Cek Beasiswa Fashion Design Luar Negeri yang Bisa Kamu Coba!

Terdapat banyak instansi pendidikan di luar negeri yang memiliki spesialisasi khusus atau menawarkan program studi di bidang fashion design. Dan tentu saja, bagi Hunters yang tertarik untuk melanjutkan studi di bidang ini, terdapat banyak kesempatan beasiswa fashion design luar negeri yang tersedia dan bisa dicoba.

Beberapa beasiswa fashion design luar negeri tersebut antara lain beasiswa IFA Paris, beasiswa program fashion design di INTI Malaysia, dan beasiswa program fashion di School of Fashion and Textiles di Hong Kong Polytechnic University

Sebagai informasi, Jurusan Fashion Design adalah jurusan yang mempelajari tentang seni pembuatan pakaian dan aksesoris. Selain itu, Jurusan Fashion Design juga mempelajari bagaimana sejarah, bisnis, seni, dan teknologi mempengaruhi fashion secara keseluruhan.

 

Daftar beasiswa Fashion Design luar negeri

1. Beasiswa Fashion Design luar negeri: Beasiswa IFA Paris

Beasiswa Fashion Design luar negeri pertama yang bisa Hunters coba adalah International Fashion Academy, Paris atau yang biasa disebut dengan IFA Paris. IFA Paris adalah salah satu instansi pendidikan di Paris yang memiliki spesialisasi di bidang fashion.

IFA Paris membuka berbagai program studi di tingkat S1 dan S2 di berbagai bidang studi yang masih berhubungan dengan fashion design, termasuk di antaranya fashion design and technology, fashion marketing dan fashion sustainability. 

Untuk membantu pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi fashion design di institusi ini, IFA Paris juga menawarkan beasiswa yang terbuka untuk seluruh program studi di IFA dan diberikan berdasarkan prestasi akademik.

Program beasiswa ini dibedakan menjadi 3 (jenis) program, yaitu:

  1. Full Scholarship;
  2. Excellence Scholarship;
  3. Distinction Scholarship.

 

Cakupan Beasiswa

Beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  1. Pembebasan biaya kuliah sepenuhnya untuk full scholarship;
  2. Pengurangan biaya sebesar 40% untuk excellence scholarship;
  3. Pengurangan biaya sebesar 20% untuk distinction scholarship.

 

Persyaratan Beasiswa

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar beasiswa ini antara lain:

Pelamar tingkat S1

  1. Lulus dari sekolah menengah atas;
  2. Berusia minimal 16 tahun;
  3. Mendaftar ke salah satu program studi sarjana yang ada di IFA Paris;
  4. Memiliki motivasi dan bakat untuk bekerja dan belajar di bidang fashion design;
  5. Memiliki prestasi akademik, kegiatan ekstrakurikuler dan pengalaman professional yang baik;
  6. Memiliki IPK minimal 3.8 (untuk full scholarship), minimal 3.5 (untuk excellence scholarship), minimal 3.0 (untuk distinction scholarship);
  7. Bagi pelamar jurusan S-1, memiliki sertifikat kemampuan berbahasa Inggris dengan skor minimal 5.5 untuk IELTS atau skor 65 untuk TOEFL atau menunjukkan bukti pendidikan sebelumnya yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

 

Pelamar tingkat S2

  1. Mendaftar ke salah satu program studi Master yang ada di IFA Paris;
  2. Memiliki gelar sarjana di bidang business administration, management, marketing, media and communication, fashion design dan bidang studi lain yang terkait;
  3. Memiliki motivasi dan bakat untuk bekerja dan belajar di bidang fashion design;
  4. Memiliki prestasi akademik, kegiatan ekstrakurikuler dan pengalaman professional yang baik;
  5. Memiliki IPK minimal 3.8 (untuk full scholarship), minimal 3.5 (untuk excellence scholarship), minimal 3.0 (untuk distinction scholarship);
  6. Bagi pelamar jurusan S-2, memiliki sertifikat kemampuan berbahasa Inggris dengan skor minimal 6.5 untuk IELTS atau skor 79 untuk TOEFL menunjukkan bukti pendidikan sebelumnya yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

 

Dokumen yang diperlukan

Dokumen yang diperlukan untuk program beasiswa ini adalah:

Pelamar tingkat S1

  1. Formulir pendaftaran yang sudah diisi;
  2. Ijazah dan transkrip sekolah menengah atas;
  3. Motivation letter;
  4. CV atau resume terbaru;
  5. Foto paspor dan kopi paspor;
  6. Bagi pelamar jurusan program Bachelor in Fashion Design and Technology atau Bachelor Fashion Sustainability with Design Major, perlu menyertakan portofolio;
  7. Biaya pendaftaran sebesar 150 Euro.

 

Pelamar tingkat S2

  1. Formulir pendaftaran yang sudah diisi;
  2. Ijazah dan transkrip sekolah menengah atas;
  3. Motivation letter;
  4. CV atau resume terbaru;
  5. Foto paspor dan kopi paspor;
  6. Bagi pelamar jurusan program Master of Arts in Contemporary Fashion Design, pelamar harus memiliki gelar sarjana di bidang fashion design atau yang sejenisnya dan perlu menyertakan portofolio;
  7. Bagi pelamar jurusan MBA Fashion Technology, perlu menyertakan proposal penelitian dengan tema fashion technology;
  8. Bagi pelamar jurusan MBA, perlu menyertakan 3 (tiga) surat rekomendasi;
  9. Biaya pendaftaran sebesar 150 Euro.

 

Seluruh dokumen harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan diunggah ke dalam portal pendaftaran IFA Paris sambil memilih program studi tujuan. Pendaftaran untuk program full scholarship umumnya ditutup pada bulan Maret setiap tahunnya, sedangkan pendaftaran untuk program excellence and distinction scholarship dibuka sepanjang tahun.

 

Baca Juga: Masih Ragu Kenapa Harus Kuliah di Prancis? Temukan Alasannya Di Sini!

2. Beasiswa Fashion Design luar negeri: Beasiswa Program Fashion Design di INTI, Malaysia

Beasiswa Fashion Design luar negeri kedua yang bisa Hunters coba adalah INTI (International University and Colleges) yang berlokasi di Kota Subang, Malaysia. INTI adalah salah satu instansi pendidikan lain yang membuka program studi di bidang fashion design and communication untuk jenjang S-1 dan diploma di bidang fashion design. Program fashion design ini diselenggarakan melalui kolaborasi dengan Sheffield Hallam University.

Bagi pelajar internasional yang berminat untuk melanjutkan studi fashion design di sini, INTI juga menawarkan program beasiswa partial yang diberikan berdasarkan prestasi akademik.

Cakupan Beasiswa

Program ini mencakup pengurangan biaya kuliah hingga sebesar 45% pada tahun pertama studi.

Persyaratan Beasiswa

Persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa ini adalah sudah diterima di salah satu program studi fashion design di INTI Malaysia dan memenuhi persyaratan akademik yang ditetapkan.

Berkas pendaftaran untuk program ini diterima setidaknya 8 (delapan) minggu sebelum perkuliahan dimulai (intake) yaitu pada bulan Januari, Mei dan Agustus.

3. Beasiswa Fashion Design luar negeri: Beasiswa Program Beasiswa Fashion di School of Fashion and Textiles, Hong Kong Polytechnic University

Beasiswa Fashion Design luar negeri ketiga yang bisa Hunters coba adalah beasiswa di Hong Kong Polytechnic University, salah satu universitas yang berlokasi di Hong Kong. Universitas ini membuka program studi di jenjang S1, S2 dan S3 di bidang fashion design di bawah School of Fashion and Textiles

Selain itu, universitas ini juga menawarkan beberapa program beasiswa kepada pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi di bidang fashion design, termasuk di antaranya:

  1. Program Entry Scholarship for Outstanding Admittees untuk pelamar tingkat S-1;
  2. Program Belt and Road Scholarship untuk pelamar tingkat S-1 dan tingkat S-2;
  3. Program Hong Kong PhD Fellowship Scheme untuk pelamar tingkat S-3.

 

Cakupan Beasiswa

Program beasiswa di atas mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  1. Program Entry Scholarship for Outstanding Admittees untuk pelamar tingkat S-1. Cakupan beasiswa ini adalah sebagai berikut:
    1. Pembebasan biaya kuliah sebesar 195.000 HKD per tahun (full scholarship)
    2. Pembebasan biaya kuliah sebesar 145.000 KKD per tahun (full tuition waiver)
    3. Pembebasan biaya kuliah sebesar 72.500 HKD per tahun (half tuition waiver)
  2. Program Belt and Road Scholarship untuk pelamar tingkat S-1 dan tingkat S-2, mencakup pembebasan biaya kuliah sepenuhnya selama periode studi.
  3. Program Hong Kong PhD Fellowship Scheme untuk pelamar tingkat S-3. Cakupan beasiswa ini adalah pembebasan biaya kuliah sepenuhnya, biaya hidup sebesar 325.200 HKD per tahun, subsidi biaya konferensi tahunan sebesar 13.600 HKD, pemberian cash award sebesar 40.000 HKD untuk tahun pertama dan 20.000 HKD untuk tahun kedua dan tahun-tahun berikutnya selama periode studi, dan alokasi tempat di akomodasi kampus selama 2 (dua) tahun.

 

Persyaratan Beasiswa

Persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa ini antara lain:

1. Program Entry Scholarship for Outstanding Admittees untuk pelamar tingkat S1

  1. Mendaftar di program studi fashion penuh waktu tingkat S1 di Hong Kong Polytechnic University dan memenuhi persyaratan akademik yang telah ditetapkan;
  2. Memiliki prestasi akademik yang baik di tingkat sekolah menengah atas.

 

2. Program Belt and Road Scholarship untuk pelamar tingkat S1 dan tingkat S2

  1. Mendaftar di program studi fashion penuh waktu tingkat S-1 atau S-2 di Hong Kong Polytechnic University dan memenuhi persyaratan akademik yang telah ditetapkan.

 

3. Program Hong Kong Ph.D Fellowship Scheme untuk pelamar tingkat S3

  1. Mendaftar di program studi fashion penuh waktu tingkat S3 di Hong Kong Polytechnic University dan memenuhi persyaratan akademik yang telah ditetapkan.

 

Pendaftaran untuk program ini ditutup pada bulan April setiap tahunnya.

 

Nah, itu dia, Hunters, tiga rekomendasi beasiswa Fashion Design luar negeri yang bisa kamu coba. Di antara ketiga beasiswa di atas, beasiswa Fashion Design mana nih yang mau kamu coba?

 

Baca juga: Tips Menulis Personal Statement untuk Beasiswa

Siap mendaftar beasiswa impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

beasiswa fashion design luar negeri