Beasiswa GSEP MEXT untuk Kamu yang Ingin Kuliah di Tokyo Tech

Melanjutkan studi di Jepang merupakan impian banyak orang. Selain sebagai negara maju di sektor ekonomi, Jepang juga memiliki keunggulan di sektor lainnya, salah satunya sektor pendidikan. Nah, buat Hunters yang tertarik dengan negeri sakura ini, bisa loh liburan sambil melanjutkan pendidikan di sana. Terlebih dengan beberapa fasilitas program bantuan dana pendidikan untuk mahasiswa internasional, salah satunya Beasiswa GSEP MEXT.

Akan tetapi, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu penuhi agar bisa mendaftar Beasiswa GSEP MEXT. Yuk, simak informasi detailnya di bawah ini!

 

Selayang pandang Beasiswa GSEP MEXT

Beasiswa GSEP MEXT. diberikan oleh Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech) memberikan beasiswa untuk pelajar internasional yang ingin melanjutkan kuliah S1 di bidang Teknik. Beasiswa GSEP MEXT atau The Global Scientists and Engineers Program (GSEP). Beasiswa GSEP MEXT juga merupakan beasiswa untuk pelajar internasional yang tidak memiliki kemampuan bahasa Jepang, sehingga bahasa yang digunakan selama studi hanya bahasa Inggris.

 

Siapa yang cocok mendaftar Beasiswa GSEP MEXT?

Beasiswa GSEP MEXT menerima delapan pelajar internasional yang akan diterima sebagai penerima beasiswa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi (MEXT) hingga empat tahun, di samping sepuluh pelajar yang didanai swasta.

Penerima Beasiswa GSEP MEXT nantinya akan menjadi bagian dari Department of Transdisciplinary Science and Engineering yang terdiri dari bidang studi sains, teknik dan manajemen. Nah bagi kamu yang enjoy dan memiliki passion untuk mencoba beberapa program transdisipliner dari

Tokyo Tech, Beasiswa GSEP MEXT menjadi salah satu jalan yang bisa kamu coba! Wah, menarik sekali yang Hunters? Akan tetapi, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu penuhi agar bisa mendaftar beasiswa GSEP-MEXT. Yuk simak informasi detailnya di bawah ini!

 

Kenal lebih jauh tentang Tokyo Institute of Technology

Tokyo Institute of Technology atau biasa dipanggil Tokyo Tech, merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik ke-3 di Jepang dan ke-55 dunia menurut QS World University Rankings. 

Universitas yang telah berdiri selama 130 tahun di kota Ookayama, Jepang telah menciptakan banyak alumni dunia. Salah satunya adalah Panut Mulyono, seorang guru besar di optimasi sistem teknik kimia sekaligus Rektor Universita Gadjah Mada. Beberapa fakultas yang disediakan oleh Tokyo Tech antara lain:

  1. School of Science;
  2. School of Engineering;
  3. School materials and Chemical Technology;
  4. School of Environment and Society;
  5. School of Life Science and Technology;
  6. School of Computing;
  7. Institute for Liberal Arts.

 

Selain itu, Tokyo Tech juga dikenal dengan program transdisplinary-nya dan menjadi salah satu tujuan Beasiswa GSEP MEXT. Informasi untuk bidang studi yang ditawarkan oleh Department of Transdisciplinary Science and Engineering bisa kamu lihat di sini.

 

Manfaat Beasiswa GSEP MEXT

Menjadi salah satu program kuliah di Jepang, Beasiswa GSEP  memberikan beberapa fasilitas biaya pendidikan, tunjangan bulanan sejumlah 120.000 Yen (untuk kurs saat ini berjumlah sekitar Rp 13.000.000), dan tiket pesawat ekonomi dari Indonesia ke Jepang. Selain beberapa fasilitas tersebut, tentunya kamu akan mendapatkan jejaring internasional dan program pengembangan diri lainnya dari Beasiswa GSEP.

 

Persyaratan umum Beasiswa GSEP MEXT 

  1. Pelamar bukan warga negara Jepang;
  2. Pelamar harus berasal dari negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Jepang;
  3. Pelamar harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 24 tahun;
  4. Pelamar dari luar negeri harus sudah atau akan menyelesaikan 12 tahun pendidikan di sekolah reguler, atau lulus dari sekolah yang setara dengan Japanese High School sebelum tiba di Jepang.

 

Dokumen yang diperlukan Beasiswa GSEP MEXT 

  1. Formulir aplikasi online GSEP;
  2. Salinan paspor;
  3. Fotokopi transkrip nilai resmi SMA;
  4. Fotokopi ijazah yang dikeluarkan oleh SMA pelamar;
  5. Fotokopi skor tes TOEFL, TOEIC, atau IELTS;
  6. Verifikasi pembayaran biaya aplikasi.

 

Baca juga: Beasiswa MEXT 2023 di Jepang

 

Tertarik dengan beasiswa GSEP dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

Proses pendaftaran Beasiswa GSEP MEXT  

  1. Periksa pedoman aplikasi. Kelayakan bervariasi tergantung pada jenis beasiswa yang ditawarkan. Oleh karenanya, perlu merujuk ke panduan aplikasi untuk melihat detailnya.
  2. Siapkan dokumen aplikasi dan bayar biaya aplikasi. Pelamar harus memeriksa pedoman aplikasi, dan siapkan sertifikat serta dokumen lainnya yang dibutuhkan. Dokumen aplikasi harus menyertakan verifikasi pembayaran biaya aplikasi.
  3. Aplikasi online, isi item yang diperlukan pada formulir aplikasi online berikut dengan tanggal yang ditentukan. Pelamar harap mengunggah salinan pindaian atau versi digital dari dokumen aplikasi lain yang diperlukan ke sistem aplikasi online. Selanjutnya, pelamar diminta untuk menyelesaikan semua halaman aplikasi ini. Pelamar dapat menyimpan catatan dengan mengklik “lanjutkan nanti” di bagian atas setiap halaman dan kembali lagi nanti untuk menyelesaikannya. Lalu klik “kirim” pada halaman terakhir setelah menyelesaikan pengisian aplikasi. Silakan lengkapi aplikasi dalam bahasa Inggris, sebab jika menggunakan bahasa lain tidak akan dikenali.
  4. Dokumen yang diserahkan akan ditinjau oleh divisi penerimaan dan profesor TSE. Hasil review akan diumumkan di halaman web resmi.
  5. Pelamar yang lulus penyaringan awal akan diwawancarai oleh profesor GSEP dan mengikuti ujian tertulis yang meliputi matematika, fisika, dan kimia sekolah menengah. Rincian akan dikirim setelah lolos penyaringan awal.
  6. Hasil akan diumumkan di halaman web resmi. Pertanyaan melalui email tidak akan diterima.
  7. Pelamar yang berhasil akan memulai prosedur pendaftaran pada akhir Maret, dan semester musim semi akan dimulai pada 1 April.

Beasiswa ini diharapkan agar pelajar memiliki minat dan pikiran terbuka untuk menyelesaikan masalah global melalui sains dan teknik. Beasiswa ini dibuka pada bulan Agustus–September. Bagi kamu yang tertarik, boleh persiapkan dokumen dan pemberkasannya, ya.

 

Baca juga: Mau Kuliah di Jepang? Intip Beasiswa Tokyo International University

 

Rekomendasi bimbingan persiapan Beasiswa GSEP MEXT

Ingin lolos beasiswa GSEP MEXT? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa GSEP MEXT? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

beasiswa gsep mext

Sumber:

  1. Website resmi beasiswa MEXT. www.id.emb-japan.go.jp