Beasiswa POSCO 2022 Dibuka, Cek Persyaratan dan Deadlinenya!

Info Beasiswa, 28 Sep 2022

Apakah kamu sudah pernah dengar tentang beasiswa POSCO? Kalau kamu adalah scholarship hunter, beasiswa POSCO bisa menjadi salah satu target kamu selanjutnya. 

Apa itu Beasiswa POSCO?

Beasiswa POSCO adalah bantuan pendidikan yang diberikan oleh POSCO TJ Park Foundation dibawah naungan POSCO Company. Beasiswa POSCO bertujuan untuk menciptakan calon pemimpin dan intelektual Asia untuk melanjutkan sekolah S2 dan S3 di Korea.

Beasiswa POSCO juga memberikan kesempatan bagi para awardee untuk belajar langsung mengenai perkembangan ekonomi, sosial dan budaya di Korea. Selain beasiswa ini, POSCO TJ Park Foundation juga membuka beberapa program lain seperti POSCO Science Fellowship dan POSCO Youth Fellowship yang bisa kamu lihat website resmi mereka.

          Baca Juga: 5 Alternatif Beasiswa Kuliah ke Korea

Benefit Beasiswa POSCO

Manfaat yang bisa kamu terima dari beasiswa POSCO cukup menggiurkan. Kamu akan mendapatkan uang SPP, uang kebutuhan sehari-hari, settlement fee, networking activities, dan disediakan kelas bahasa Korea. 

Nominal yang akan kamu dapatkan adalah sebesar KRW 1.000.000,00 per bulan atau sekitar sekitar Rp 11.000.000 per bulan. Dan uang ini akan dibayarkan selama 22 bulan masa studi.

Namun perlu diingat, beasiswa POSCO saat ini tidak menanggung biaya transportasi pesawat, buku, dan asuransi. 

Kuota, Persyaratan dan Dokumen Wajib untuk Beasiswa POSCO

Beasiswa POSCO akan menerima 50 awardee untuk setiap tahunnya. Persyaratan untuk mengikuti beasiswa ini adalah:

  1. Merupakan warga negara Asia (Indonesia salah satunya) dan tidak memegang dua kewarganegaraan atau kewarganegaraan Korea.
  2. Hanya menerima kandidat untuk S2 dan S3.
  3. IPK minimal 3.00.
  4. Tidak memiliki ikatan dinas dengan instansi manapun.
  5. Tidak meninggalkan Korea lebih dari 7 hari atau beasiswa akan dikurangi 50% pada bulan berikutnya.

          Baca Juga: Beasiswa GKS, Beasiswa Kuliah ke Korea Selain Beasiswa POSCO

Jika kamu menyanggupi persyaratan di atas, kamu bisa mulai mempersiapkan berkas-berkasnya seerti:

    1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau bukti kewarganegaraan lain seperti paspor/KK. 
    2. Transkrip Akademik.
    3. Ijazah.
    4. Sertifikasi Bahasa (IELTS/TOEFL).
  • Recommendation Letter.
  • Application and Statement Purpose.

 

Dokumen di atas bisa kamu kumpulkan melalui link apply scholarship pada halaman website resmi POSCO TJ Foundation ya. Namun, bagi kamu yang masih kesulitan untuk mendapatkan berkas di atas, Schoters bisa membantu kamu dengan penawaran menarik dari kami. Klik banner di bawah ini.

bimbingan beasiswa posco

Deadline dan Tahap Pendaftaran Beasiswa POSCO

Beasiswa POSCO diadakan satu tahun sekali di musim gugur. Beasiswa POSCO 2022 sudah dibuka sejak 2 Maret 2022 hingga 21 April 2022 untuk mahasiswa Ilmu Alam dan Teknik saja. Bagi kamu yang terlewat, jangan kecil hati ya, kamu bisa mulai mempersiapkan pendaftaran untuk musim gugur tahun depan!

Tahap pendaftaran beasiswa POSCO sendiri terdiri dari Seleksi Dokumen, Wawancara Beasiswa, Pendaftaran untuk Universitas di Korea, Tiba di Korea, dan Pembagian Beasiswa.

Meski beasiswa POSCO ini tidak sepopuler beasiswa pemerintah Korea, fasilitas yang diberikan tetap menjamin kehidupan studimu.

Matangkan Persiapan Beasiswa POSCO Korea

Pastinya kamu ingin menjadi penerima beasiswa POSCO bukan? -> Konsultasikan persiapan beasiswa POSCO lebih lanjut bersama mentor experts Schoters alumni kampus Korea Selatan.

Persiapan kamu pasti lebih mantap karena mendapatkan bimbingan yang tepat dan intensif dari ahlinya!