Lanjut Sekolah di Singapura dengan Beasiswa MoE Singapura

Info Beasiswa, 20 Sep 2022

Tahukah teman-teman bahwa beasiswa MoE Singapura tidak hanya untuk jenjang pendidikan tinggi? MoE atau Ministry of Education (Kementerian Pendidikan) Singapura menyediakan beasiswa penuh untuk siswa-siswi SD dan SMP berprestasi selama 4 hingga 6 tahun. Beasiswa yang bernama ASEAN Scholarship ini menyediakan kesempatan untuk siswa kelas 6 SD hingga 3 SMP dapat mengenyam pendidikan di sekolah-sekolah negeri maupun swasta pilihan di Singapura hingga lulus SMA. 

Kementerian Pendidikan Singapura akan langsung memilihkan sekolah tujuan, sehingga siswa tidak perlu mencari sendiri sekolahnya. Selain itu, para penerima beasiswa ini akan mendapatkan sertifikat Singapore-Cambridge GCE A-Level atau ekuivalensinya pada saat kelulusan mereka, yang juga adalah syarat kelulusan jenjang SMA di Singapura pada umumnya.

Dalam program ASEAN Scholarship ini, siswa akan mendapatkan kesempatan untuk memperluas cakrawala ilmu dan mengembangkan keterampilan yang sangat berguna. Keterampilan itu di antaranya adalah kepemimpinan, komunikasi, dan kecakapan hidup lainnya. Lebih dari itu, keragaman sosial yang ada di sekolah-sekolah di Singapura diharapkan dapat mendukung pemahaman siswa akan perbedaan dan kebersamaan.

Siapa Saja yang Bisa Mendaftar?

Untuk mendaftar beasiswa ini, ada beberapa syarat inti yang wajib dipenuhi, yaitu:

  1. Seorang warga negara Indonesia.
  2. Memiliki profisiensi bahasa Inggris yang baik dibuktikan dengan sertifikat tes kemampuani bahasa Inggris (IELTS, TOEFL, atau TOEIC).
  3. Konsistensi nilai rapor yang unggul.
  4. Pernah berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan memiliki pengalaman kepemimpinan selama bersekolah.

         Baca juga: 10 Negara Terbaik Buat Kuliah di Luar Negeri

Tipe-Tipe Beasiswa 

Ada dua tipe beasiswa yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan Singapura yand ditentukan berdasarkan jenjang sekolah siswa. Penjelasannya dalam tabel berikut: 

 

Tipe Beasiswa

Tanggal Lahir

Jenjang Sekolah

Masa pemberian beasiswa

Tipe 1

2 Januari 2008 hingga 1 Januari 2011

Kelas 6 SD atau 1 SMP

6 tahun

Tipe 2

2 Januari 2006 hingga 1 Januari 2009

Kelas 2 atau 3 SMP

4 tahun

 

Beasiswa akan diperbarui tiap tahun berdasarkan prestasi siswa. Jika siswa tidak berhasil melampaui persyaratan prestasi minimal tiap tahunnya, beasiswa akan dicabut dan siswa dipersilakan melanjutkan pendidikan dengan biaya pribadi. 

Cakupan beasiswa

ASEAN Scholarship menyediakan banyak cakupan dan tunjangan pendidikan untuk tiap siswa, diantaranya adalah:

  1. Biaya hidup sebesar S$2200 per tahun yang akan dikirimkan berkala. Perlu diantisipasi bahwa proses pencairan biaya hidup ini memakan waktu yang cukup lama. Sehingga siswa diharapkan untuk memiliki biaya hidup cadangan hingga Kementerian Pendidikan Singapura mengirimkan uang biaya hidup ke rekening masing-masing penerima beasiswa. 
  2. Tempat tinggal (hostel)
  3. Biaya pindahan sebesar S$400 yang mencakup pembelian buku, alat tulis, dan kebutuhan sekolah lainnya. 
  4. Tiket pesawat pergi-pulang kelas ekonomi
  5. Biaya ujian GCE O-Level and A-Level (1 kali). Jika siswa tidak lulus ujian ini, maka diwajibkan untuk mengikuti ujian ulang dengan biaya pribadi.
  6. Tunjangan medis dan asuransi kecelakaan sebesar S$5 per kunjungan ke dokter. Tunjangan medis dan asuransi kecelakaan disediakan oleh HSBC Clinicare Insurance program.

Jadwal Beasiswa MoE Singapura

Untuk mendaftar ASEAN Scholarship, kalian harus perhatikan tanggal-tanggal penting berikut untuk mengikuti tahapan-tahapan seleksi. Namun harus dicatat bahwa tanggal-tanggal berikut dapat bergeser. Kalian dapat mendaftar pada situs resmi Kementerian Pendidikan Singapura terkait beasiswa ini untuk mendapatkan informasi terbaru. Tanggal-tanggal pentingnya yang harus diketahui adalah:

  1. Pendaftaran daring: 1 Mei - 30 Juni
  2. Menghadiri ujian dan wawancara: Agustus-September (tentatif)
  3. Kandidat yang terpilih akan diberitahukan 1 minggu sebelum tanggal ujian dan wawancara untuk mengikuti ujian dan wawancara. Ujian dan wawancara akan dilaksanakan di Jakarta dan Surabaya.
  4. Pengumuman melalui email: Oktober
  5. Ketibaan di Singapura: November

Program ini sangat berharga untuk pengembangan diri dan akademik siswa Indonesia karena sistem pendidikan Singapura yang menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

           Baca juga: Beasiswa SMA Luar Negeri yang Bisa Kamu Jadikan Incaran Tahun Ini

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini

Beasiswa MoE Singapura