List Beasiswa Psikologi Luar Negeri: Ada di 5 Benua Dunia!

Info Beasiswa, 02 Nov 2022

Psikologi berarti studi tentang jiwa, pikiran, dan bagaimana manusia berperilaku. Jurusan kuliah ini populer di berbagai belahan dunia. Salah satu alasan di balik kepopulerannya adalah, ilmu Psikologi mengajarkan sejumlah keterampilan khusus dan mendorong tingkat pemikiran independen dan analitis yang bisa digunakan di berbagai macam profesi.

Bila Hunters tertarik dengan jurusan Psikologi, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan kuliah di luar negeri. Agar rencanamu untuk kuliah di luar negeri semakin lancar, baca penjelasan terkait pilihan beasiswa psikologi luar negeri berikut!

Beasiswa Psikologi di Asia

1. Beasiswa MEXT / Monbukagakusho

Beasiswa ini masuk kedalam jenis beasiswa fully funded untuk jenjang S1, S2, dan S3 di Jepang. Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya (termasuk biaya persiapan sekolah). Tunjangan hidup kurang lebih ¥117.000/bulan (mahasiswa S1), lalu tunjangan hidup sebesar kurang lebih ¥143.000/bulan (research students), ¥144.000/bulan (mahasiswa S2), ¥145.000/bulan (mahasiswa S3). Tiket pesawat pergi pulang Indonesia – Jepang, bebas biaya pengurusan visa pelajar, dan tanpa ikatan dinas. Beberapa universitas akan menyediakan asrama, namun jika tidak menyediakan asrama, universitas dapat membantu mencarikan tempat tinggal jika dibutuhkan.

Adapun dokumen yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Cetak lembar email konfirmasi registrasi online
  2. Formulir aplikasi
  3. Foto pelamar
  4. Field of study dan research plan (untuk S2 dan S3)
  5. Salinan transkrip akademik untuk semua tahun sekolah dari sekolah terakhir yang diikuti
  6. Fotokopi sertifikat kelulusan sekolah terakhir yang didatangi
  7. Surat rekomendasi dari kepala sekolah/dekan atau guru sekolah/dosen terakhir
  8. Fotokopi sertifikat kemahiran bahasa TOEFL/IELTS/TOEIC
  9. Fotokopi hasil JLPT/EJU
  10. Esai dan sertifikat prestasi (tidak wajib)

2. Beasiswa GKS (Global Korea Scholarship)

Beasiswa ini masuk kedalam jenis beasiswa fully funded untuk jenjang S1, S2, dan S3 di Korea Selatan. Biaya kuliah dan tiket pesawat kelas ekonomi ditanggung. Tunjangan penyelesaian 200.000 KRW. Tunjangan bulanan 900.000 KRW per bulan (mahasiswa S1), sementara mahasiswa Magister/Doktor akan diberikan 1.000.000 KRW per bulan, dan program penelitian sebesar 1.500.000 KRW per bulan. Lalu akan mendapatkan asuransi kesehatan sebesar 55.630 KRW per bulan (mahasiswa S2/S3), biaya pelatihan bahasa senilai 1 juta KRW, hibah kecakapan bahasa Korea sebesar 100.000 KRW (jika memegang TOPIK 5 atau 6). Selain itu, akan diberikan biaya cetak skripsi sebesar 500.000-800.000 KRW dan hibah penyelesaian gelar sejumlah 100.000 KRW.

Beasiswa ini terbagi kedalam dua jalur (untuk S2 dan S3), yaitu GKS via Embassy Track dan GKS via University Track. Persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan pun akan berbeda. Olhe karena itu Hunters perlu memastikannya dan mengecek langsung ke laman resminya.

kuliah ke luar negeri

3. Turkiye Burslari Scholarship

Beasiswa ini masuk kedalam jenis beasiswa fully funded untuk jenjang S1, S2, dan S3 di Turki. Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya. Selain itu, Hunters akan mendapatkan gaji bulanan 1000 TL per bulan (sarjana), 1400 TL per bulan (master), 1800 TL per bulan (PhD). Tiket pesawat pulang pergi sekali, asuransi kesehatan, akomodasi, dan kursus bahasa Turki selama satu tahun.

Adapun dokumen yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Dokumen identifikasi nasional yang masih berlaku atau paspor yang masih berlaku
  2. Foto kandidat terbaru
  3. Nilai ujian nasional
  4. Ijazah atau sertifikat kelulusan sementara
  5. Transkrip akademik
  6. Nilai ujian internasional (GRE, GMAT, DELF, YDS, YÖS dan lainnya, jika diminta oleh universitas dan program yang dipilih)
  7. Skor tes bahasa (jika diperlukan oleh universitas dan program yang dipilih)
  8. Proposal penelitian dan contoh karya tulis (hanya untuk pelamar PhD)

          Baca Juga: Tips Lolos Beasiswa Turkiye Burslari Scholarship

Beasiswa Psikologi di Australia

Beasiswa AGRTP (Australian Government Research Training Program)

Beasiswa ini masuk kedalam jenis beasiswa fully funded untuk jenjang S2 di Australia. Beasiswa ini menanggung biaya, tunjangan untuk biaya hidup umum, dan tunjangan terkait dengan biaya tambahan gelar penelitian. Adapun dokumen yang perlu dipersiapkan sebagai berikut:

  1. Transkrip akademik dari semua studi universitas yang diselesaikan
  2. Hasil tes bahasa inggris (IELTS minimal 6,5)
  3. Publikasi, serta pengalaman profesional
  4. Dokumen lain yang diperlukan oleh universitas

Beasiswa Psikologi di Amerika

Beasiswa Fulbright

Beasiswa Fulbright adalah beasiswa yang prestigious dan fully funded dari awal aplikasi (interview hingga selesai study). Beasiswa ini diperuntukan bagi pelajar S2 dan S3, yang nantinya akan mendapatkan dukungan visa J1. Lalu perjalanan udara kelas ekonomi pulang pergi dari kota asal penerima beasiswa ke institusi tuan rumah di AS, pendanaan untuk kuliah dan biaya hidup. Beasiswa ini juga akan memberikan asuransi kecelakaan dan kesehatan sesuai pedoman pemerintah AS.

Adapun dokumen yang dibutuhkan yaitu:

  1. Dokumen kewarganegaraan (KTP/KK/Akta)
  2. Formulir aplikasi
  3. Curriculum vitae
  4. Bukti kemahiran bahasa Inggris
  5. Transkrip akademik
  6. Surat referensi

Beasiswa Psikologi di Eropa

Beasiswa Chevening

Beasiswa yang didanai pemerintah Inggris ini masuk kedalam jenis beasiswa fully funded untuk jenjang S2. Beasiswa ini meliputi biaya kuliah di universitas Inggris, tunjangan hidup bulanan, biaya perjalanan pulang-pergi dari/ke Inggris, tunjangan kedatangan, tunjangan saat pulang, biaya tesis, biaya bahan studi, biaya visa, serta dana perjalanan untuk menghadiri acara Chevening di Inggris.

Adapun dokumen yang dibutuhkan yaitu:

  1. Transkrip dan sertifikat kelulusan
  2. Sertifikat pendidikan atau penghargaan (jika ada)
  3. Dua surat referensi
  4. Esai
  5. Surat penerimaan dari universitas yang dipilih
  6. KTP/Paspor
  7. Skor IELTS minimal 6.5, TOEFL iBT minimal 79

Beasiswa Psikologi di Afrika

Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

Beasiswa ini diberikan bagi pelajar terbaik di Indonesia yang tengah menempuh program pendidikan magister/doktor di bawah tanggung jawab Kementerian Keuangan. Pelajar yang dinyatakan lolos menerima beasiswa LPDP, akan mendapatkan biaya pendidikan untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi, baik dalam maupun luar negeri. Selain itu akan mendapatkan dana transportasi, dana aplikasi visa/residence permit, dana asuransi kesehatan, dana hidup bulanan, dana kedatangan, dana keadaan darurat (jika diperlukan). LPDP membuka pendaftaran setahun dua kali.

Adapun dokumen yang dibutuhkan yaitu:

  1. Biodata diri
  2. Kartu tanda penduduk (KTP)
  3. Scan ijazah asli atau SKL (surat keterangan lulus)
  4. Scan transkrip nilai
  5. Sertifikat bahasa asing yang masih berlaku (asli)
  6. Letter of Acceptance (LoA) Unconditional yang masih berlaku dan sesuai dengan perguruan tinggi serta program studi yang dipilih
  7. Surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi
  8. Surat usulan dari pejabat setingkat eselon II/setara yang membidangi SDM (khusus pendaftar yang berprofesi sebagai PNS/TNI/POLRI)
  9. Profil diri pada formulir pendaftaran
  10. Komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia

          Baca Juga: Baca Ini Jika Ingin Lolos Beasiswa LPDP

Alasan Kenapa Harus Kuliah Psikologi di Luar Negeri

Jadi tunggu apalagi Hunters? Salah satu keuntungan utama dari kuliah Psikologi di luar negeri, seperti di Amerika Serikat atau Inggris, adalah Hunters akan berada di pusat pemikiran Psikologi modern. Oleh karena Psikologi merupakan bidang studi yang sangat dinamis, penting bagi Hunters untuk belajar dari sumbernya secara langsung.

Semakin sering kamu terekspos dengan pengalaman, budaya dan adat istiadat baru, maka semakin banyak pemahaman pribadi yang bisa Hunters kaitkan dengan prinsip - prinsip inti psikologi. Sebab, lulusan Psikologi diharapkan bisa meneliti dan mempelajari fakta - fakta yang ada, lalu menghubungkan ide - ide hipotesis dengan kasus yang dihadapi di kehidupan nyata.

Ingin Lolos Beasiswa Psikologi Luar Negeri?

Sudah yakin ingin mengambil jurusan psikologi di luar negeri? --> Persiapkan pendaftaran beasiswa melalui layanan bimbingan Schoters.

Masih ada pertanyaan terkait beasiswa kuliah psikologi di luar negeri? --> Konsultasikan bersama mentor expert Schoters!

kuliah ke luar negeri