3 Beasiswa S1 Mesir: Simak Informasi Syarat dan Cakupannya

Ingin mendapatkan beasiswa S1 Mesir? sebagai salah satu negara dengan sejarah yang sangat panjang memiliki nilai tersendiri bagi mahasiswa asal Indonesia untuk menimba ilmu di sana. Selain itu, biaya hidup, ketersediaan beasiswa kuliah S1 di Mesir, dan pendidikan berkualitas dibandingkan dengan negara-negara di kawasannya juga menjadi alasan utama. Universitas-universitas berkualitas dunia dengan kurikulum yang berfokus pada bidang-bidang seperti ilmu agama, kedokteran, teknik, dan sains, membuat banyak mahasiswa tertarik untuk mengambil program studi tersebut di Mesir. Dengan adanya beasiswa S1 Mesir, dapat menjadi alternatif bagi para calon mahasiswa Indonesia yang ingin mengenyam pendidikan tinggi di luar negeri dengan biaya yang lebih terjangkau.

Artikel ini membahas tiga beasiswa S1 Mesir yang bisa menjadi alternatif pembiayaan bagi mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah di Mesir. Dalam artikel ini, kalian akan menemukan informasi lengkap tentang persyaratan dari masing-masing beasiswa. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi opsi beasiswa S1 Mesir yang tersedia dan dapatkan peluang untuk mewujudkan impian kuliah di Mesir!

 

1. Beasiswa Al-Azhar Kairo Mesir

Beasiswa ini diberikan kepada siswa yang lulus dari Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren yang memenuhi syarat untuk kuliah secara gratis di Al Azhar University. Penerima beasiswa dapat memilih program studi yang diinginkannya mulai dari natural science seperti matematika dan fisika, engineering, humanities and social sciences, hingga finance and economics. 

Berikut adalah persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pendaftar:

1. Mengikuti ujian Ikhtibar Tashfiyah/Tahdid Mustawa dan membayar biaya mengikuti ujian sebesar Rp.400.000

2. Sertifikat kelulusan sekolah menengah Al-Azhar, atau sertifikat lain yang setara.

3. Sertifikat sekolah menengah Islam atau setara (sertifikat sekolah menengah setara dengan sertifikat sekolah menengah Al-Azhar atau sertifikat sekolah menengah Islam yang dikeluarkan dari luar A.R.E, harus disertifikasi oleh Kementerian Luar Negeri Mesir) atau sertifikat yang setara dengan sertifikat universitas Al-Azhar yang telah disamakan oleh Komite Utama Kesetaraan Sertifikat di universitas Al-Azhar (sertifikat yang dikeluarkan dari luar A.R.E harus disertifikasi oleh Kementerian Luar Negeri Mesir).

4. Sertifikat tempat lahir atau transkrip resmi, jika sertifikat dikeluarkan dari luar A.R.E, harus disertifikasi oleh otoritas yang berwenang.

5. 3 salinan dari sertifikat asli tempat lahir.

6. Surat persetujuan yang dikeluarkan dari kedutaan tempat siswa berafiliasi, yang menyatakan bahwa siswa tersebut telah memperoleh sertifikat sekolah menengah setara dari luar Mesir. Keaslian sertifikat tersebut harus diverifikasi oleh kedutaan, dan untuk mengkonfirmasi jika siswa diizinkan untuk bergabung dengan universitas atau tidak.

7. Paspor.

8. Paspor pendaftar harus masih berlaku dan berisi visa yang jelas.

9. 3 salinan dari paspor asli.

10. Sertifikat Kemahiran Berbahasa Arab.

 

Baca Juga: Ketahui Info Lebih Lengkap Mengenai Universitas Al-Azhar di Mesir

 

2. AUC Excellence Scholarship Program

Beasiswa yang diberikan oleh The American University in Cairo ini memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi dari seluruh dunia. Tiap tahunnya, 1.000 siswa diberikan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini dimana hampir separuhnya diberikan beasiswa gratis kuliah. 

Jika kalian tertarik mendaftar pada beasiswa ini, berikut adalah persyaratan yang wajib kalian penuhi:

1. Membayar biaya pendaftaran sebesar USD 50

2. Sertifikat IELTS

3. Paspor

4. Bagi siswa yang lulus dari sekolah berkurikulum IGCSE, wajib melampirkan statements of results yang dicap oleh sekolah

5. Bagi siswa yang lulus dari sekolah berkurikulum IB, wajib melampirkan electronic results dari IBO Board

6. Paspor

7. Ijazah

8. Transkrip akademik

9. Surat rekomendasi

10. Personal statement (sepanjang 300 – 500 kata) yang menjelaskan ketertarikan kalian dalam mendaftar AUC. Personal statement kalian harus berfokus pada bagaimana sebuah kesempatan untuk kuliah di AUC dapat memberikan dampak besar dan membuat kalian dapat membuat perubahan positif di masyarakat.

11. Bukti aktivitas ekstrakurikuler yang diakui dibuktikan dengan sertifikat keikutsertaan atau sertifikat prestasi

 

3. German University in Cairo Scholarship

Beasiswa yang diberikan oleh GUC ini khusus diberikan kepada siswa yang lulus dari sekolah dengan kurikulum IGCSE, GCSE, International Baccalaureate, dan kurikulum internasional lainnya. Kalian dapat memilih berbagai program studi yang ditawarkan dengan memenuhi syarat pada tiap program studi yang kalian tuju. 

Namun, pada umumnya, berikut adalah syarat minimal yang wajib kalian penuhi:

1. Transkrip IB terakhir/saat lulus

2. Diploma Kelulusan IB terakhir/saat lulus

3. Bukti 12 tahun Sekolah

4. Akta kelahiran

5. 6 foto ukuran paspor

6. Sertifikat kecakapan berbahasa Inggris

7. Lulus pada minimum 6 mata pelajaran dengan 3 mata pelajaran diambil pada high level

 

Baca Juga: Simak Daftar Universitas Islam Terbaik Dunia, Ada Cairo University

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Beasiswa S1 Mesir

Ingin lolos beasiswa luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa S1 Mesir? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

beasiswa s1 mesir