Mengenal Beasiswa Knight-Hennessy Stanford

Beasiswa Knight-Hennessy Stanford (KHS) adalah program beasiswa yang diberikan kepada pelajar internasional yang berminat melanjutkan studi di tingkat pascasarjana selama periode studi maksimal 3 (tiga) tahun di Stanford University, baik untuk program Juris Doctor (JD), Master of Arts (MA), Master of Business Administration, Doctor of Medicine (MD), Master of Fine Arts (MFA), Master of Science (MS), Doctor of Musical Arts (DMA) dan Doctor of Philosophy (PhD), termasuk program joint dan dual degrees.

Beasiswa Knight-Hennessy Stanford ini juga terbuka untuk program studi di seluruh fakultas di Stanford University, termasuk di antaranya Graduate School of Business, Graduate School of Education, School of Engineering, School of Humanities and Sciences, School of Law, School of Medicine dan Stanford Doerr School of Sustainability.

 

Baca juga: Bedah Kampus dan Fakta Menarik Stanford University 

 

Cakupan Beasiswa Knight-Hennessy Stanford

Beasiswa Knight-Hennessy Stanford mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  1. Biaya kuliah;
  2. Biaya hidup dan biaya akademis lainnya (seperti kamar, buku, perlengkapan belajar, materi kuliah, transportasi lokal dan pengeluaran pribadi lainnya yang masih diperbolehkan sesuai ketentuan);
  3. Biaya penerbangan PP dari Stanford University sebanyak 1 (satu) kali selama periode studi;
  4. Mahasiswa baru juga menerima tunjangan relokasi dan pembelian teknologi;
  5. Mahasiswa di tahun kedua dan ketiga juga bisa mendaftar untuk mendapatkan tunjangan tambahan untuk kegiatan akademis seperti tunjangan konferensi.

 

Persyaratan Beasiswa Knight-Hennessy Stanford

Selain mendaftar sebagai penerima Beasiswa Knight-Hennessy Stanford, mahasiswa juga harus mendaftar sebagai mahasiswa penuh waktu di salah satu program studi tingkat pasca sarjana di Stanford University. Untuk memenuhi persyaratan ini, pendaftar dapat memenuhi 1 (satu) dari 4 (empat) kriteria di bawah ini:

  1. Calon mahasiswa sudah mendaftar ke program KHS dan salah satu program pascasarjana penuh waktu di Stanford University secara terpisah namun pada saat yang bersamaan sehingga apabila diterima, program studi dan beasiswa dapat berjalan di waktu yang sama.
  2. Calon mahasiswa sudah mendapatkan tawaran sebagai mahasiswa pascasarjana penuh waktu di Stanford University dan mendapatkan izin untuk menunda periode studi (deferred admission) sehingga dapat mendaftar program KHS supaya dapat dimulai pada waktu yang bersamaan.
  3. Pendaftar adalah mahasiswa pascasarjana Stanford University yang akan mendaftar ke program pascasarjana penuh waktu kedua di Stanford University sehingga program KHS dan program studi yang baru dapat dimulai pada waktu yang bersamaan.
  4. Pendaftar adalah mahasiswa pascasarjana tahun pertama di Stanford University dan akan mendaftar KHS untuk membiayai program pascasarjana untuk tahun kedua dan selanjutnya.

 

Meskipun program studi ini terbuka untuk hampir seluruh program pascasarjana di Stanford University, program beasiswa ini tidak berlaku untuk:

  1. Pendaftar program Honors Cooperative Program;
  2. Pendaftar program Master of Liberal Arts;
  3. Pendaftar program Doctor of Science of Law;
  4. Mahasiswa Stanford University yang terdaftar di program pascasarjana coterminal;
  5. Mahasiswa PhD Stanford University yang ingin menambah program MA atau MS di jurusannya yang sekarang.

 

Pelamar juga diharuskan sudah lulus dari jenjang Sarjana maksimal 7 (tujuh) tahun sebelum pendaftaran dibuka

 

Dokumen yang diperlukan

Beberapa dokumen yang diperlukan untuk mendaftar program beasiswa Knight-Hennessy antara lain:

  1. Formulir pendaftaran aplikasi;
  2. Resume;
  3. Transkrip dan hasil tes terstandarisasi yang dapat membuktikan kemampuan pendaftar untuk mengikuti pendidikan pascasarjana di Stanford University (termasuk di antaranya hasil tes IELTS). Hasil ini hanya disertakan dalam dokumen pendaftaran KHS apabila program studi yang dituju juga meminta hasil tes terstandarisasi;
  4. Surat rekomendasi dari 2 (dua) orang pemberi rekomendasi – bisa dari akademisi, komunitas atau professional. Sistem akan mengirimkan tautan khusus kepada pemberi rekomendasi agar surat rekomendasi bisa diunggah langsung oleh pemberi rekomendasi di dalam sistem;
  5. Short answers dan essay. Pendaftar diminta untuk menuliskan jawaban untuk 3 (tiga) pertanyaan pendek dalam formulir pendaftaran sebanyak 150-250 kata dan essay pendaftaran sebanyak maksimal 600 kata.

 

Program ini umumnya dibuka dari bulan Juli–November setiap tahunnya.

 

Baca juga: Beasiswa Global UGRAD: Info Pertukaran Pelajar ke Amerika Terbaru!

 

Siap mendaftar Beasiswa Knight-Hennessy Stanford?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

Beasiswa Knight-Hennessy Stanford

Sumber :

1. Website resmi Knight-Hennessy.https://knight-hennessy.stanford.edu/