Beasiswa Exchange Fulbright: Raih Kesempatan Studi di AS

Info Beasiswa, 06 Jan 2023

The Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD) memberikan beasiswa kepada kelompok pemimpin mahasiswa baru yang beragam untuk satu semester studi akademik non-gelar di perguruan tinggi atau universitas AS. Global UGRAD adalah program Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat dan bertujuan untuk merekrut peserta dari latar belakang yang kurang terwakili yang belum memiliki kesempatan lain untuk belajar di Amerika Serikat. Pelamar yang berhasil akan mendapatkan paparan mendalam tentang masyarakat, budaya, dan institusi akademik AS, serta peluang untuk meningkatkan keterampilan profesional loh.

Semua peserta akan terdaftar dalam kursus penuh waktu, non-gelar, sarjana yang dipilih dari kurikulum yang ada di lembaga tuan rumah. Peserta akan diminta untuk mengambil satu kursus studi AS 3-kredit untuk meningkatkan pemahaman tentang Amerika Serikat. Peserta akan tinggal di fasilitas perumahan kampus dengan rekan - rekan Amerika dan akan diminta untuk berpartisipasi dalam pelayanan masyarakat selama dua puluh jam. Juga akan ada orientasi kedatangan virtual dan lokakarya akhir program secara langsung.

Manfaat hibah termasuk perjalanan internasional, biaya kuliah, kamar dan penginapan, asuransi kecelakaan/sakit, tunjangan bulanan, dan pendanaan untuk buku. Apakah Hunters sudah mengetahui kriteria dan cara pendaftarannya?

          Baca juga: Ingin Ikut Program Exchange? Yuk Simak Beasiswa Echange untuk S1 dan S2 Ini!

Kriteria yang Dicari Beasiswa Exchange Fulbright 

Hunters harus:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Berusia lebih dari 18 tahun
  3. Terdaftar dalam program sarjana penuh waktu (S1/D4) di Indonesia, setelah menyelesaikan minimal satu semester studi dan memiliki setidaknya satu semester lagi untuk diselesaikan di institusi asal mereka setelah kembali. Preferensi akan diberikan kepada mereka yang berada di semester ketiga hingga kelima
  4. Tunjukkan potensi kepemimpinan melalui pekerjaan akademik, keterlibatan masyarakat, dan kegiatan ekstrakurikuler
  5. Menunjukkan perintah bahasa Inggris lisan dan tulisan sebagaimana dibuktikan oleh skor TOEFL ITP atau TOEFL Prediction (kurang dari dua tahun) 500 atau skor iBT 61 atau skor IELTS 6.0 atau skor Tes Bahasa Inggris Duolingo 95
  6. Berkomitmen untuk langsung kembali ke Indonesia setelah program selesai

Preferensi akan diberikan kepada mereka yang memiliki sedikit atau tanpa pengalaman di AS atau di luar negara asalnya. Hanya kandidat terpilih akan diberitahu untuk wawancara pribadi.

Dokumen yang Harus Disiapkan 

  1. Dua surat referensi, satu dari dosen bidang studi utama pelamar, yang lain dari dosen lain, pemberi kerja, pelatih, atau pengawas kerja komunitas
  2. Fotokopi Kartu Identitas Indonesia (KTP)
  3. Laporan/transkrip kemajuan universitas terbaru dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris

Cara Mendaftar Beasiswa Exchange Fulbright 

Mengisi dan mengirim aplikasi online. Setelah aplikasi online dikirimkan, kandidat harus memberi tahu staf di AMINEF melalui email, melampirkan skor TOEFL ITP atau TOEFL Prediction yang dipindai atau tes Bahasa Inggris iBT atau IELTS atau Duolingo ke infofulbright_ind@aminef.or.id, dan info.scholarship@aminef.or.id dengan subjek email, “[Nama Lengkap Anda] – Formulir Online UGRAD Global Lengkap.”

Harap diperhatikan bahwa ada persyaratan khusus untuk program Indonesia, yang mungkin berbeda dari detail di situs web World Learning. Untuk pelamar dari Indonesia, harap merujuk pada persyaratan di atas saat mendaftar ke program ini dan arahkan semua pertanyaan ke staf AMINEF.

          Baca juga: Kuliah S2 di Amerika dengan Beasiswa Fulbright 

Deadline Pendafataran Beasiswa Exchange Fulbright 

Batas waktu pengiriman materi aplikasi untuk program ini secara online pada bulan  Desember 2022.

Notes: estimasi bulan berdasarkan tahun sebelumnya. 

Siap Mendaftar Beasiswa Exchange Fulbright?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? ->     Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? -> Dapatkan program terbaik di Schoters!

Beasiswa Exchange Fulbright