Beasiswa POSCO 2022 Dibuka, Cek Persyaratan dan Deadlinenya!

Apakah kamu sudah pernah dengar tentang beasiswa POSCO? Kalau kamu adalah scholarship hunter, beasiswa ini bisa menjadi salah satu target kamu selanjutnya. Lantas, apa saja persyaratan dan bagaimana cara mendaftarnya beasiswa ini. Untuk itu, yuk, simak ulasan di bawah ini!

Tentang beasiswa POSCO

Beasiswa POSCO adalah bantuan pendidikan yang diberikan oleh POSCO TJ Park Foundation di bawah naungan POSCO Company. Beasiswa ini bertujuan untuk menciptakan calon pemimpin dan intelektual Asia melalui program Master atau Doktor dalam bidang Natural Sciences dan Engineering di Korea.

Beasiswa POSCO juga memberikan kesempatan bagi para awardee untuk belajar langsung mengenai perkembangan ekonomi, sosial dan budaya di Korea. Selain beasiswa ini, POSCO TJ Park Foundation juga membuka beberapa program lain, seperti POSCO Science Fellowship dan POSCO Youth Fellowship yang bisa kamu lihat melalui website resmi mereka.

 

Baca Juga: 5 Alternatif Beasiswa Kuliah ke Korea

 

Cakupan beasiswa POSCO

Cakupan yang bisa kamu terima dari beasiswa ini, antara lain, adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mahasiswa tingkat Master akan ditanggung biaya kuliah dan biaya hidup selama 4 semester;
  2. Untuk mahasiswa program Doktoral & Integrated Doctoral akan ditanggung biaya kuliah dan biaya hidup selama 6 semester;
  3. Biaya asuransi kesehatan nasional (NHIS), biaya kedatangan, kelas bahasa Korea,  grants, dll;
  4. Seminar POSCO, pengalaman budaya Korea, dll.

Dokumen wajib untuk beasiswa POSCO

Beasiswa ini akan menerima 50 awardee untuk setiap tahunnya. Adapun dokumen-dokumen yang perlu kamu persiapkan untuk mendaftar antara lain adalah sebagai berikut:

    1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau bukti kewarganegaraan lain seperti paspor/KK;
    2. Transkrip Akademik;
    3. Ijazah;
    4. Sertifikasi Bahasa (TOEFL, TOEIC, GRE/TOPIK Level);
    5. Recommendation Letter;
    6. Application and Statement Purpose.

 

Dokumen di atas bisa kamu kumpulkan melalui link apply scholarship pada halaman website resmi POSCO TJ Foundation, ya. Namun, bagi kamu yang masih kesulitan untuk mendapatkan berkas di atas, Schoters bisa membantu kamu dengan penawaran menarik dari kami.

 

Baca Juga: Beasiswa GKS, Beasiswa Kuliah ke Korea Selain Beasiswa POSCO

 

Tertarik melanjutkan pendidikan dengan beasiswa POSCO dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, jurusan, persyaratan dokumen, hingga interview. Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Syarat pendaftaran

  1. Telah memperoleh gelar sarjana dan memiliki jiwa kepemimpinan;
  2. Pelamar bersedia untuk belajar di sekolah pascasarjana Korea pada semester musim semi 2024 dan semester musim gugur 2024;
  3. Memiliki ketertarikan yang tinggi pada jurusan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics);
  4. Pelamar merupakan warga negara Asia (salah satunya Indonesia), bagi yang memiliki warga negara non-Asia atau Korea tidak memenuhi persyaratan.

Deadline dan tahap pendaftaran

Berikut ini merupakan jadwal pendaftaran beasiswa POSCO Asia Fellowship (PAF): 

  1. Pendaftaran online: 1 Mei – 31 Mei 2023 (*berdasarkan waktu Korea);
  2. Hasil tahap pertama: akhir Juli (*tentatif);
  3. Interview: Agustus;
  4. Pengumuman: akhir Agustus (*tentatif).

 

Perlu diperhatikan bahwa beasiswa ini dikhususkan untuk bidang Ilmu Alam dan Teknik saja. Jika kamu tertarik, yuk, mulai persiapkan segala dokumennya dari sekarang. Meski beasiswa ini tidak sepopuler beasiswa pemerintah Korea, fasilitas yang diberikan tetap menjamin kelangsungan studimu.

Rekomendasi bimbingan persiapan beasiswa luar negeri

Ingin lolos mendapatkan beasiswa luar negeri? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan persiapan beasiswa luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Beasiswa POSCO