Beragam Beasiswa Malaysia Yang Menarik Untuk Dicoba

Beasiswa Malaysia menjadi salah satu beasiswa yang paling diincar para pelajar internasional. Sebab, beasiswa tersebut menjadi cara mereka untuk melanjutkan studi ke Malaysia dengan biaya gratis.

Ada banyak alasan yang mendorong banyak pelajar internasional memilih untuk melanjutkan studi di Malaysia. Salah satunya adalah biaya pendidikan yang lebih terjangkau dibandingkan negara-negara tujuan studi populer lainnya, seperti Australia, Inggris dan Amerika Serikat.

Selain itu, biaya hidup yang lebih rendah, kualitas pendidikan yang baik, lingkungan yang relatif lebih aman serta penggunaan bahasa Inggris dan Melayu secara luas di Malaysia, membuat Malaysia bisa menjadi salah satu alternatif destinasi studi impian bagi mahasiswa, khususnya yang datang dari Indonesia.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, biaya juga tidak perlu menjadi kendala. Sebab, ada banyak beasiswa dari pemerintah Malaysia yang bisa Hunters coba kalau kamu tertarik melanjutkan studi lebih lanjut di Malaysia. Lantas, apa saja program beasiswa Malaysia tersebut? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Rekomendasi beasiswa Malaysia bagi pelajar Indonesia

1. Malaysia Internasional Scholarship

Malaysia International Scholarship (MIS) adalah program beasiswa yang dibuka oleh Pemerintah Malaysia kepada pelajar internasional yang berminat melanjutkan pendidikan di jenjang pascasarjana, baik S2 maupun S3, di berbagai universitas di Malaysia. Beasiswa Malaysia ini juga terbuka bagi mahasiswa pascasarjana yang sedang menempuh studi di universitas negeri dan swasta yang sudah ditentukan di Malaysia.

Beasiswa MIS terbuka untuk 24 (dua puluh empat) universitas atau institusi perguruan tinggi di Malaysia dengan program studi prioritas sebagai berikut:

  1. Education;
  2. Arts and Humanities;
  3. Social sciences, Journalism and Information;
  4. Business, Administration and Law;
  5. Natural Sciences, Mathematics and Statistics;
  6. Information and Communication Technology;
  7. Engineering, Manufacturing and Construction;
  8. Agriculture, Forestry, Fisheries and Veterinary;
  9. Health and Welfare (tidak termasuk medicine, nursing dan pharmacy).

 

Cakupan beasiswa

Program beasiswa Malaysia ini hanya mencakup biaya kuliah dan biaya bulanan sebesar RM1500 atau setara Rp5.000.000. Biaya penerbangan menuju dan dari Malaysia ditanggung oleh penerima beasiswa.

 

Persyaratan beasiswa

Untuk dapat mendaftar program beasiswa Malaysia ini, beberapa persyaratan yang diperlukan antara lain:

  1. Berusia maksimal 40 tahun untuk pendaftar jenjang Master dan maksimal 45 tahun untuk pendaftar jenjang Ph.D. 

  2. Memiliki IPK atau CGPA (Cumulative Grade Point of Average) minimal 3.0 di jenjang Sarjana untuk pendaftar jenjang Master dan memiliki IPK atau CGPA minimal 3.0 di jenjang Master untuk pendaftar jenjang PhD.

  3. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang ditunjukkan dengan skor IELTS minimal 6.0/skor TOEFL-PBT minimal 550 atau dengan menunjukkan kualifikasi akademik pada jenjang pendidikan sebelumnya yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

  4. Menyampaikan proposal penelitian minimal 1000 kata dengan topik yang relevan dengan disiplin studi yang akan dipelajari.

 

Prosedur pendaftaran

Pelajar yang tertarik untuk mendaftar di program beasiswa ini dapat mendaftar dengan prosedur sebagai berikut :

  1. Mengakses formulir pendaftaran MIS melalui portal pendaftaran online.
  2. Mengunggah dokumen pendukung berikut dalam bentuk PDF ke portal pendaftaran. Adapun dokumen yang diperlukan adalah sebagai berikut:
    1. Formulir pendaftaran;
    2. Kopi paspor yang sudah dilegalisir dan masih berlaku dalam jangka waktu minimal 6 bulan sebagai bukti kewarganegaraan;
    3. Kopi transkrip nilai jenjang pendidikan sebelumnya yang sudah dilegalisir (sekaligus menyertakan kopi dokumen yang menjelaskan tentang sistem nilai di jenjang pendidikan sebelumnya);
    4. Bukti skor kemampuan bahasa Inggris (IELTS/TOEFL);
    5. 2 (dua) buah surat rekomendasi;
    6. Endorsement form;
    7. Admission Letter dari universitas atau institusi perguruan tinggi di Malaysia (Jika ada);
    8. Curriculum Vitae dan;
    9. Proposal penelitian.

 

Beasiswa MIS ini biasanya dibuka pada Juni setiap tahunnya.

 

Baca Juga: Ulasan Lengkap Mengenai Malaysia Internasional Scholarship

 

2. The Malaysian Technical Cooperation (MTCP)

Beasiswa The Malaysian Technical Cooperation (MTCP) adalah program beasiswa Malaysia yang dibuka oleh Pemerintah Malaysia sejak tahun 1980 kepada mahasiswa jenjang S2 untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan negara berkembang lainnya serta mendorong kerjasama dan hubungan bilateral bersama negara berkembang lainnya.

Beasiswa MTCP terbuka untuk 23 (dua puluh tiga) universitas atau institusi perguruan tinggi di Malaysia dengan program studi prioritas sebagai berikut:

  1. Science, Technology and Engineering (tidak termasuk nursing, medicine dan clinical pharmacy);
  2. Economics, Finance, Management dan Banking;
  3. Social Science and Humanities;
  4. Information and Communication Technology;
  5. International Relations and Political Science;
  6. Agriculture and Aquaculture;
  7. Education.

 

Cakupan beasiswa

Program beasiswa Malaysia ini mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  1. Biaya kuliah;
  2. Tunjangan lainnya sebesar RM 3.500 per bulan yang mencakup komponen berikut:
    1. Tunjangan hidup;
    2. Tunjangan buku;
    3. Tunjangan peralatan;
    4. Tunjangan sewa tempat tinggal;
    5. Tunjangan tesis;
    6. Tunjangan transportasi;
    7. Tunjangan latihan keahlian praktis;
    8. Tunjangan akhir studi;
    9. Tunjangan medis;
    10. Tunjangan asuransi;
  3. Penerbangan menuju dan dari Malaysia.

 

Persyaratan beasiswa

Untuk mendapatkan beasiswa ini, calon mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan berikut :

  1. Berusia maksimal 45 tahun saat pendaftaran.

  2. Memiliki IPK/CGPA minimal 3.5 di jenjang pendidikan Sarjana.

  3. Menunjukkan bukti kemampuan bahasa Inggris dengan skor minimal IELTS 6.0 atau skor TOEFL-iBT minimal 70 atau skor bahasa Inggris lain yang setara.

  4. Menunjukkan surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh dokter atau tenaga kesehatan. Biaya pemeriksaan kesehatan ditanggung oleh pendaftar.

  5. Sudah memiliki admission letter dari minimal 1 (satu) universitas di Malaysia namun belum memulai studi di jenjang Master atau sudah terdaftar sebagai mahasiswa di salah satu universitas di Malaysia yang masuk dalam daftar yang telah ditetapkan selama tidak lebih dari 1 (satu) semester.

 

Prosedur pendaftaran

Prosedur pendaftaran untuk program beasiswa Malaysia yang satu ini adalah sebagai berikut :

  1. Mengakses portal pendaftaran online;
  2. Mengunggah dokumen pendukung dalam bentuk PDF. Dokumen pendukung yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
    1. Formulir pendaftaran;
    2. Surat Admission Offer Letter terbaru dari universitas di Malaysia;
    3. 2 (dua) surat rekomendasi;
    4. Statement of Intent;
    5. Kopi transkrip nilai jenjang pendidikan sebelumnya yang sudah dilegalisir (sekaligus menyertakan kopi dokumen yang menjelaskan tentang sistem nilai di jenjang pendidikan sebelumnya);
    6. Curriculum Vitae;
    7. Hasil skor kemampuan bahasa Inggris (TOEFL/IELTS/PTE/CAE/CPE/MUET atau kualifikasi akademik lainnya yang relevan);
    8. Kopi paspor yang sudah dilegalisir dan masih berlaku dalam jangka waktu minimal 18 bulan sebagai bukti kewarganegaraan; 
    9. Hasil pemeriksaan kesehatan yang dikeluarkan oleh dokter atau tenaga kesehatan;
    10. Bukti vaksinasi COVID-19.

 

Tertarik melanjutkan pendidikan menggunakan beasiswa Malaysia dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas di Malaysia, beasiswa yang bisa dicoba, persyaratan dokumen hingga interview. Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun.

3. INTI International Education Scholarship

INTI International Education Scholarship adalah program beasiswa Malaysia yang ditawarkan oleh INTI International University, sebuah universitas swasta yang berlokasi di Negeri Sembilan, Malaysia. Program beasiswa ini ditujukan kepada pelajar internasional yang sudah terdaftar dan berminat melanjutkan pendidikan di salah satu program studi di INTI Malaysia. Terdapat setidaknya lebih dari 100 program studi di seluruh jenjang pendidikan ditawarkan oleh INTI Malaysia.

Cakupan beasiswa

Program beasiswa ini mencakup keringanan biaya kuliah bagi penerima beasiswa selama menempuh studi tahun pertama di kampus INTI Malaysia. Jumlah nilai beasiswa yang bisa diterima mahasiswa tergantung dari banyaknya beban unit studi mahasiswa. Nilai maksimal yang bisa diterima oleh mahasiswa adalah keringanan biaya studi sebesar 45%.

Persyaratan beasiswa

Untuk mendapatkan beasiswa Malaysia ini, mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut:

  1. Sudah terdaftar di salah satu program studi di INTI Malaysia dan berniat melanjutkan pendidikan di INTI Malaysia hingga selesai.

  2. Harus mendapatkan dan mempertahankan pencapaian akademik berupa lulus di seluruh mata pelajaran (full passes in all subjects).

  3. Apabila mahasiswa memutuskan untuk pindah ke program studi atau universitas lainnya di Malaysia, penerima beasiswa harus mengembalikan seluruh beasiswa yang sudah diterima sebelumnya di INTI Malaysia.

  4. Apabila mahasiswa memutuskan untuk mundur dari program studi karena alasan kesehatan (yang dibuktikan dengan surat keterangan resmi dari dokter atau tenaga kesehatan), penerima beasiswa tidak harus mengembalikan beasiswa yang sudah diberikan.

 

Prosedur pendaftaran

Pelajar internasional di INTI Malaysia dapat membawa hasil nilai terakhir untuk mendaftar sebagai penerima beasiswa ke kantor INTI International Education Scholarship. Karena beasiswa yang tersedia sangat terbatas, mahasiswa disarankan untuk mendaftar secepat mungkin.

 

4. APU International Student Scholarships & Merit Awards

Program beasiswa APU International Student Scholarships & Merit Awards adalah program beasiswa yang ditawarkan oleh Asia Pacific University of Technology and Innovation (APU), yang berlokasi di Kuala Lumpur, Malaysia.

APU adalah salah satu universitas swasta terbaik di Malaysia sekaligus menjadi satu-satunya universitas di Malaysia yang mendapatkan rating 5 Stars Plus berdasarkan penilaian QS terbaru.

Program beasiswa APU yang satu ini dibuka untuk seluruh pelajar internasional baru jenjang S1 yang sudah terdaftar di salah satu program studi di APU. Beasiswa ini diberikan berdasarkan prestasi akademik atau prestasi lainnya yang diakui oleh APU.

 

Cakupan beasiswa

Penerima beasiswa Malaysia ini bisa mendapatkan keringanan biaya kuliah hingga sebesar 30%, tergantung prestasi akademik yang dimiliki.

 

Persyaratan beasiswa

Untuk mendapatkan beasiswa Malaysia ini, pendaftar harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut :

  1. Pendaftar beasiswa sudah harus terdaftar di salah satu program studi di APU University Malaysia dan sudah membayar biaya pendaftaran (Application and Processing Fees) sebesar RM 2450.
  2. Memiliki prestasi akademik yang baik yang dibuktikan dengan menunjukkan kualifikasi akademik dalam bentuk A-Level, O-Levels/IGCSE atau International Baccalaureate.
  3. Selain prestasi akademik, mahasiswa juga dapat menunjukkan prestasi di bidang olahraga dengan menunjukkan bukti partisipasi di berbagai kompetisi olahraga internasional seperti Olimpiade, SEA Games, Youth Olympics, Asian Games, World Cups dan juga Commonwealth Games.
  4. Beasiswa ini diberikan setiap tahun dan mahasiswa bisa terus mendapatkan beasiswa ini dengan cara mempertahankan IPK/GPA dengan skor minimal 3.0 setiap akhir tahun akademik.

 

Prosedur pendaftaran

Calon mahasiswa yang tertarik untuk mendapatkan beasiswa ini dapat langsung mengisi formulir pendaftaran di website APU sekaligus mengunggah dokumen pendidikan yang dibutuhkan.

5. APU Masters Degree Scholarship and Merit Awards

Sama seperti program beasiswa Malaysia sebelumnya, program beasiswa APU Masters Degree Scholarship and Merit Awards juga ditawarkan oleh APU Malaysia kepada pelajar internasional yang berminat melanjutkan pendidikan di salah satu program studi di APU. Perbedaannya adalah, program beasiswa ini ditujukan kepada mahasiswa di jenjang Master.

Cakupan beasiswa

Penerima beasiswa Malaysia ini bisa mendapatkan keringanan biaya kuliah sebagai berikut:

  1. Pendaftar yang memiliki IPK minimal 3.2 (dari skala 4.0) berhak mendapatkan keringanan biaya kuliah sebesar 10%.
  2. Pendaftar yang memiliki IPK minimal 3.5 (dari skala 4.0) berhak mendapatkan keringanan biaya kuliah sebesar 20%.
  3. Pendaftar yang memiliki IPK minimal 3.7 (dari skala 4.0) berhak mendapatkan keringanan biaya kuliah sebesar 30%.

 

Persyaratan beasiswa

Untuk mendapatkan beasiswa ini, pendaftar harus memenuhi beberapa persyaratan berikut :

  1. Sudah terdaftar di salah satu program studi di APU pada jenjang Master.
  2. Memiliki prestasi akademik yang baik pada jenjang pendidikan sebelumnya.
  3. Penerima beasiswa wajib mengikuti berbagai kegiatan kemahasiswaan yang ditentukan oleh universitas seperti Exhibition, Open Days, Road Show, Student Welcome Team dan lain sebagainya.

 

Prosedur pendaftaran

Calon mahasiswa yang tertarik untuk mendapatkan beasiswa ini dapat langsung mengisi formulir pendaftaran di website APU sekaligus mengunggah dokumen yang diminta, termasuk di antaranya:

  1. Ijazah dan transkrip nilai jenjang Sarjana;
  2. Skala nilai jenjang Sarjana;
  3. Curriculum Vitae;
  4. Surat rekomendasi dari atasan (Jika dibutuhkan);
  5. Dokumen pendukung lainnya.

 

Baca Juga: Tertarik Ingin Kuliah di Malaysia? Simak Info dan Beasiswa Dari Universiti Malaya

 

Rekomendasi bimbingan lolos beasiswa Malaysia

Ingin sukses mendaftar beasiswa Malaysia? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar beasiswa dan universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa Malaysia? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu. Dijamin terlengkap!

beasiswa malaysia