fbpx

Beasiswa LPDP 2021 Dibuka; Programnya Diperluas!

Siapa yang sudah menunggu-nunggu pendaftaran beasiswa LPDP 2021 dibuka?

Kabar gembira! Tahun 2021, beasiswa kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini hadir dengan program yang lebih luas dari tahun sebelumnya. Perluasan program ini diharapkan dapat menciptakan lebih banyak SDM Indonesia yang unggul, memiliki kompetensi global, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Yups, perluasan program ini bakal menambah ruang lingkup dan sasaran penerima beasiswa, lho! Kini tak hanya terbatas pada beasiswa S2 dan S3 saja, LPDP 2021 memungkinkan kamu mendaftar beasiswa untuk jenjang S1, pertukaran mahasiswa, program non-degree, hingga program kebudayaan, baik di luar maupun di dalam negeri.

Penasaran dengan kategori, ketentuan, dan jadwal beasiswa LPDP 2021? Simak artikel ini sampai tuntas, ya!

Perluasan Program Beasiswa LPDP
Sumber gambar: https://setkab.go.id/merdeka-belajar-episode-10-kolaborasi-ciptakan-sdm-unggul-melalui-perluasan-program-beasiswa/

 

Kategori Beasiswa LPDP 2021

Pada tahun sebelumnya, LPDP memiliki 3 kategori beasiswa, yaitu:

Beasiswa Afirmasi

  1. Beasiswa Daerah Afirmasi
  2. Beasiswa Indonesia Timur
  3. Beasiswa Penyandang Disabilitas
  4. Beasiswa Prasejahtera Berprestasi
  5. Beasiswa Alumni Bidikmisi
  6. Beasiswa Prestasi Olahraga Internasional
  7. Beasiswa Prestasi Seni Internasional
  8. Beasiswa Santri

Beasiswa Targeted 

  1. Beasiswa PNS/TNI/POLRI
  2. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) / Beasiswa Pendidik
  3. Beasiswa Olimpiade Internasional

Beasiswa Umum

  1. Beasiswa Reguler (S2/S3)
  2. Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (S2/S3) 
  3. Beasiswa Dokter Spesialis
  4. Beasiswa Disertasi

 

Sedangkan pada tahun ini terdapat tambahan 6 kategori baru, yaitu:

Kampus Merdeka

  1. Kampus Mengajar: beasiswa untuk mahasiswa S1 yang melakukan asistensi mengajar di SD, SMP, atau SMA selama 1 semester yang bertujuan untuk meningkatkan skor Programme for International Student Assessment (PISA) siswa Indonesia. 
  2. Magang dan Studi Independen Bersertifikat (microcredentials): beasiswa untuk mahasiswa yang melakukan magang/kerja praktik di perusahaan dan organisasi pilihan selama 1 semester.
  3. Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA): beasiswa untuk mahasiswa S1 yang belajar  di perguruan tinggi luar negeri terpilih selama 1-2 semester. 
  4. Pertukaran Mahasiswa Merdeka: beasiswa untuk mahasiswa S1 yang melakukan pertukaran ke perguruan tinggi dalam negeri selama 1 semester. 

Program Dosen dan Tenaga Kependidikan

  1. Beasiswa Dosen Reguler (S2 dan S3)
  2. Riset Keilmuan 
  3. Magang di Industri 
  4. Magang di Perguruan Tinggi Kelas Dunia

Program Guru dan Tenaga Kependidikan

  1. Beasiswa S2 Guru (Dalam/Luar Negeri)
  2. Sertifikasi Guru (microcredentials
  3. Beasiswa S3 Guru (Dalam Negeri) 

Program Vokasi

  1. Magang di Industri Guru SMK
  2. Beasiswa S1 Guru SMK
  3. Beasiswa Kegiatan Dosen Vokasi di Luar Kampus
  4. Sertifikasi, Magang, dan Pelatihan Dosen & Tendik Vokasi 
  5. Beasiswa Dosen Vokasi S2 & S3 (Dalam/Luar Negeri) 
  6. Riset Keilmuan Terapan di Dalam Negeri 

Program Prestasi

  1. Beasiswa S1 Prestasi Talenta (Dalam/Luar Negeri): beasiswa untuk siswa SMA berprestasi nasional dan internasional di bidang akademik dan non-akademik, serta kategori peserta didik pra sejahtera/miskin yang berhasil diterima untuk melanjutkan studi S1 di perguruan tinggi pilihan. 
  2. Beasiswa S2 Prestasi Talenta (Dalam/Luar Negeri): beasiswa untuk mahasiswa berprestasi nasional dan internasional di bidang akademik dan non-akademik, serta kategori peserta didik pra sejahtera/miskin yang berhasil diterima untuk melanjutkan studi S2 di perguruan tinggi pilihan. 

Beasiswa Kebudayaan

  1. Beasiswa Pelaku Budaya S1 (Dalam Negeri): beasiswa jenjang sarjana yang diperuntukkan bagi warga negara Republik Indonesia yang aktif di bidang kebudayaan.
  2.  Beasiswa Pelaku Budaya S2 (Dalam/Luar Negeri) dan S3 (Dalam/Luar Negeri): beasiswa jenjang magister dan doktoral yang diperuntukkan bagi warga negara Republik Indonesia yang aktif di bidang kebudayaan.

 

Banyak juga, ya, programnya?

Tenang, kalau masih bingung, kamu bisa konsultasi ke mentor Schoters, kok!

Mentor Schoters yang berasal dari alumni berbagai beasiswa (termasuk LPDP) bakal bimbing kamu mulai dari memilih jurusan, beasiswa, destinasi negara, hingga persiapan dokumen dan wawancara.

 

Persyaratan Umum 

Secara umum, beasiswa ini diperuntukkan khusus untuk Warga Negara Indonesia (WNI). Terkait berkas dan ketentuannya akan berbeda pada masing-masing program. Sebagai gambaran, Schoters akan cantumkan persyaratan “Beasiswa Prestasi Talenta S1 Dalam Negeri” berikut:

  1. Menyerahkan salinan KTP.
  2. Memiliki integritas kebangsaan sebagai Pelajar Pancasila calon penerus masa depan bangsa.
  3. Menyerahkan Surat Keterangan sehat jasmani dan bebas NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat Adiktif).
  4. Telah tercatat sebagai pemenang juara 1 (emas), 2 (perak) dan 3 (perunggu) pada lomba/kompetisi/Festival tingkat internasional dan nasional dalam 4 (empat) bidang pengembangan talenta.
  5. Telah menyelesaikan studi pada pendidikan menengah sederajat atau sedang melaksanakan studi pada Perguruan Tinggi tertentu sampai dengan Semester IV.
  6. Memperoleh Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari Perguruan Tinggi bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi dan Surat Keterangan sebagai mahasiswa aktif di Perguruan Tinggi bersangkutan. 
  7. Transkrip akademik bagi mahasiswa on going (Persyaratan IPK untuk Sains, Riset dan Teknologi = 3,25 dan untuk 3 (tiga) jenis bidang lainnya = 2,75 pada skala 4) 
  8. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran secara online
  9. Menyusun tulisan yang terdiri dari personal statement.
  10. Pendaftar beasiswa yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa tidak dapat mengajukan perpindahan PT tujuan dan program studi tujuan (dibuka terbatas) terkecuali apabila terdapat kendala yang bukan masalah akademis antara lain Perguruan Tinggi ditutup karena sesuatu hal dan/atau lainnya serta diketahui oleh Pengelola Beasiswa.
  11. Beasiswa diberikan pada kategori jalur reguler, jalur afirmasi, dan jalur disabilitas. Mengenai ketentuan tambahan tentang jalur afirmasi akan disusun lebih lanjut sebagai persyaratan seleksi oleh Pengelola Beasiswa. 
  12. Melampirkan surat keterangan yang menyatakan jenis kekhususan dari Rumah sakit atau Dokter Spesialis (untuk calon Mahasiswa Difabel).
  13. Melampirkan surat persetujuan dari orang tua tanda tangan di atas materai 10.000 (untuk calon mahasiswa Difabel).
  14. Calon Mahasiswa Difabel yang dapat mengajukan beasiswa ini yaitu Tuna Netra, Tuna Rungu, Tuna Wicara, dan Tuna Daksa.
  15. Ketentuan batas usia mendaftar pada tanggal 31 Desember di tahun pendaftaran yaitu paling tinggi berusia 22 tahun.

 

Sekali lagi, kamu harus tetap mengecek persyaratan sesuai dengan pilihan program beasiswa yang kamu inginkan, ya! Jangan sampai ada persyaratan yang salah atau kurang.

Baca juga: Tips Beasiswa LPDP 2021, Apa yang Harus Disiapkan?

Jadwal Pendaftaran dan Seleksi LPDP 2021

Timeline pendaftaran dan seleksi masing-masing program beasiswa pun akan berbeda. Namun, berikut Schoters cantumkan timeline “Beasiswa Prestasi Talenta” sebagai gambaran umum:

  1. Sosialisasi : April 2021
  2. Pendaftaran : Mei 2021
  3. Seleksi Administrasi : Juni 2021
  4. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi : Akhir Juni 2021
  5. Seleksi Substansi : Juli 2021
  6. Pengumuman Hasil Seleksi Substansi : Akhir Juli 2021

Catat ya, Hunters, pendaftaran LPDP 2021 dibuka pada tanggal 2 MEI 2021! Informasi terkait pedoman dan pendaftaran masing-masing program dapat dilakukan di laman beasiswa LPDP  atau laman beasiswa Kemdikbud

 

Setelah mengetahui update terbaru LPDP 2021, program apa yang menjadi pilihan beasiswamu? 

Apapun pilihannya, Schoters siap membantumu mempersiapkan & meraih beasiswa impian! Yuk, curi start persiapan mulai dari sekarang dengan klik di sini! 

0
X