Ketahui 3 Beasiswa Qatar untuk Jenjang S1/S2/S3

Qatar dipandang sebagai rumah bagi banyak orang sekaligus tempat yang banyak dikunjungi oleh turis, migran, serta pelajar. Di Qatar, pendidikan memainkan peran penting dalam program pembangunan karena pemerintah dengan cepat menyadari pentingnya meningkatkan infrastruktur pendidikan. Saat ini, ada berbagai pilihan beasiswa Qatar untuk mahasiswa internasional melanjutkan studi di sana.

Qatar telah menjadi tujuan nomor satu bagi seorang pelajar yang siap untuk melanjutkan pendidikan mereka hingga ke tingkat tinggi. Banyak pelajar memilih untuk belajar di Qatar karena standar pendidikannya yang tinggi dan biaya kuliah yang terjangkau sekaligus karena beasiswa Qatar yang ditawarkan.

Beasiswa Qatar ini bisa menjadi rekomendasi bagi Hunters yang mau lanjut studi di Timur Tengah. Untuk informasi lebih lanjut, yuk, simak berbagai pilihan beasiswa Qatar yang bisa Hunters daftar!

 

Beasiswa Qatar Untuk Berbagai Jenjang

1. Beasiswa Qatar S1: Qatar University Scholarship

Qatar University Scholarship adalah beasiswa dengan pendanaan penuh, informasi sebagai berikut:

Persyaratan beasiswa

  1. Memiliki ijazah SMA atau sederajat
  2. Rata-rata nilai SMA minimal 95%
  3. Pelamar harus menerima penerimaan akhir di universitas
  4. Memenuhi persyaratan penerimaan untuk perguruan tinggi yang mereka lamar
  5. Beasiswa harus dimanfaatkan mulai dari semester di mana beasiswa diberikan. Awal studi dapat ditunda selama satu semester, jika perlu, dengan syarat persetujuan dari panitia beasiswa. Jika pelamar tidak lulus semester pertamanya, beasiswa akan dibatalkan dan pelamar akan diinformasikan melalui email QU.
  6. Memiliki reputasi yang baik
  7. Tidak boleh mendapatkan manfaat dari beasiswa ini dan sponsor/beasiswa lain secara bersamaan

Cakupan beasiswa

  1. Pembebasan dari biaya kuliah;
  2. Pembebasan dari biaya buku teks;
  3. 500 QR uang bulanan;
  4. Tempat tinggal mahasiswa (dua mahasiswa per kamar) termasuk transportasi ke/dari kampus;
  5. Tiket pesawat pulang pergi tahunan;
  6. Izin tinggal di bawah sponsor QU.

Dokumen yang Dibutuhkan

  1. Aplikasi penerimaan online
  2. Foto ukuran paspor
  3. Paspor
  4. Ijazah SMA
  5. Transkrip nilai
  6. Sertifikat kesehatan
  7. Sertifikat bahasa Inggris
  8. SAT (jika diperlukan)
  9. Izin Tinggal Qatar

 

2. Beasiswa Qatar S2: Doha Institute for Graduate Studies

Doha Institute for Graduate Studies adalah beasiswa dengan pendanaan penuh. Simak informasi lengkapnya sebagai berikut:

Persyaratan beasiswa

  1. Pelamar harus memiliki gelar sarjana di bidang spesialisasi atau bidang terkait dengan IPK tidak kurang dari 3,25, dan gelar master atau setara dengan IPK tidak kurang dari 3,50 pada skala 4,00 (atau setara) dari universitas terakreditasi yang diakui dalam daftar Kementerian Pendidikan dan Pendidikan Tinggi Qatar. Selain itu, spesialisasi harus terkait dengan bidang penelitian yang dilamar oleh kandidat;
  2. Persyaratan tergantung pada Sekolah Pascasarjana (IELTS 5.5/TOEFL iBT 59).

Cakupan beasiswa

  1. Beasiswa Tamim: Beasiswa ini berdasarkan prestasi dan keunggulan akademik. Ini didedikasikan untuk siswa Qatar dan internasional yang paling terkemuka di dunia Arab. Beasiswa termasuk cakupan biaya kuliah penuh, siswa internasional dari luar Qatar akan mendapat manfaat dari akomodasi gratis di asrama institut, tunjangan bulanan, asuransi kesehatan, dan dua tiket perjalanan dari dan ke negara asal pada saat kedatangan dan setelah lulus;
  2. Beasiswa Sanad: Beasiswa ini didasarkan pada kebutuhan keuangan siswa. Ini didedikasikan untuk Qatari, penduduk di Qatar dan siswa internasional. Beasiswa mencakup biaya program (10 hingga 100%). Siswa internasional dari luar Qatar akan mendapat manfaat dari biaya kuliah penuh, selain akomodasi gratis di asrama institut, tunjangan bulanan, asuransi kesehatan, dan dua tiket perjalanan dari dan ke negara asal pada saat kedatangan dan setelah lulus.

Dokumen yang Dibutuhkan

  1. Dokumen identifikasi;
  2. Transkrip sarjana;
  3. Sertifikat kelulusan atau diploma untuk lulusan;
  4. CV akademik;
  5. TOEFL atau IELTS atau DELF B2 hasil atau pernyataan resmi yang menyatakan bahwa gelar diajarkan dalam bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama;
  6. Pernyataan pribadi;
  7. Esai akademik (untuk pelamar ke Sekolah Ilmu Sosial dan Humaniora).

 

3.   Beasiswa S2 Qatar: ESED Scholarship

ESED (The Education for Sustainable Energy Partnership) Scholarship adalah beasiswa dengan pendanaan sebagian. Simak informasi lengkapnya sebagai berikut:

Persyaratan beasiswa

  1. Melakukan studi tingkat master di bidang yang terkait dengan pengembangan energi berkelanjutan;
  2. Mengejar studi penuh waktu setidaknya selama satu tahun sekolah penuh (dua atau tiga semester) pada pertengahan hingga akhir 2023;
  3. Merupakan warga negara berkembang dalam daftar penerima bantuan pembangunan resmi yang diidentifikasi oleh Komite Bantuan Pembangunan OECD;
  4. Berkomitmen untuk berkontribusi pada pembangunan negara asal mereka setelah studi diselesaikan;
  5. Menjadi siswa berprestasi: nilai luar biasa di 20% teratas di kelas, berkomitmen untuk pengembangan energi nol karbon, sejarah keterlibatan masyarakat, dan bertekad untuk memajukan pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki.

Cakupan beasiswa

Program The Education for Sustainable Energy Partnership (ESED) menawarkan beasiswa kepada selusin siswa setiap tahun dengan nilai maksimal 10.000 USD per tahun studi selama maksimal 2 tahun.

Dokumen yang dibutuhkan

  1. Paspor;
  2. CV;
  3. Surat penerimaan;
  4. Garis besar program;
  5. Transkrip;
  6. Dua surat referensi (akademik dan pribadi).

 

Baca Juga: Cari Tahu Beasiswa S3 di Qatar

 

4.   Beasiswa S1/S2/S3 Qatar: HBKU Scholarship

HBKU (Hamad Bin Khalifa University) Scholarship adalah beasiswa dengan pendanaan penuh dan partial (100% tuition waiver). Simak informasi lengkapnya sebagai berikut:

Persyaratan beasiswa

  1. Pelajar tidak dapat mengajukan permohonan beasiswa HBKU sampai mereka diterima dan berkomitmen untuk mendaftar di program HBKU yang sesuai.
  2. Beasiswa dan keringanan biaya kuliah dibuat untuk durasi maksimum program:

           a. 4 tahun untuk gelar BS, 

           b. 2 tahun untuk gelar MS/MA, 

           c. 3 sampai empat tahun untuk gelar PhD

           d. 3 tahun untuk pemegang MS

           e. 4 tahun untuk pemegang BS, serta 

           f. 3 tahun untuk program JD. Beasiswa diperbarui setiap tahun.

   3. Persyaratan tergantung masing-masing departemen

Cakupan beasiswa

  1. Pembebasan Uang Kuliah Sarjana (35-100%) – Pembebasan biaya kuliah penuh dapat diberikan kepada mahasiswa sarjana luar biasa dengan mempertimbangkan prestasi akademik, keunggulan, dan kebutuhan keuangan;
  2. Pembebasan Uang Kuliah Pascasarjana (35-100%) – Mahasiswa MS/MA, JD, dan PhD dapat ditawarkan pembebasan biaya kuliah sebagian atau penuh (35-100%) dengan mempertimbangkan prestasi akademik, keunggulan dan kebutuhan keuangan, serta status pendaftaran (paruh waktu atau penuh waktu);
  3. Penghargaan atau tunjangan beasiswa mahasiswa pascasarjana internasional untuk mahasiswa MS/MA/JD/PhD: Biaya perumahan penuh atau bersubsidi (35 hingga 100%) dan tunjangan bulanan.

Dokumen yang dibutuhkan

  1. Sertifikat gelar;
  2. Transkrip akademik;
  3. Paspor;
  4. Sertifikat bahasa Inggris;

 

Baca Juga: Rekomendasi Beasiswa S1 Qatar

 

Raih Kesempatan Mendapatkan Beasiswa Qatar bersama Schoters

Ingin lolos mendapatkan beasiswa Qatar? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa Qatar? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

beasiswa qatar