Lanjut Sekolah di Singapura dengan Beasiswa MoE Singapura

Tahukah teman-teman bahwa beasiswa MoE Singapura tidak hanya untuk jenjang pendidikan tinggi? MoE atau Ministry of Education (Kementerian Pendidikan) Singapura menyediakan beasiswa penuh untuk siswa-siswi SD dan SMP berprestasi selama 4 hingga 6 tahun.

Beasiswa yang bernama ASEAN Scholarship ini menyediakan kesempatan untuk siswa kelas 6 SD hingga 3 SMP dapat mengenyam pendidikan di sekolah-sekolah negeri maupun swasta pilihan di Singapura hingga lulus SMA.

Informasi Umum Beasiswa MoE Singapura

Kementerian Pendidikan Singapura akan langsung memilihkan sekolah tujuan, sehingga siswa tidak perlu mencari sendiri sekolahnya. Selain itu, para penerima beasiswa ini akan mendapatkan sertifikat Singapore-Cambridge GCE A-Level atau ekuivalensinya pada saat kelulusan mereka, yang juga adalah syarat kelulusan jenjang SMA di Singapura pada umumnya.

Dalam program ASEAN Scholarship ini, siswa akan mendapatkan kesempatan untuk memperluas cakrawala ilmu dan mengembangkan keterampilan yang sangat berguna.

Keterampilan itu di antaranya adalah kepemimpinan, komunikasi, dan kecakapan hidup lainnya. Lebih dari itu, keragaman sosial yang ada di sekolah-sekolah di Singapura diharapkan dapat mendukung pemahaman siswa akan perbedaan dan kebersamaan.

Kenapa Harus Sekolah di Singapura?

Pertimbangan untuk sekolah di Singapura harus dilakukan secara matang. Hal ini karena masa keemasan siswa sangat ditentukan saat pendidikan dasar dan menengah. Berikut adalah beberapa alasan mengapa sekolah di Singapura harus dipertimbangkan:

  1. Sistem Pendidikan yang Berkualitas: Singapura dikenal memiliki sistem pendidikan yang terkenal berkualitas di seluruh dunia. Program pendidikan di Singapura didasarkan pada kurikulum yang kuat dan didukung oleh fasilitas modern dan tenaga profesional di bidangnya. Sekolah-sekolah di Singapura juga menekankan pada keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di era global saat ini, seperti kreativitas, kewirausahaan, kemandirian, kepemimpinan, dan kemampuan beradaptasi.
  2. Lingkungan Multikultural: Singapura adalah negara multikultural dengan beragam budaya dan agama. Hal ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar dan berinteraksi dengan teman dari latar belakang yang berbeda-beda. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang perbedaan.
  3. Fasilitas yang Modern dan lingkungan yang aman: Sekolah-sekolah di Singapura dilengkapi dengan fasilitas modern yang memungkinkan siswa untuk belajar dengan nyaman, aman, dan efektif. Banyak sekolah bahkan dilengkapi dengan laboratorium ilmiah, perpustakaan yang lengkap, serta ruang olahraga dan seni yang modern.

Syarat Pendaftar MoE Singapura

Untuk mendaftar beasiswa ini, ada beberapa syarat inti yang wajib dipenuhi, yaitu:

  1. Seorang warga negara Indonesia.
  2. Memiliki profisiensi bahasa Inggris yang baik dibuktikan dengan sertifikat tes kemampuani bahasa Inggris (IELTS, TOEFL, atau TOEIC).
  3. Konsistensi nilai rapor yang unggul.
  4. Pernah berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan memiliki pengalaman kepemimpinan selama bersekolah.

Baca juga: 10 Negara Terbaik Buat Kuliah di Luar Negeri

Cara Daftar Beasiswa MoE Singapura

Untuk mendaftar pada beasiswa ini, terdapat beberapa langkah yang harus kalian lakukan. Mintalah bantuan orang tua, guru, atau konsultan pendidikan seperti Schoters untuk membantu proses pendaftaran kalian. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Membuat akun pada sistem penerimaan siswa baru Pemerintah Singapura melalui ASEAN Scholarship
  2. Setelah kalian membuat akun, jangan lupa konfirmasi email yang dikirimkan ke alamat email yang telah kalian daftarkan
  3. Jawab semua pertanyaan tentang data diri yang tersedia pada sistem penerimaan siswa baru
  4. Unggah semua dokumen yang diminta oleh sistem penerimaan siswa baru
  5. Pastikan semua dokumen yang diminta telah benar
  6. Submit semua informasi dan dokumen yang kalian unggah pada sistem penerimaan siswa baru
  7. Tunggu pengumuman selanjutnya di alamat email yang telah kalian daftarkan
  8. Ikuti langkah-langkah selanjutnya seperti seleksi tertulis dan wawancara pada jadwal yang diumumkan melalui website dan email yang dikirimkan kepada kalian

Tipe-Tipe Beasiswa MoE Singapura

Ada dua tipe beasiswa yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan Singapura yang ditentukan berdasarkan jenjang sekolah siswa. Penjelasannya dalam tabel berikut:

Tipe Beasiswa

Tanggal Lahir

Jenjang Sekolah

Masa pemberian beasiswa

Tipe 1 2 Januari 2009 hingga 1 Januari 2012 Kelas 6 SD atau 1 SMP 6 tahun
Tipe 2 2 Januari 2007 hingga 1 Januari 2010 Kelas 2 atau 3 SMP 4 tahun

Beasiswa akan diperbarui tiap tahun berdasarkan prestasi siswa. Jika siswa tidak berhasil melampaui persyaratan prestasi minimal tiap tahunnya, beasiswa akan dicabut dan siswa dipersilakan melanjutkan pendidikan dengan biaya pribadi.

Cakupan Beasiswa MoE Singapura

ASEAN Scholarship menyediakan banyak cakupan dan tunjangan pendidikan untuk tiap siswa, diantaranya adalah:

  1. Tunjangan tahunan dengan akomodasi asrama.
  2. Tunjangan menetap/ tempat tinggal.
  3. Tiket pesawat ekonomi pulang pergi.
  4. Biaya sekolah.
  5. Biaya ujian untuk GCE O-Level dan A-Level (sekali saja, sebagaimana berlaku).
  6. Tunjangan medis bersubsidi dan perlindungan asuransi untuk kecelakaan.

Jadwal Beasiswa MoE Singapura

Untuk mendaftar ASEAN Scholarship, kalian harus perhatikan tanggal-tanggal penting berikut untuk mengikuti tahapan-tahapan seleksi. Namun harus dicatat bahwa tanggal-tanggal berikut dapat bergeser. Kalian dapat mendaftar pada situs resmi Kementerian Pendidikan Singapura terkait beasiswa ini untuk mendapatkan informasi terbaru. Tanggal-tanggal pentingnya yang harus diketahui adalah:

  1. Pendaftaran daring: 15 Februari – 26 April 2023
  2. Menghadiri ujian dan wawancara: Juni dan Juli 2023 (tentatif)
  3. Kandidat yang terpilih akan diberitahukan 1 minggu sebelum tanggal ujian dan wawancara untuk mengikuti ujian dan wawancara. Ujian dan wawancara akan dilaksanakan di Jakarta dan Surabaya.
  4. Pengumuman melalui email: September 2023
  5. Ketibaan di Singapura: November 2023

Dalam proses seleksinya, terdapat beberapa mata pelajaran yang akan diujikan. Mata pelajaran tersebut adalah:

  1. Bahasa Inggris
  2. Matematika
  3. IPA

Program ini sangat berharga untuk pengembangan diri dan akademik siswa Indonesia karena sistem pendidikan Singapura yang menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Baca juga: Beasiswa SMA Luar Negeri yang Bisa Kamu Jadikan Incaran Tahun Ini

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Beasiswa MoE Singapura

Ingin lolos beasiswa MEXT? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa MEXT? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)