fbpx

Informasi Beasiswa Luar Negeri Terbaru 2022

Info Beasiswa

Scholarship Hunters, berminat untuk lanjut kuliah di luar negeri di tahun 2022? Tidak usah khawatir karena banyak sekali beasiswa yang sedang buka ataupun akan segera buka untuk periode pendaftaran tahun ajaran tahun 2022 nanti. Jika Hunters ingin melanjutkan studi dengan cuma-cuma dan ditambah dengan tunjangan beasiswa lainnya, simak info menarik dari Schoters berikut ini

Ragam Jenis Beasiswa Luar Negeri

1. Beasiswa Prestasi

Jika kamu memiliki prestasi akademis yang baik, kamu bisa coba mendaftar beasiswa prestasi. Beasiswa prestasi umumnya menilai dari  Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan prestasi akademis selama kuliah atau sekolah. Selain itu, prestasi yang diraih saat bergabung di organisasi atau ekstrakurikuler juga bisa menjadi indikator penilaian beasiswa ini ya, Hunters.

2. Beasiswa Riset

Beasiswa ini diberikan kepada mereka yang akan melakukan penelitian dengan topik riset tertentu. Beasiswa ini dapat dalam bentuk kuliah yang didasari dengan research-based atau pendanaan penelitian terkait bidang studi yang sedang dijalani. Kebanyakan beasiswa riset ini diberikan oleh kampus atau instansi terkait penelitian yang akan dikembangkan.

3. Beasiswa Non-Akademis

Beasiswa ini ditujukan untuk penerima beasiswa yang berprestasi di bidang non-akademis, seperti olahraga maupun di bidang kepemimpinan atau leadership skill. Indikator penilaian dari beasiswa ini biasanya berdasarkan prestasi dari kompetisi-kompetisi yang pernah kamu ikuti ataupun dari prestasi di komunitas tertentu.

Alasan Kenapa Kuliah di Luar Negeri

Setelah mengetahui beberapa jenis beasiswa diatas, tentunya Hunters juga perlu tahu mengapa Hunters memilih untuk berkuliah diluar negeri dan mengambil kesempatan beasiswa untuk meringankan biaya selama kuliah di luar negeri. Berikut beberapa alasan mengapa Hunters harus memilih kuliah di luar negeri :

1. Memperkaya Ilmu

Dengan kuliah di luar negeri, kamu akan diperkaya dan diasah dengan ilmu yang umumnya tidak terlalu sering dipakai tidak ada di Indonesia, seperti kemampuan berbahasa asing sehari-hari dan mengasah intrapersonal skill lainnya. Tak hanya itu,  kuliah di luar negeri juga dapat memperluas kesempatan berkarir di luar negeri pula.

2. Meningkatkan Skill Interpersonal

Bertemu dengan mahasiswa/i asing dengan berbagai latar belakang negara, budaya, suku, ras, dan agama yang berbeda dapat memaksa kamu secara tidak langsung untuk berkomunikasi dengan mereka. Seiring dengan berjalannya waktu, kamu akan terbiasa dan menjadi lebih percaya diri sehingga kemampuan interpersonal pun juga akan semakin terasah.

3. Menemukan Jati Diri

Hidup sendiri di negara orang lain mau tidak mau memaksa diri kamu untuk  keluar dari comfort zone. Kamu akan banyak menemui hal baru dan perlahan mulai dari kebiasaan hingga ketertarikan baru akan muncul di kehidupan kamu. Setelah proses panjang menjalani hal baru dan banyak bertemu orang baru, kamu akan menentukan dan menemukan diri kamu yang sebenarnya.

 

persiapan beasiswa luar negeri

 

Cara Dapat Beasiswa di Luar Negeri

Persiapan yang bisa dilakukan agar dapat beasiswa di luar negeri mencakup:

  1. Pencarian informasi seputar beasiswa dan pendaftaran
  2. Memenuhi kelengkapan dokumen yang telah ditentukan oleh masing-masing lembaga
  3. Membuat timeline persiapan dari jauh-jauh hari

Baca juga: 5 Cara Ampuh Dapat Beasiswa di Luar Negeri

Rekomendasi Beasiswa Luar Negeri di Beberapa Negara 

  • Amerika Serikat: Fulbright Scholarship (S-2)
  • Inggris: Chevening Scholarship (S-2)
  • Belanda: StuNed Scholarship (S-2)
  • Australia: Australia Award Scholarship (S-2)
  • Jerman: DAAD EPOS (S-2,S-3)
  • Jepang: MEXT(S-1 s/d S-3) 
  • Korea Selatan: Global Korea Scholarship (S-1 & S-2)
  • Cina: China Government Scholarship (S-1 & S-2)
  • Turki: Turkiye Burslari Scholarship (S-1 & S-2)

 

Tips Agar Dapat Beasiswa Luar Negeri

Selanjutnya, Schoters akan berikan beberapa tips yang dapat Hunters pelajari agar bisa lolos mendapatkan beasiswa luar negeri. Berikut penjelasannya ya, Hunters.

1. Berikan Usaha Lebih 

Tentu niat dan tujuan yang baik saja tidak cukup untuk mengejar mimpi berkuliah di luar negeri. Hunters juga harus memberikan usaha yang lebih untuk bisa meraih mimpi tersebut. Dalam hal ini, Hunters harus berusaha mengulik informasi tentang beasiswa ke luar negeri, mengidentifikasi ketentuan dan persyaratan yang dibutuhkan, serta meningkatkan kemampuan diri yang mendukung, seperti meningkatkan kemampuan bahasa asing dari negara yang ingin kamu datangi.

2. Pantang Menyerah Raih Beasiswa ke Luar Negeri

Kesalahan yang lazim dilakukan oleh Hunters adalah terlalu cepat menyerah. Mulai saat ini, Hunters harus memahami bahwa failure is a process.

Kegagalan merupakan bagian dari proses untuk mencapai tujuan besar kita. Terlebih, mengejar beasiswa kuliah ke luar negeri dan bersaing dengan pelajar di seluruh penjuru dunia merupakan tujuan besar yang diimpikan banyak orang. Tujuan yang besar juga membutuhkan usaha dan tekad yang kuat.

“Gagal, coba lagi! Gagal lagi, coba terus!”

3. Persiapkan Secara Matang

Kesalahan lazim yang sering dilakukan Hunters adalah bermimpi tanpa aksi. Buat mimpimu menjadi kenyataan dengan melakukan aksi yang selaras dengan tujuan yang ingin kamu capai. Jangan setengah-setengah dan persiapkan secara matang rencana study abroad-mu dengan beasiswa ini. Jika Hunters merasa kesulitan dalam persiapan mendaftar beasiswa luar negeri, Hunters bisa coba berkonsultasi dengan mentor Schoters untuk mendiskusikan jurusan, universitas, negara, beasiswa  dan semuanya agar persiapan Hunters dapat lebih matang dan terarah. Tidak perlu ragu ya Hunters karena kamu akan dibimbing langsung oleh alumni lulusan kampus top dunia. Oh iya, Schoters sudah membimbing lebih dari 500 students yang lolos kuliah di luar negeri, lho. Yuk jika ingin info lebih lanjut silakan klik banner di bawah ini ya!

—————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————

Schoters adalah platform bimbingan persiapan beasiswa dan kuliah ke luar negeri terlengkap di Indonesia. Kami menyediakan layanan konsultasi persiapan beasiswa luar negeri, bimbingan bahasa asing, prediction test, penerjemah bahasa asing, dan lainnya.

Jika Hunters tertarik untuk mendapatkan layanan tersebut, segara konsultasikan dengan mentor experts Schoters yuk atau langsung klik banner di bawah ini. Selain itu, kalau Hunters  ingin tahu jadwal beasiswa lainnya, dapat cek di Kalender Beasiswa ya! Good luck Hunters!

 

Pin It on Pinterest

Share This