan beasiswa

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  1. Seluruh biaya yang diperlukan untuk proses pembelajaran, termasuk biaya kuliah, biaya perpustakaan dan laboratorium, biaya asuransi kesehatan dan biaya wajib lain yang harus dibayarkan untuk menyelesaikan pendidikan Master.
  2. Biaya transportasi dan akomodasi
  3. Biaya hidup bulanan yang dibutuhkan selama periode studi

Nilai beasiswa EMJMD juga bervariasi tergantung dari program studi yang dipilih, periode studi dan kewarganegaraan pelajar.

 

Persyaratan beasiswa

Beasiswa EMJMD dapat diikuti oleh pendaftar dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Pelajar yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan Master
  2. Pelajar yang sudah menyelesaikan pendidikan di jenjang S-1
  3. Pelajar yang belum pernah menerima EMJMD atau beasiswa Erasmus Mundus lain sebelumnya

 

Prosedur pendaftaran beasiswa

Program studi yang ditawarkan melalui EMJMD diperbaharui setiap tahunnya sehingga pelajar yang berminat untuk melanjutkan pendidikan tinggi melalui program beasiswa EMJMD ini dapat melihat terlebih dahulu katalog EMJMD untuk mengetahui lebih lanjut tentang program yang dibuka, prosedur pendaftaran, persyaratan dan batas waktu pendaftaran untuk masing-masing program studi tersebut. 

Katalog lengkap EMJMD dapat dilihat melalui tautan ini. 

Sebagian besar program studi di bawah EMJMD membuka pendaftaran sekitar bulan Oktober sampai dengan Januari setiap tahunnya.

 

Baca juga: Daftar Beasiswa yang Memberikan Double Degree Yuk!

 

Timeline Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD)

Sebagian besar program studi di bawah beasiswa Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD) membuka pendaftaran sekitar bulan Oktober sampai dengan Januari setiap tahunnya. Berikut timeline Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD) di 2023!

  1. 1 Oktober 2022 → Pendaftaran online di buka.
  2. 27 Januari 2023 → Deadline pendaftaran untuk kandidat
  3. 1 April 2023 → Setiap kandidat mendapatkan pemberitahuan pertama mengenai pendaftaran masing-masing
  4. 1 Mei 2023 → Deadline untuk kandidat self-funding

Namun, tentunya hal ini dapat berubah sewaktu-waktu ya. Nah, sudahkah kamu mempersiapkan diri untuk beasiswa Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD) 2023?

 

Tertarik dengan program beasiswa Erasmus Mundus dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

 

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

Tahap seleksi Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD)

Seperti yang sudah disampaikan di atas, seluruh proses pendaftaran beasiswa Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD) sudah melalui aplikasi. Hingga pada tahap pertama kamu akan diseleksi melalui tahap seleksi dokumen. Pada tahap ini juri akan menilai form pendaftaran, portfolio, motivation letter  dan dokumen-dokumen wajib lainnya.

Setelah itu kamu akan melalui tahap wawancara yang biasanya dilakukan melalui online call selama 30 menit. Tahap wawancara ini bisa ada atau tidak, namun tetap penting untuk dipersiapkan. Buktikan kalau kamu punya passion dan visi misi yang ingin kamu wujudkan selanjutnya.

Setelah kedua tahap di atas kamu akan melanjutkan ke tahap pengumuman yang akan dilaksanakan pada 1 April 2023. 

 

Cara daftar beasiswa Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD)

Bagi kamu yang masih asing dengan beasiswa Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD) dan bingung dengan tahapan pendaftarannya, berikut Schoters rangkumkan secara ringkas untuk kamu!

  1. Masuk ke laman official beasiswa Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD) yang bisa kamu cek di sini.
  2. Pilih preferensi program kamu dan jangan mendaftar lebih dari tiga program.
  3. Masuk ke laman program yang dipilih. 
  4. Pahami persyaratan yang dicari.
  5. Daftar jauh-jauh hari dan persiapkan segala dokumen yang diperlukan.
  6. Seleksi dokumen.
  7. Seleksi interview. 
  8. Menunggu hasil beasiswa Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD).
  9. Jika diterima, kamu akan diminta untuk memberikan konfirmasi ulang.
  10. Dan selamat menjadi bagian dari beasiswa Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD)!

Bagaimana, cukup mudah bukan? Nah bagi kamu yang tertarik dengan program beasiswa Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD), yuk persiapkan diri terbaikmu dengan program Schoters di bawah ini!

 

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos beasiswa Eramus Mundus Joint Master Degree

Ingin lolos beasiswa Erasmus Mundus? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Sumber :

1.  Website resmi Erasmus.https://erasmus-plus.ec.europa.eu/