Info 5 Beasiswa S2 Jepang untuk Pelajar Indonesia

Musim beasiswa datang lagi nih Hunters. Jika Hunters punya mimpi kuliah gratis di Jepang dan bisa melanjutkan jenjang Magister, berikut Schoters rangkumkan 5 beasiswa S2 Jepang untuk pelajar dari Indonesia beserta info persyaratan pendaftar beasiswa lengkap!

5 Rekomendasi Beasiswa S2 Jepang

1. Beasiswa Monbukagokusho (MEXT) 

Beasiswa S2 Jepang yang paling banyak dicari dikenal adalah MEXT Scholarship. Program beasiswa S2 luar negeri Jepang ini diberikan langsung oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (MEXT) Jepang. Beasiswa S2 Jepang ini membuka kesempatan para mahasiswa internasional untuk bersekolah ke universitas terbaik di Jepang.

Manfaat yang bisa Hunters dapatkan sebagai awardee beasiswa S2 Jepang ini antara lain biaya kuliah, uang saku bulanan, asuransi kesehatan dan biaya perjalanan. Sedangkan persyaratan yang harus Hunters persiapkan antara lain:

1. Usia maksimal 34 tahun di tanggal 34 April.

2. Lulusan D4/S1

3. Memilih bidang studi tujuan beasiswa MEXT.

4. Minimal IPK 3,2.

5. Sertifikat bahasa Inggris atau Jepang.

6. Sehat jasmani dan rohani.

7. Bersedia belajar bahasa Jepang bagi yang belum menguasai.

8. Memenuhi salah satu dari persyaratan akademik.

Sedangkan bagi Hunters yang membutuhkan informasi lebih untuk beasiswa S2 luar negeri jepang ini, bisa klik link berikut ini.

2. Beasiswa S2 Jepang, JASSO

Beasiswa S2 Jepang selanjutnya datang dari Japan Student Services Organization atau JASSO yang membuka kesempatan para mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi S2 di Jepang. Beasiswa S2 luar negeri Jepang ini menawarkan bantuan biaya kuliah, uang saku bulanan, biaya perjalanan dan asuransi kesehatan.

Jika Hunters ingin mendaftar beasiswa cadangan yang berasal dari pemerintah Jepang, maka JASSO bisa menjadi pilihannya. Sedangkan persyaratan yang harus Hunters persiapkan antara lain:

1. Memiliki visa untuk belajar di Jepang.

2. Memenuhi persyaratan grade point yang ditentukan.

3. Dukungan keuangan yang diterima dari keluarga tidak boleh melebihi 90.000 Yen.

4. Penghasilan wali murid tidak boleh lebih dari 5.000.000 Yen.

Sedangkan bagi Hunters yang membutuhkan informasi lebih untuk beasiswa S2 luar negeri jepang ini, bisa klik link berikut ini.

 

Baca Juga: Rekomendasi 3 Beasiswa S2 Tanpa TOEFL di Jepang

 

3. Beasiswa ADB-Japan Scholarship Program

Beasiswa S2 Jepang lainnya bisa Hunters dapatkan dari Bank ADP (Asian Development Bank) yang bekerja sama langsung dengan pemerintah Jepang juga. Program ini diberikan kepada mahasiswa asing yang ingin melanjutkan studi Magister di universitas-universitas pilihan di Jepang.

Manfaat yang bisa Hunters dapatkan adalah biaya kuliah penuh, tunjangan tempat tinggal, uang saku bulanan, tunjangan buku, asuransi kesehatan dan biaya perjalanan. Tetapi tidak menanggung hal-hal seperti biaya keluarga, biaya kursus atau pelatihan ekstrakurikuler, magang, dan hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas tambahan.

Sedangkan persyaratan yang harus Hunters persiapkan untuk mendaftar beasiswa S2 Jepang ini antara lain:

1. Menjadi warga negara yang bekerja sama dengan Bank ADP.

2. Tidak memiliki kewarganegaraan ganda.

3. Memegang gelar sarjana dengan prestasi akademik yang baik dan dapat dibuktikan.

4. Memiliki pengalaman kerja profesional minimal 2 tahun.

5. Tidak lebih dari 35 tahun.

6. Sehat jasmani dan rohani.

7. Setuju untuk kembali ke negara adalah minimal 2 tahun setelah menyelesaikan studi di Jepang.

8. Bukan keluarga atau relasi dari karyawan Bank ADP.

9. Bukan staf dari institusi yang ditunjuk ADP-JSP.

10. Belum terdaftar dalam program S2 manapun. 

11. Menyerahkan surat rekomendasi.

12. Menyerahkan ijazah dan transkrip nilai.

13. Menyerahkan sertifikat bahasa.

14. Salinan paspor.

15. Dokumen pelengkap.

Sedangkan bagi Hunters yang membutuhkan informasi lebih untuk beasiswa S2 luar negeri jepang ini, bisa klik link berikut ini. 

 

Tertarik untuk kuliah dengan beasiswa S2 luar negeri Jepang dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview. Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun!

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

4. Beasiswa S2 Jepang, Nitori International Scholarship Foundation

Beasiswa S2 Jepang selanjutnya diberikan oleh Yayasan Beasiswa Internasional Nitori untuk mahasiswa asing yang ingin melanjutkan studi Magister di Jepang. Manfaat yang bisa Hunters dapatkan melalui beasiswa S2 luar negeri Jepang ini sebesar 50,000 Yen setiap bulannya untuk 1 periode atau 1 tahun beasiswa.

Sedangkan persyaratan yang harus Hunters persiapkan untuk mendaftar beasiswa S2 Jepang ini antara lain:

1. Bukan warga kewarganegaraan Jepang dan bisa mendapatkan status visa “Mahasiswa” dan akan mendaftar untuk bertempat tinggal di jepang.

2. Siswa reguler yang akan berada di tahun akademik pertama atau kedua program magister (termasuk program magister dan doktoral terintegrasi) dan berusia 26 tahun atau lebih muda, per Oktober 2021.

3. Memiliki kesehatan yang cukup baik untuk melanjutkan studi di Jepang, dengan catatan akademik yang sangat baik dan kepribadian yang baik.

4. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Jepang.

5. Dapat berkontribusi pada pemahaman internasional dan persahabatan timbal balik.

6. Dapat mengikuti Kegiatan Mahasiswa Beasiswa yang diadakan oleh NISF.

7. Dapat menyampaikan laporan ilmiah setiap bulan.

8. Tidak menerima beasiswa atau subsidi apapun selama menerima beasiswa dari NISF.

Sedangkan bagi Hunters yang membutuhkan informasi lebih untuk beasiswa S2 luar negeri jepang ini, bisa klik link berikut ini. 

5. Beasiswa S2 Jepang, Honjo International Scholarship Foundation

Beasiswa S2 Jepang selanjutnya adalah program bantuan dana partial yang bisa Hunters jadikan salah satu pilihan untuk kuliah Magister. Beasiswa S2 luar negeri Jepang ini ditawarkan oleh Yayasan Beasiswa Internasional Honjo untuk mahasiswa S2 dan S3 dari negara Asia, salah satunya Indonesia, yang ingin melanjutkan studi di universitas-universitas pilihan di Jepang.

Bagi para awardee beasiswa S2 Jepang ini akan mendapatkan bantuan dana sebesar 200.000 Yen per bulannya untuk jenjang S2 dan 300.000 Yen per bulan untuk jenjang S3. Sedangkan masa berlaku beasiswa S2 Jepang ini berlangsung selama maksimal 2 tahun untuk S2 dan tiga tahun untuk S3.

Proses seleksi beasiswa S2 luar negeri Jepang ini terdiri dari dokumen dan wawancara. Proses wawancara sendiri akan dilakukan secara online maupun offline. Sedangkan persyaratan yang harus Hunters persiapkan untuk mendaftar beasiswa S2 Jepang ini antara lain:

1. Usia tidak lebih dari 30 tahun ketika mendaftar.

2. Melampirkan sertifikat bahasa JLPT (Japanese Language Proficiency Test) tanpa ada minimal skor.

3. Proposal penelitian atau proposal studi.

4. Surat rekomendasi dari atasan atau profesor yang bekerja sama dekat dengan kandidat.

5. Ijazah dan transkirp nilai.

6. Melampirkan Letter of Acceptance (LoA) dari universitas yang dituju.

Sedangkan bagi Hunters yang membutuhkan informasi lebih untuk beasiswa S2 luar negeri jepang ini, bisa klik link berikut ini.

 

Baca Juga: Tertarik Ikut Beasiswa MEXT Jepang? Simak Informasi Lengkapnya Disini!

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Beasiswa S2 Jepang

Ingin lulus di beasiswa S2 Jepang? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

beasiswa s2 jepang

Sumber :

1. Website resmi beasiswa MEXT.https://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html

2. Website resmi beasiswa Jasso.https://jasso.or.id/scholarship

3. Website resmi beasiswa ADB-Japan Scholarship.https://www.adb.org/work-with-us/careers/japan-scholarship-program

4. Website resmi beasiswa Honjo International.https://www.hisf.or.jp/en/