Menilik Informasi Menarik Tentang 10 Beasiswa S1 Luar Negeri

Beasiswa S1 luar negeri masih jadi incaran banyak pelajar Indonesia. Keinginan untuk bisa menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri sangat menggebu-gebu demi untuk merasakan segudang manfaat dan ilmu baru lagi melalui kualitas pendidikan yang lebih baik.

Tidak bisa dipungkiri, besarnya biaya yang harus dikeluarkan saat bersekolah di luar negeri seringkali membuat pendidikan di luar negeri seringkali identik dengan kata mahal. Meskipun demikian, biaya kini tidak perlu lagi menjadi kendala untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri mengingat banyaknya alternatif beasiswa yang bisa kamu coba di seluruh jenjang pendidikan, termasuk jenjang S1.

Yang menarik adalah, banyak dari program beasiswa luar negeri ini juga menawarkan benefit atau keuntungan tambahan, di luar pembebasan biaya kuliah. Mau tahu beasiswa S1 luar negeri mana saja yang bisa kamu pertimbangkan sebagai alternatif pembiayaan studi? Simak daftar beberapa beasiswanya berikut ini. 

 

Daftar Beasiswa S1 Luar Negeri

1. Global Korea Scholarship

Global Korea Scholarship adalah program beasiswa yang dibuka setiap tahunnya oleh Pemerintah Korea Selatan untuk semua jenjang pendidikan, termasuk jenjang Sarjana. Beasiswa ini terbuka untuk seluruh program studi yang ditawarkan oleh universitas di Korea Selatan yang berpartisipasi dalam program beasiswa ini. Secara umum, periode jenjang S1 di bawah beasiswa Global Korea Scholarship dapat berlangsung dalam jangka waktu 4-6 tahun, dengan tambahan 1 (satu) tahun untuk kelas bahasa Korea.

Beasiswa ini memiliki 2 (dua) jalur pendaftaran yang berbeda yaitu :

  1. Embassy Track atau jalur pendaftaran melalui Kedutaan Korea Selatan, dimana pendaftar mengajukan berkas pendaftaran beasiswa melalui Kedutaan Korea Selatan di negara masing-masing. Pendaftar yang memilih mengajukan pendaftaran melalui jalur ini dapat memilih 3 (tiga) universitas yang berbeda, sesuai dengan ketentuan program beasiswa. 
  2. University Track atau jalur pendaftaran melalui universitas, dimana pendaftar mengajukan berkas pendaftaran beasiswa langsung ke universitas yang dituju.

Cakupan Beasiswa

Penerima beasiswa S1 luar negeri ini akan mendapatkan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Tiket penerbangan ekonomi menuju dan dari Korea Selatan
  2. Tunjangan kedatangan sebesar 200.000 KRW yang diberikan satu kali pada saat kedatangan
  3. Uang saku bulanan sebesar 900.000 KRW per bulan
  4. Tunjangan Korean Proficiency Grants sebesar 100.000 KRW per bulan
  5. Tunjangan Degree Completion Grants sebesar 100.000 KRW yang diberikan di akhir studi
  6. Biaya asuransi kesehatan
  7. Biaya kelas bahasa Korea
  8. Biaya kuliah sebesar maksimal 5.000.000 KRW

Persyaratan Beasiswa

  1. Bukan warga negara Korea Selatan
  2. Sudah lulus (atau akan lulus) dari sekolah menengah atas atau dari jurusan D3 (associate degree)
  3. Memiliki nilai rata-rata di atas 80% atau mendapat peringkat 20% terbaik dalam satu angkatan
  4. Memiliki rata-rata IPK minimal 2.64 dalam skala 4.0

2. Brunei Darussalam Government Scholarship

Beasiswa S1 luar negeri berikutnya yang menarik untuk dicoba adalah Brunei Darussalam Government Scholarship, sebuah program yang dibuka oleh Pemerintah Brunei Darussalam untuk memberikan kesempatan kepada pelajar internasional di berbagai jenjang pendidikan termasuk Diploma, Sarjana dan Pascasarjana untuk menempuh studi di banyak institusi perguruan tinggi di Brunei Darussalam, termasuk di antaranya :

  1. Universiti Brunei Darussalam (UBD)
  2. Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA)
  3. Universiti Teknologi Brunei (UTB)
  4. Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB)
  5. Politeknik Brunei

Cakupan Beasiswa

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Pembebasan biaya kuliah termasuk biaya yang dikeluarkan saat penerimaan, seleksi, registrasi dan orientasi selama periode studi
  2. Tiket penerbangan ekonomi PP Brunei Darussalam dari negara asal masing-masing
  3. Uang saku bulanan sebesar BND$ 500,00
  4. Tunjangan konsumsi bulanan sebesar BND$ 150,00
  5. Tunjangan buku tahunan sebesar BND$ 600,00
  6. Akomodasi di asrama kampus universitas/politeknik yang dituju
  7. Tunjangan pengiriman bagasi yang harus dikirimkan ke negara asal yang diberikan di akhir periode studi sebesar maksimal BND$250.00 untuk negara dalam regional ASEAN, termasuk Indonesia
  8. Biaya asuransi kesehatan selama periode studi

Persyaratan Beasiswa

Untuk dapat mendaftar program beasiswa ini, berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi :

  1. Berusia maksimal 25 tahun di hari pertama bulan Juli saat perkuliahan dimulai
  2. Mampu berbahasa Inggris dengan baik yang dibuktikan dengan skor IELTS minimal 6.0, skor TOEFL minimal 550, skor GCE ‘O’ Level Examination minimal Credit 6 atau skor IGCSE English minimal Grade C
  3. Baru pertama kali menempuh pendidikan di Brunei Darussalam (Warga negara Brunei Darussalam, permanent residents dan pelajar internasional yang sudah pernah kuliah di institusi pendidikan tinggi di Brunei Darussalam tidak dapat mendaftar beasiswa ini)

3. Stipendium Hungaricum Scholarship

Beasiswa S1 luar negeri berikutnya yang juga bisa dipertimbangkan adalah program Stipendium Hungaricum Scholarship yang diluncurkan sejak tahun 2013 oleh Pemerintah Hungaria untuk pelajar internasional yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi di Hungaria. Program ini tersedia untuk berbagai jenjang pendidikan, termasuk jenjang Sarjana, Pasca Sarjana dan program studi non-degree. Untuk jenjang sarjana, periode perkuliahan di bawah beasiswa ini biasanya berlangsung sekitar 2-4 tahun.

Program Stipendium Hungaricum Scholarship ini dibuka untuk sekitar 650 program studi dari 28 insitusi pendidikan tinggi di Hungaria yang menggunakan berbagai bahasa asing sebagai bahasa pengantar utama, terutama bahasa Inggris dan Hungaria. Untuk jenjang Sarjana, program beasiswa ini dibuka untuk bidang studi agriculture, natural science, economics, information technology and technical studies, arts dan sport studies.

Cakupan Beasiswa

Penerima beasiswa Stipendium Hungaricum akan menerima keuntungan sebagai berikut :

  1. Pembebasan biaya kuliah sepenuhnya
  2. Uang saku bulanan sebesar HUF 43.700 yang diberikan selama periode studi.
  3. Jatah tempat tinggal di asrama kampus atau tunjangan akomodasi sebesar HUF 40.000 per bulan selama periode studi apabila penerima beasiswa tinggal di luar asrama kampus
  4. Biaya asuransi kesehatan sesuai peraturan perundangan yang berlaku serta asuransi kesehatan tambahan bernilai hingga HUF 65.000 per tahun

Persyaratan Beasiswa

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar program beasiswa ini antara lain :

  1. Berusia minimal 18 tahun
  2. Mendapatkan rekomendasi dari Sending Partner dari negara asal masing-masing. Sending partners untuk Indonesia adalah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
  3. Memenuhi persyaratan minimal bahasa baik bahasa Inggris maupun bahasa Hungaria yang ditetapkan oleh perguruan tinggi tujuan

Nah, itulah beberapa beasiswa fully funded S1 di luar negeri yang bisa kamu pilih. Jika Hunters yang masih bingung ingin mencari beasiswa yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan, Schoters bisa menjadi tempat yang tepat untuk Hunters yang ingin berkonsultasi mencari beasiswa terbaik.

Schoters sebagai jasa layanan tes beasiswa luar negeri siap membantu Hunters mencari program beasiswa yang tepat untuk masa depan.

4. MEXT Scholarship

Beasiswa S1 luar negeri yang pertama yaitu MEXT Scholarship. Bagi Hunters yang punya impian untuk lanjut studi S1 di Jepang mungkin bisa mencoba beasiswa yang satu ini.

Dalam beasiswa ini memang tidak diwajibkan fasih berbahasa Jepang. Meskipun begitu, Hunters disarankan menguasai Bahasa Jepang setidaknya pada tingkat dasar.

Ada 3 jenis beasiswa MEXT yaitu: Undergraduate (Gakubu), Specialized Training Collage (Senshu), dan College of Technology (Kosen) dengan berbagai pilihan program pendidikan yang bisa kamu akses di sini.

Untuk bisa mengikuti beasiswa ini adalah pastikan sudah lulus sekolah tingkat SMA/SMK/Sederajat, saat mendaftar maskimal berusia 24 tahun.

MEXT scholarship menawarkan beberapa fasilitas hingga biaya kuliah yang ditanggung sepenuhnya, tunjangan hidup sebesar 117.000 Yen atau Rp 15 jutaan per bulan, tiket pesawat PP Indonesia-Jepang, bebas biaya pengurusan visa pelajar, dan tanpa terikat ikatan dinas. 

5. Mitsui Bussan Scholarship

Beasiswa S1 luar negeri selanjutnya adalah Mitsui Bussan Scholarship. Beasiswa ini bisa menjadi pilihan Hunters apabila ingin melanjutkan S1 di Jepang. Manfaat yang ditawarkan mencakup banyak manfaat mulai dari pelatihan bahasa Jepang hingga biaya kuliah. 

Syarat untuk mendapatkan beasiswa adalah pastikan Hunters berusia di bawah 20 tahun, belum menikah dan bersedia tidak menikah selama penerimaan beasiswa, lulusan SMA jurusan IPA dan IPS, bersedia untuk belajar bahasa Jepang dan beberapa syarat lainnya yang bisa diakses di sini.

Beasiswa Mitsui Bussan terdiri atas biaya pendaftaraan gratis, tunjangan hidup senilai 145.000 Yen atau sekitar Rp16 jutaan, tiket pesawat PP Indonesia–Jepang, tunjangan kedatangan senilai 50.000 Yen atau sekitar Rp5,5 jutaan saat Hunters datang ke Jepang, dan gratis biaya perkuliahan termasuk gratis kursus Bahasa Jepang.

 

Tertarik dengan beasiswa – beasiswa tersebut dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

6. Orange Tulip Scholarship

Orange Tulip Scholarship adalah beasiswa S1 luar negeri yang bisa menjadi pilihan Hunters untuk lanjut studi S1 di Eropa.

Program beasiswa ini merupakan kerja sama pemerintah Belanda melalui Nuffic Neso Indonesia yang bekerja sama dengan sekitar 25 perguruan tinggi terbaik di negara tersebut.

Sebelum memilih beasiswa ini, beberapa syarat yang perlu diperhatikan seperti tidak sedang bekerja atau menempuh studi di Belanda, sedang dalam proses pendaftaraan, atau telah diterima pada salah satu kampus Mitra Orange Tulip Scholarship.

Salah satu benefit yang Hunters akan dapatkan yaitu potongan biaya pendidikan sebesar 30 hingga 100 persen dari mulai masuk kuliah pertama kali hingga lulus kuliah.

 

Baca juga: Beasiswa Exchange S1 dan S2 ke Luar Negeri

 

7. IFA Paris Scholarship

Bercita-cita menjadi desainer kelas dunia dan berkuliah di kampus desainer terbaik dunia? IFA Paris Scholarship bisa menjadi pilihan beasiswa yang menarik untuk Hunters!

Khusus untuk program S1, Hunters bisa memilih empat program studi seperti Bachelor Fashion Design and Technology, Bachelor Visual Merchandising, Bachelor Fashion Marketing, dan Bachelor Fashion Sustainability.

Hunters bisa mendaftar beasiswa S1 luar negeri ini dengan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi yaitu minimum usia 16 tahun, memiliki skor IELTS 5.5 dan TOEFL 65, memiliki minat pada bidang fashion dan desainer, wajib melampirkan portofolio hasil karya, dan membayar biaya pendaftaran sebesar 150 Euro.

Beberapa benefit yang Hunters akan dapatkan dari IFA Paris Scholarship mencakup bebas biaya pendidikan, dan pengurangan biaya pendidikan sebesar 20 hingga 40 persen tergantung dari program beasiswa apa yang dipilih.

 

8. KAIST Scholarship

Bagaimana dengan pendidikan S1 di Korea Selatan? Kabar bahagia untuk Hunters, khususnya peminat ilmu pengetahuan dan sains, Beasiswa S1 ini bisa menjadi pilihan beasiswa yang menarik, loh!

Dalam program beasiswa KAIST menghadirkan beberapa manfaat seperti gratis biaya kuliah selama delapan semester, dukungan biaya hidup hingga 300 dolar atau Rp 4,3 juta per bulan, dan bebas biaya asuransi kesehatan.

Beberapa syarat yang harus Hunters penuhi seperti: sudah lulus SMA sebelum 31 Agustus 2022, siap untuk berkuliah pada musim gugur 2022 ini, memenuhi nilai TOEFL iBT minimal 83, TOEFL PBT minimal 63, TOEFL CBT minimal 220, IELTS minimal 6,5, TOEIC Listening dan Reading minimal 720, dan TEPS minimal 326. dokumen lainnya dapat dilihat di sini.

 

Baca juga: Beasiswa S1 Luar Negeri Fully Funded

 

9. Türkiye Burslari Scholarship

Beasiswa S1 luar negeri yaitu Türkiye Burslari Scholarship dibuka setiap tahun.  Pemerintah Turki bekerja sama dengan 12 universitas ternama dan terbaik dari seluruh Turki.

Adapun syarat mengikuti beasiswa ini yaitu: prestasi akademik minimum untuk program S1 yaitu 70%, sementara itu, untuk program ilmu kesehatan seperti Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi minimum 90%, dan berusia maksimal 21 tahun untuk program S-1.

Beasiswa ini menawarkan berbagai program dan pastinya terbuka untuk pelajar dari seluruh negara.

Beberapa manfaat yang bisa Hunters dapatkan antara lain uang bulanan sebesar 800 Lira Turki atau setara Rp 1,5 jutaan, gartis tiket PP Indonesia-Turki, asuransi kesehatan, akomodasi, serta gratis kursus gratis bahasa Turki selama 1 tahun.

 

10. K-ARTS Scholarship

Pilihan beasiswa S1 luar negeri lainnya adalah K-ARTS Scholarship. Beasiswa ini ditujukan untuk Hunters yang memang bercita-cita menjadi seniman hebat dan berkesempatan belajar seni di Korea National University of Arts. Beberapa jurusan yang tersedia dapat dilihat di sini.

Beberapa benefit dari beasiswa ini seperti gratis tiket pesawat PP ke negara asal, tunjangan bulanan sebesar 800.000 Won atau setara Rp10 jutaan per bulan, pelatihan Bahasa Korea intensif selama 4 bulan sebelum masuk, gratis biaya kuliah penuh untuk semester reguler, dan asuransi kesehatan.

Untuk bisa mengikuti beasiswa ini, ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan seperti: menyelesaikan jenjang pendidikan SMA atau sederajat, memenuhi persyaratan keahlian berbahasa Korea yang sudah ditetapkan di setiap departemen, dan memiliki syarat keterampilan dan bakat yang dibutuhkan melalui pengajuan portofolio yang disyaratkan masing-masing jurusan serta beberapa syarat lainnya.

 

Baca Juga : Full Beasiswa Ke Luar Negeri Tanpa Toefl! Wajib Tahu

 

Rekomendasi bimbingan persiapan beasiswa S1 luar negeri

Ingin lolos beasiswa S1 luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa S1 luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

beasiswa s1 luar negeri

Sumber:

  1. Website resmi Study in Korea. www.studyinkorea.go.kr
  2. Website resmi Brunei Darussalam Government Scholarship. www.mfa.gov.bn
  3. Website resmi Stipendum Hungaricum. stipendiumhungaricum.hu