fbpx

Kuliah S2/S3 di Korea Selatan dengan Beasiswa KAIST

Info Beasiswa

Scholarship Hunters, Annyeonghaseyo! Sudah siap belum daftar beasiswa kuliah di Korea Selatan? Kali ini KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology) membuka kesempatan beasiswa untuk jenjang S2 dan S3 loh! KAIST adalah universitas nomor satu di Korea Selatan untuk bidang Sains dan Teknologi. Yuk, simak informasi terkait beasiswa di KAIST ini agar kamu dapat segera mendaftar!

Kenalan dengan KAIST

KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology) adalah universitas riset nasional pertama yang didirikan pemerintah Korea pada tahun 1971. KAIST secara umum dikenal sebagai universitas paling bergengsi di Korea Selatan. Kampus ini memiliki ranking 39 di QS Global World Rankings 2021, ranking 9 di QS Asian University, ranking 17 QS WU in Electronic and Electric Engineering, dan ranking 19 QS in Material Sciences.

Kampus utama KAIST terletak di Daejeon, 160 km sebelah selatan Seoul, ibu kota Korea Selatan. Daejeon, dengan populasi sekitar 1,5 juta, berfungsi sebagai pusat sains dan inovasi. Lebih dari 200 lembaga penelitian, termasuk fasilitas Litbang dari sektor publik dan swasta terletak di Kota Sains Daedeok di Daejeon, yang disebut sebagai Daedeok Innopolis.

KAIST menyediakan beasiswa penuh untuk mahasiswa yang berhasil diterima di sana. Dalam artikel ini, akan dijelaskan apa saja informasi penting yang diperlukan agar kamu dapat mendaftar beasiswa S1 KAIST.

Cakupan Beasiswa KAIST

Pada persyaratan di atas, terdapat form keterangan sumber pembiayaan. Kamu dapat memilih antara “KAIST Scholarship” atau “Sponsorship” di bagian tersebut. Jika kamu tidak disponsori biaya oleh organisasi atau pemerintah, maka kamu bisa memilih “KAIST Scholarship” yang mencakup fasilitas berikut:

  • Biaya kuliah penuh
  • Tunjangan biaya hidup sebesar 350,000 won/bulan untuk jenjang S2 dan 400,000 won untuk jenjang S3
  • Asuransi kesehatan medis
  • Biaya tambahan penelitian

Kriteria Pesyaratan Beasiswa KAIST

  1. Pendaftar yang ingin melanjutkan gelar Master harus memiliki gelar Sarjana (S1) dan pelamar yang ingin melanjutkan gelar PhD harus memiliki gelar Master (S2) sebelum periode Februari 2022.
  2. Pendaftar BUKAN warga negara Korea
  3. Penerima beasiswa KAIST harus menjaga IPK minimal 2.70 dari 4.30 selama belajar di KAIST

Timeline Pendaftaran

Tiap tahunnya periode pendaftaran KAIST International Graduate Admission dilaksanakan di bulan-bulan berikut.

  • Spring semester: Agustus-September
  • Fall semester (Early): Desember-Januari
  • Fall semester (Regular): Maret-April.

Setelah mengirim berkas, pihak KAIST akan menyeleksi pada tahap dokumen terlebih dahulu.  Kemudian jika kamu terpilih akan mendapatkan email panggilan interview untuk melanjutkan ke tahap wawancara.

Perlu diingat ya, Hunters, jangan mendaftar atau mengirim dokumen terlalu mepet dengan deadline dan perhatikan batas waktu yang harus disesuaikan dengan waktu lokal Korea. Jika kamu perlu bantuan dalam mempersiapkan berbagai dokumennya, hubungi Schoters, ya! Para expert di Schoters siap membantumu.

Biaya Pendaftaran

Dalam menyelesaikan pendaftaran, kamu perlu membayar sebesar USD 80 atau KRW 80,000. Pembayaran dapat dilakukan dengan kartu kredit atau transfer bank setelah menulis formulir pendaftaran online. Biaya tambahan (seperti biaya transfer bank) ditanggung sendiri oleh pelamar beasiswa.

PENTING! Biaya pendaftaran tidak dapat dikembalikan dan kamu tidak bisa mengubah application form setelah membayar.

Tertarik buat melanjutkan studi di kampus teknik terbaik di Korea ini? Oh iya, kalian juga bisa ikutan bimbingan persiapan beasiswa S2 KAIST dengan para mentor expert Schoters lulusan kampus Korea Selatan loh! Biar persiapan lebih matang, kalian juga bisa ikut latihan simulasi interview beasiswa hingga pengecekan dokumen bersama mentor kami. Good luck, Hunters untuk persiapannya!

Pin It on Pinterest

Share This