fbpx

Beasiswa Kuliah S1 di Turki: Bilkent University

Info Beasiswa, Kampus Luar Negeri

Hunters ingin kuliah di Turki? Bisa banget nih, mendaftar beasiswa S1 Bilkent University~ Cek informasi selengkapnya di artikel ini, ya!

 

Mengenal Bilkent University

Bilkent University diakui secara internasional sebagai institusi pendidikan tinggi terkemuka di Turki. Terletak di Ankara, ibu kota Turki, universitas ini berfungsi sebagai pusat kegiatan akademik, sosial, dan budaya. Bilkent University didirikan pada tahun 1984 sebagai institusi pendidikan tinggi swasta nonprofit pertama di Turki.

Dengan para sarjana terkenal di dunia dan fasilitas pendidikan yang sangat baik di seluruh kampusnya, Bilkent saat ini menarik banyak lulusan sekolah menengah paling cerdas di Turki. Universitas ini menampung lebih dari 13.000 mahasiswa yang mengejar gelar di 34 program sarjana dan 58 program pascasarjana.

Bahasa pengantar di Bilkent adalah bahasa Inggris. Fakultas dan instruktur internasional membentuk lebih dari seperempat dari semua staf akademik, mewakili 34 negara yang berbeda. Ada semakin banyak mahasiswa internasional penuh waktu dan siswa pertukaran yang berasal dari 73 negara.

Bilkent University menawarkan suasana budaya dan sosial yang hidup. Kampus seluas 500 hektar ini hanya berjarak 12 kilometer dari pusat kota Ankara, dengan akses mudah ke taman kota, area perbelanjaan, kegiatan budaya, museum, dan tempat hiburan. Selain itu, lokasi Bilkent di jantung Anatolia yang kaya akan sejarah memungkinkan akses mudah ke kota-kota lain, desa tradisional, pemandangan menakjubkan, situs bersejarah, dan tempat-tempat budaya yang menarik di seluruh negeri.

Baca Juga: Cek Biaya Kuliah di Turki, Ternyata Murah Loh!

 

Pilihan Jurusan S1 Bilkent University

FACULTY OF ART, DESIGN AND ARCHITECTURE

FACULTY OF BUSINESS ADMINISTRATION

FACULTY OF ECONOMICS, ADMINISTRATIVE AND SOCIAL SCIENCES

FACULTY OF ENGINEERING

FACULTY OF HUMANITIES AND LETTERS

FACULTY OF SCIENCE

FACULTY OF MUSIC AND PERFORMING ARTS

SCHOOL OF APPLIED TECHNOLOGY AND MANAGEMENT

 

Persyaratan Beasiswa s1 Bilkent University

  1. Calon mahasiswa internasional yang mengajukan beasiswa dinilai berdasarkan nilai sekolah menengah, nilai ujian nasional dan/atau internasional, pilihan program, dan kriteria akademik lain yang relevan.
  2. Pelamar yang memenuhi syarat ditawarkan beasiswa bebas biaya kuliah sebagian (partial) atau penuh (fully funded). Beasiswa untuk biaya kuliah diberikan dalam lima tingkatan, mulai dari 20% hingga 100% dengan peningkatan 20%. Beasiswa akomodasi tersedia untuk sejumlah kecil mahasiswa berprestasi yang mendapat beasiswa biaya kuliah penuh.
    Rank Percent of tuition
    First 1% 100%
    Second 1% 80%
    Third 1% 60%
    Fourth 1% 40%
    Fifth 1% 20%
  3. Mahasiswa dapat memperoleh manfaat dari beasiswa keringanan biaya kuliah selama maksimal 4 semester di Program Persiapan Bahasa Inggris dan maksimal 10 semester dalam program sarjana 4 tahun. Beasiswa akomodasi diberikan hingga 8 semester.
  4. Penerima beasiswa diminta untuk mengambil setidaknya beban kursus minimum* dari kurikulum mereka yang ditentukan untuk departemen utama mereka setiap semester (tidak termasuk kursus tambahan, kursus program minor, kursus yang ditarik**, GE100, GE251 dan kursus non-kredit) dan untuk mempertahankan IPK Tahunan minimal 2.00/4.00.
  5. Mahasiswa Program Persiapan Bahasa Inggris harus memenuhi syarat untuk mengikuti ujian ECA atau PAE pada akhir setiap kursus atau lulus PAE pada akhir tahun akademik. Bagi mahasiswa yang tidak memenuhi syarat tersebut, beasiswa akan diturunkan satu atau dua tingkat dan tidak dapat dikembalikan walaupun mahasiswa tersebut meningkatkan prestasinya. Jika tidak ada mata kuliah semester Musim Gugur atau Musim Semi dalam IPK Tahunan, mahasiswa dengan kurang dari 2,00 diberi peringatan; jika gagal memenuhi persyaratan yang dipersyaratkan pada akhir tahun berikutnya, beasiswa akan dikurangi dua tingkat.
  6. Mahasiswa dengan beasiswa akomodasi diharuskan mempertahankan IPK Tahunan minimum 2.50/4.00. Mahasiswa yang tidak memenuhi persyaratan ini akan kehilangan beasiswa akomodasi mereka. Jika IPK Tahunan mereka kurang dari 2,00, beasiswa mereka akan dikurangi dua tingkat.
  7. Kehadiran untuk semua kuliah dan kegiatan akademik adalah wajib bagi semua penerima beasiswa, bahkan jika instruktur kursus tidak mengambil kehadiran formal atau menentukan tingkat kehadiran minimum. Dalam kasus kehadiran yang buruk, beasiswa dapat ditangguhkan sementara.
  8. Jika mahasiswa penerima beasiswa dikenakan tindakan disipliner, beasiswanya saat ini dapat dikurangi atau dibatalkan tergantung pada pelanggaran disiplin dan sanksi yang dijatuhkan.
  9. Mahasiswa yang mengikuti program pertukaran selama satu atau dua semester diwajibkan untuk mengambil dan lulus sejumlah mata kuliah yang setara dengan beban mata kuliah minimum.

* Beban kursus minimum tergantung pada departemen. Informasi ini dapat ditemukan di SRS (https://stars.bilkent.edu.tr/srs/)

** Mahasiswa yang mengambil beban mata kuliah minimum setiap semester dapat mengundurkan diri dari paling banyak satu mata kuliah selama satu tahun akademik.

*** IPK Tahunan dihitung sebagai rata-rata tertimbang dari nilai Musim Gugur dan Musim Semi. Jumlah poin nilai semester Musim Gugur dan Musim Semi dibagi dengan jumlah kredit semester Musim Gugur dan Musim Semi. Jika mata kuliah yang diambil pada semester Musim Gugur diulang pada semester Musim Semi, maka kedua nilai tersebut dimasukkan dalam perhitungan IPK Tahunan.

 

Persyaratan Skor Tes Akademik & Bahasa Inggris

TES AKADEMIK TERSTANDARDISASI

  • SAT (Reasoning Test: skor minimal 900 dari 1600 di Matematika dan Critical Reading, Subject Test: skor minila 500 dari 800 di minimal 2 bagian yang terkait dengan program yang didaftar)
  • GCE Advanced Level (General Certificate Education), Cambridge International A Level: minimal 3 mata pelajaran A Level di bidang yang terkait dengan program yang didaftar dengan minimal nilai “C”
  • International Baccalaureate (IB): Skor minimal 28 dari 45. Minimal satu mata kuliah HL yang terkait dengan program yang didaftar.
  • Olimpiade Sains Internasional: Pemegang Medali Emas, Perak, atau Perunggu dalam Olimpiade Sains Internasional yang diakui oleh TÜBİTAK (Dewan Riset Ilmiah dan Teknis Turki)
  • Nilai UN (minimal 53 dari 60)

TES BAHASA INGGRIS

  • IELTS (minimal skor keseluruhan 6.5, dengan skor tiap bagian minimal 5.5)
  • TOEFL iBT (minimal 87)

Butuh bantuan untuk meningkatkan skor tes-tes di atas? Ikut bimbingan di Schoters, yuk!

 

Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran semester Fall untuk tahun akademik 2021-2022 berlangsung pada tanggal 15 Februari-10 Juli 2021. Buruan daftar!

 

Biaya Pendaftaran

Bilkent University membebankan biaya pendaftaran sebesar 10 USD untuk aplikasi sarjana. Biaya aplikasi harus dibayar sebelum mengisi formulir aplikasi online.

 

Kamu pejuang kuliah di Turki garis keras? Dapatkan bimbingan khusus untuk persiapan kuliah ke Turki dan wujudkan impianmu kuliah di negeri bulan sabit ini!

Semangat, Hunters!

Pin It on Pinterest

Share This