Melanjutkan Pendidikan Doktoral dengan Beasiswa IST Austria

Info Beasiswa, 27 Okt 2022

Beasiswa IST Austria adalah program beasiswa fully funded yang diberikan kepada pelajar internasional yang berminat untuk melanjutkan pendidikan doktoral (PhD) di Institute of Science and Technology Austria – sebuah institusi penelitian yang didirikan pada tahun 2006 oleh Pemerintah Austria. IST Austria sendiri berlokasi 25 menit di luar Vienna, ibukota Austria yang terkenal sebagai rumah berbagai musisi klasik seperti Beethoven dan Bach.   

IST Austria menerima pelamar dari berbagai bidang ilmu termasuk di antaranya biology, chemistry, neuroscience, mathematics, computer science, physics, data science and scientific computing dan bidang lainnya yang relevan. Program PhD di IST Austria biasanya berlangsung selama 5 (lima) tahun, tergantung dari perkembangan penelitian masing-masing peneliti.

Tidak ada batasan GPA atau skor bahasa Inggris yang ditetapkan untuk program beasiswa ini. Meskipun demikian, penerima beasiswa ini pada umumnya memiliki pencapaian akademik dan skor bahasa Inggris yang baik, baik secara tertulis maupun lisan, mengingat seluruh program dilaksanakan dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama. Selain itu, program ini juga tidak memiliki batasan usia.

Cakupan Beasiswa IST Austria

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Pembebasan biaya kuliah
  2. Mengingat penerima beasiswa akan memiliki status sebagai peneliti di IST Austria, maka masing-masing penerima beasiswa akan menerima gaji sebagai peneliti senilai kurang lebih 2336 Euro sampi 2838 Euro per bulan (gaji akan dibayarkan sebanyak 14 kali setiap tahunnya). 
  3. Biaya jaminan sosial
  4. Biaya perjalanan terkait pelaksanaan riset dan partisipasi dalam konferensi atau workshop akademik
  5. Untuk membantu pelajar internasional beradaptasi dalam kehidupan sehari-hari di Austria, IST Austria juga menyediakan kelas bahasa Jerman gratis bagi penerima beasiswa

          Baca Juga: Daftar Beasiswa S-3 Melalui LPDP

Persyaratan Beasiswa

Beberapa dokumen pendukung yang diperlukan untuk mendaftar program beasiswa ini antara lain:

  1. CV terbaru.
  2. Statement of Purpose sepanjang kurang lebih 1-2 halaman, berisi pengalaman penelitian dan motivasi untuk mendaftar di program PhD IST Austria. Di dalam statement of purpose ini juga perlu disebutkan 3 (tiga) kelompok riset di ISTA yang paling menarik untuk rencana penelitian selanjutnya. Pada tahap pendaftaran awal, pendaftar tidak perlu menghubungi calon supervisor terlebih dahulu.
  3. Ijazah dan transkrip seluruh jenjang pendidikan sebelumnya
  4. 3 (tiga) pemberi rekomendasi (referee) yang dapat dihubungi. Secara umum, pemberi rekomendasi adalah seseorang yang mengetahui kemampuan akademik dan pengalaman penelitian pendaftar seperti dosen pembimbing tesis, professor, asisten professor dan lain sebagainya. Pemberi rekomendasi diharuskan untuk mengunggah surat rekomendasi ke dalam sistem pendaftaran.

beasiswa s2 fully funded

Seluruh dokumen di atas harus diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris (ijazah dan transkrip juga harus menyertakan dokumen dalam bahasa asli). Seluruh dokumen juga perlu diunggah ke dalam portal pendaftaran yang sudah disediakan. 

          Baca Juga: Kuliah di Eropa dengan Beasiswa Erasmus

Timeline Pendaftaran

Program beasiswa IST Austria biasanya dibuka satu kali setiap tahunnya. Timeline pendaftaran untuk program beasiswa ini adalah sebagai berikut :

  • Pendaftaran dibuka : Pertengahan bulan Oktober setiap tahunnya
  • Pendaftaran ditutup : Awal bulan Januari setiap tahunnya
  • Seleksi awal : Akhir bulan Januari
  • Wawancara seleksi : Akhir Februari – Akhir Maret
  • Seleksi akhir dan pengumuman hasil seleksi : April – Mei
  • Program Phd dimulai : Pertengahan September

Siap Mendaftar Beasiswa S-3 Austria?

Masih ragu untuk melanjutkan pendidikan S-3 di luar negeri?     ->     Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu?     ->     Dapatkan program terbaik di Schoters!

beasiswa s2 fully funded