Kuliah di Tokyo Tech, Jepang dengan beasiswa GSEP MEXT

Info Beasiswa, 13 Okt 2022

Banyak yang ingin melanjutkan studi di Jepang. Selain sebagai negara maju di sektor ekonomi, Jepang juga memiliki keunggulan di sektor lainnya, salah satunya sektor pendidikan. Nah buat Hunters yang tertarik dengan negeri sakura ini, bisa loh liburan sambil melanjutkan pendidikan di sana.

Sebab, Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech) memberikan beasiswa untuk pelajar internasional yang ingin melanjutkan kuliah S-1 di bidang Teknik. Nama program beasiswanya adalah The Global Scientists and Engineers Program (GSEP) – MEXT. GSEP merupakan beasiswa untuk pelajar internasional yang tidak memiliki kemampuan bahasa Jepang, sehingga bahasa yang digunakan selama studi hanya bahasa Inggris.

Program ini akan menerima delapan pelajar internasional yang akan diterima sebagai penerima beasiswa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi (MEXT) hingga empat tahun, di samping sepuluh pelajar yang didanai swasta. Beasiswa ini meliputi biaya pendidikan, tunjangan bulanan sejumlah 120.000 Yen (untuk kurs saat ini berjumlah sekitar Rp 13.000.000), dan tiket pesawat ekonomi dari Indonesia ke Jepang.

Wah, menarik sekali yang Hunters? Akan tetapi, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu penuhi agar bisa mendaftar beasiswa GSEP-MEXT. Yuk simak informasi detailnya di bawah ini!

Persyaratan Umum

  1. Pelamar bukan warga negara Jepang.
  2. Pelamar harus berasal dari negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Jepang.
  3. Pelamar harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 24 tahun.
  4. Pelamar dari luar negeri harus sudah atau akan menyelesaikan 12 tahun pendidikan di sekolah reguler, atau lulus dari sekolah yang setara dengan Japanese High School sebelum tiba di Jepang. 

Dokumen yang Diperlukan

  1. Formulir aplikasi online GSEP.
  2. Salinan paspor.
  3. Fotokopi transkrip nilai resmi SMA.
  4. Fotokopi ijazah yang dikeluarkan oleh SMA pelamar.
  5. Fotokopi skor tes TOEFL, TOEIC, atau IELTS.
  6. Verifikasi pembayaran biaya aplikasi.

          Baca juga: Beasiswa MEXT-Undergraduate (Gakubu) untuk Kuliah di Jepang

Proses Pendaftaran

  1. Periksa pedoman aplikasi. Kelayakan bervariasi tergantung pada jenis beasiswa yang ditawarkan. Oleh karenanya, perlu merujuk ke panduan aplikasi untuk melihat detailnya.
  2. Siapkan dokumen aplikasi dan bayar biaya aplikasi. Pelamar harus memeriksa pedoman aplikasi, dan siapkan sertifikat serta dokumen lainnya yang dibutuhkan. Dokumen aplikasi harus menyertakan verifikasi pembayaran biaya aplikasi.
  3. Aplikasi online, isi item yang diperlukan pada formulir aplikasi online berikut dengan tanggal yang ditentukan. Pelamar harap mengunggah salinan pindaian atau versi digital dari dokumen aplikasi lain yang diperlukan ke sistem aplikasi online. Selanjutnya, pelamar diminta untuk menyelesaikan semua halaman aplikasi ini. Pelamar dapat menyimpan catatan dengan mengklik "lanjutkan nanti" di bagian atas setiap halaman dan kembali lagi nanti untuk menyelesaikannya. Lalu klik "kirim" pada halaman terakhir setelah menyelesaikan pengisian aplikasi. Silakan lengkapi aplikasi dalam bahasa Inggris, sebab jika menggunakan bahasa lain tidak akan dikenali.
  4. Dokumen yang diserahkan akan ditinjau oleh divisi penerimaan dan profesor TSE. Hasil review akan diumumkan di halaman web resmi.
  5. Pelamar yang lulus penyaringan awal akan diwawancarai oleh profesor GSEP dan mengikuti ujian tertulis yang meliputi matematika, fisika, dan kimia sekolah menengah. Rincian akan dikirim setelah lolos penyaringan awal.
  6. Hasil akan diumumkan di halaman web resmi. Pertanyaan melalui email tidak akan diterima.
  7. Pelamar yang berhasil akan memulai prosedur pendaftaran pada akhir Maret, dan semester musim semi akan dimulai pada 1 April.

Beasiswa ini diharapkan agar pelajar memiliki minat dan pikiran terbuka untuk menyelesaikan masalah global melalui sains dan teknik. Beasiswa ini dibuka pada bulan Agustus – September. Bagi kamu yang tertarik, boleh persiapkan dokumen dan pemberkasannya ya.

        Baca juga: Mau Kuliah di Jepang? Intip 5 Kampus Terbaik di Jepang

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

beasiswa GSEP MEXT