Belajar Bahasa dan Budaya Estonia dengan Beasiswa Estophilus

Beasiswa Full Luar Negeri, 25 Jan 2023

Estonia adalah sebuah negara di Eropa yang bersebelahan dengan Finlandia, Latvia, dan Rusia. Negara dengan bahasa resmi Estonia dan mayoritas berbudaya Estonia ini membuka beasiswa bagi mahasiswa internasional yang berminat mempelajari bahasa dan budaya Estonia. Adalah beasiswa Estophilus yang dikelola oleh Education and Youth Board of Estonia yang berada di bawah Minister of Education and Research, Estonia. 

Beasiswa Estophilus terbuka bagi siapapun yang ingin melakukan riset dengan topik utama ilmu bahasa dan budaya Estonia. Pendaftar beasiswa ini adalah mahasiswa aktif pada tahun akhir untuk jenjang S1, mahasiswa aktif jenjang S2 dan S3, serta kandidat pasca doktoral (post doc). Penerima beasiswa ini wajib untuk melakukan penelitian selama minimal 1 bulan hingga maksimal 5 bulan di Estonia, kecuali untuk mahasiswa jenjang S1 yang hanya maksimal selama 2 bulan. 

Luaran beasiswa ini diharapkan menjadi pertukaran pengetahuan antara Estonia dengan negara lain serta membuat Estonia lebih terlihat di kancah internasional. Utamanya pada ilmu-ilmu yang berkaitan dengan bidang bahasa dan budaya Estonia. 

Meski beasiswa ini dikelola oleh Education and Youth Board of Estonia, kontak utama kalian terkait program studi yang dituju dan beasiswa ini adalah kepada academic supervisor yang kalian inginkan di universitas yang kalian tuju. Sehingga kalian wajib telah mendapatkan seorang supervisor sebelum mendaftar pada beasiswa ini.

Jika kalian tertarik untuk mendaftar beasiswa ini, berikut adalah syarat pendaftaran, kriteria penilaian, cakupan beasiswa serta tanggal pendaftarannya.

 

Syarat Pendaftaran

    1. Mengunduh dan mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di laman beasiswa Estophilus
    2. Mengisi formulir pendaftaran dalam bahasa Inggris atau Estonia
    3. Formulir pendaftaran wajib ditandatangani secara elektronik maupun manual dan kemudian hasil pindaiannya beserta dokumen persyaratan lainnya dikirimkan melalui pos-el ke alamat rvo.dokumendid@harno.ee dengan judul pos-el "Estophilus stipendium (EKKAV)"
    4. Rencana studi/penelitian
    5. Curriculum vitae
    6. Kartu mahasiswa atau bukti lain yang menjelaskan bahwa kandidat adalah mahasiswa aktif
    7. Surat konfirmasi dari supervisor bahwa beliau telah bersedia untuk menerima kandidat sebagai mahasiswa bimbingannya. Supervisor juga wajib mencantumkan surat yang menjelaskan secara singkat mengenai topik penelitian dan perlunya penelitian bagi kemajuan ilmu pengetahuan di Estonia.

          Baca Juga : Menarik! Beasiswa Esthopilus dari Belajar hingga Meneliti

Kriteria Penilaian

  1. Kualitas lamaran:
    1. Tujuan penelitian yang jelas
    2. Rencana kerja
    3. Hasil/luaran penelitian yang diharapkan 
    4. Dan topik yang berhubungan dengan Estonia
  2. Keahlian kandidat terhadap topik penelitian yang dipilih
  3. keterkaitan dan pentingnya mobilitas belajar dalam kaitannya dengan penelitian yang diajukan kandidat
  4. Keterkaitan universitas di Estonia yang dipilih dengan topik penelitian dan alasan-alasan yang diungkapkan pada surat yang ditulis oleh supervisor

Cakupan Beasiswa

  1. Biaya pendidikan (jika ada)
  2. Biaya hidup sebesar EUR 660 per bulan
  3. Biaya pesawat pulang pergi dari Jakarta ke Tallinn sebesar EUR 1.100
  4. Biaya penelitian (jika ada)

         Baca Juga : Ini Dia Beasiswa Estophilus di Negara Estonia

Tanggal Pendaftaran

Pendaftaran dibuka 2 kali dalam setahun. Tanggal secara spesifik akan diumumkan pada laman Beasiswa Estophilus. Namun pada tahun 2022, pendaftaran ronde 2 dibuka pada tanggal 15 September hingga 15 Oktober 2022. Pengumuman akhir biasanya dikeluarkan sekitar 45 hari setelah tanggal pendaftaran ditutup. Jika kalian berhasil mendapatkan beasiswa ini, kalian akan dihubungi secara langsung oleh pihak Education and Youth Board of Estonia melalui surel.

Jika kalian masih bingung tentang bagaimana caranya menulis dokumen-dokumen yang diperlukan dalam melamar beasiswa seperti motivation letter, curriculum vitae, atau recommendation letter, segera hubungi Schoters untuk mendapatkan bantuan langsung dari para mentor yang telah berpengalaman ya!

Beasiswa Esthopilus