Berburu Gelar Doktor dengan 5 Beasiswa S-3 di Italia

Info Beasiswa, 22 Sep 2022

Italia adalah salah satu negara di Eropa yang memiliki tradisi pendidikan yang kuat dengan berbagai perguruan tinggi yang bergengsi dan memiliki sejarah yang panjang, termasuk di antaranya University of Bologna, universitas tertua di belahan dunia bagian barat yang masih terus beroperasi hingga sekarang. Oleh karena itu, menempuh program doktoral di Italia bisa menjadi salah satu pilihan menarik untuk dipertimbangkan bagi calon-calon mahasiswa doktoral.

Apa Saja Pilihan Pogram Doktoral di Italia?

Program doktoral di Italia sendiri tersedia dalam 2 (dua) jenis, antara lain :

  • The Dottorato (PhD), yang diberikan oleh universitas di Italia
  • Diploma Accademico di Formazione Alla Ricerca (Diploma of Undergraduate Studies), yang diperoleh dari salah satu Advanced Institute of Arts and Music Education (Adams) di Italia.  

Pelajar yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan doktoral di Italia juga bisa memilih program dari berbagai bidang studi yang tersedia di perguruan tinggi di Italia seperti program Fashion, Manajemen, Pendidikan, Kesehatan dan lain sebagainya.

Beasiswa S-3 di Italia

Terdapat beberapa alternatif beasiswa yang bisa dicoba bagi calon mahasiswa doktoral Indonesia yang berkeinginan untuk menempuh studi lebih lanjut di Italia. Beasiswa-beasiswa tersebut antara lain:

1. MAECI Scholarship

MAECI Scholarship adalah salah satu beasiswa fully funded yang ditawarkan oleh Pemerintah Italia untuk mahasiswa S-2 dan S-3 dari semua bidang studi yang berkeinginan untuk menempuh studi lebih lanjut di Italia. Catatan penting yang perlu diperhatikan ketika melamar beasiswa ini adalah pelamar sudah harus memiliki admission letter yang menyatakan pelamar sudah diterima untuk studi di salah satu universitas di Italia serta tidak berusia lebih dari 30 tahun untuk pelamar Phd.  

           Baca juga: Italian Government Scholarship (MAECI) untuk Kuliah S-2 dan S-3 di Italia

2. Scuola Normale Superiore PhD Scholarship

Scuola Normale Superiore PhD Scholarship adalah beasiswa fully funded yang ditawarkan oleh Scuola Normale Superiore, salah satu perguruan tinggi di Italia bagi calon mahasiswa S-3 untuk berbagai program termasuk Astrochemistry, Italian Studies and Modern Philology, Data Science, Computational Methods and Mathematical Models for Sciences and Finances, History dan History of Art. Seleksi untuk beasiswa ini akan dilakukan berdasarkan pencapaian akademik dan wawancara.

3. PhD Program di University of Brescia

PhD Program di University of Brescia menawarkan beasiswa yang bersifat parsial kepada mahasiswa yang berminat melanjutkan pendidikan doktoral di University of Brescia. Bidang studi yang dibuka untuk program Phd di perguruan tinggi ini antara lain bidang Natural Sciences, Life Sciences and Technology, Health and Medical Sciences, Engineering, Humanities and Social Sciences, Finance and Economics, Information and Communication Technology dan Business.    

4. PhD Program di School of Advanced Studies – International Doctoral School di University of Camerino

Sama seperti program PhD di University of Brescia, University of Camerino juga menawarkan beasiswa parsial bagi calon mahasiswa doktoral yang berniat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi tersebut. Pada tahun 2022, University of Camerino menawarkan beasiswa pelamar program PhD untuk bidang studi Architecture, Design and Planning, Chemical and Pharmaceutical Sciences and Biotechnology, Computer Science and Mathematics, Legal and Social Sciences, Life and Health Sciences, Natural Hazards and Disaster Risk Reduction, Neglected and Poverty Related Parasitic Diseases dan Physics, Earth and Material Sciences. Sebagai catatan, program yang ditawarkan untuk beasiswa dapat berbeda-beda setiap tahunnya.

5. NRPP PhD Scholarship di University of Bologna

University of Bologna merupakan universitas tertua di Italia, juga menawarkan beasiswa untuk biaya pendidikan, biaya hidup dan penelitian kepada calon mahasiswa doktoral selama periode masa studi di University of Bologna. Beasiswa ini dibuka untuk berbagai PhD program di banyak bidang studi termasuk di antaranya Biological, Geological and Agricultural Sciences, Legal, Political, Economic, Statistical Sciences, Engineering Sciences, Mathematical Physical, Chemical and Astronomical Sciences, Medical, Pharmaceutical and Veterinary Sciences dan Humanistic Sciences.  

Tentu saja, selain lima beasiswa di atas, masih banyak lagi beasiswa S-3 yang tersedia bagi calon mahasiswa yang ingin belajar langsung di Italia. Buona fortuna!

          Baca juga: Kenapa Anda Harus Lanjut S-2 dan S-3? Berikut Alasannya

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini 

Beasiswa S-3 di Italia