Beasiswa S2 Singapura dan 5 Alasan Kuliah di Negeri Singa!

Singapura adalah negara dengan reputasi pendidikan yang unggul tidak hanya di asia, bahkan di seluruh dunia. Universitas-universitas di Singapura banyak yang memenangkan pengakuan global atas keunggulan akademik dan fasilitas penelitian yang canggih. Tidak mengherankan jika banyak pelajar internasional yang menargetkan negara ini untuk tujuan kuliah di luar negeri. Artikel ini akan membahas secara lengkap alasan harus kuliah di Singapura dan rekomendasi beasiswa S2 Singapura yang wajib untuk diketahui.

 

5 Alasan harus kuliah di Singapura

1. Kualitas pendidikan yang unggul di dunia

Universitas-universitas di Singapura banyak yang memenangkan pengakuan global atas keunggulan akademik dan fasilitas penelitian yang canggih. Seperti contohnya adalah QS World University Rankings 2021 yang memilih NUS sebagai universitas top di Asia dan kesebelas di dunia.

2. Peluang kerja setelah lulus sangat besar

Berbagai perusahaan multinasional dan industri mendirikan kantor pusat di Singapura. Selain itu, laboratorium penelitian dan pengembangan global juga banyak yang berpusat di sini. Hal ini akan membuka peluang besar untuk Hunters dapat langsung bekerja setelah lulus kuliah.

3. Negara yang sangat bersih dan aman

Singapura dikenal sebagai negara yang bersih dan tingkat kriminalitas yang rendah. Jadi, tidak perlu khawatir jika berkuliah di sini karena Hunters akan merasa aman dan nyaman selama menempuh kuliah di Singapura.

4. Biaya hidup lebih murah dibandingkan negara maju lainnya

Di Singapura, biaya kebutuhan hidup memang lebih mahal daripada di Indonesia karena kurs mata uang Singapura jauh lebih tinggi. Namun, faktanya kuliah di Singapura jauh lebih murah daripada berkuliah di negara-negara maju lainnya seperti di Amerika, Eropa, atau Australia.

5. Lokasi negara berdekatan dengan Indonesia

Secara geografis, negara Singapura berdekatan dengan negara Indonesia. Hal ini menjadi faktor utama bagi para pelajar Indonesia menargetkan Singapura sebagai negara tujuan. Disamping itu, biaya perjalanan ke Singapura ternyata bisa lebih murah daripada biaya perjalanan ke beberapa kota di Indonesia.

 

Rekomendasi beasiswa S2 Singapura

1. Singapore International Graduate Award (SINGA)

Cakupan beasiswa

1) Biaya kuliah

2) Tunjangan bulanan sebesar S$2.200 yang akan ditingkatkan menjadi S$2.700 setelah lulus Ujian Kualifikasi

3) Tunjangan tiket pesawat satu kali hingga S$1.500

4) Tunjangan menetap satu kali sebesar S$1.000

Persyaratan beasiswa

1) Terbuka untuk pendaftaran bagi semua lulusan internasional yang memiliki minat terhadap penelitian dan hasil akademik yang sangat baik.

2) SINGA ditujukan untuk mahasiswa internasional yang baru pertama kali belajar di Singapura. 

3) Warga negara Singapura, Penduduk Permanen Singapura, dan mahasiswa internasional yang sedang/pernah belajar di perguruan tinggi Singapura tidak memenuhi syarat.

4) Memiliki kemampuan yang baik dalam bahasa Inggris lisan dan tulisan.

5) Laporan yang baik dari wasit akademik.

Dokumen tambahan

1) Paspor

2) Pas foto terbaru dengan ukuran paspor

3) Transkrip nilai dan laporan

4) Sertifikat ijazah atau surat keterangan lulus jika belum ada

5) Dua Surat rekomendasi

6) Hasil skor IELTS / TOEFL / SAT I & II / GATE

7) Menyerahkan skor GRE dalam formulir aplikasi SINGA

 

Tertarik dengan beasiswa SINGA dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

 

beasiswa s2 singapura

 

Baca Juga: Cari Tahu Biaya Hidup dan Kuliah di Singapura! 

 

2. NTU Scholarships

Cakupan beasiswa

1) Biaya hidup sebesar S$3,600 untuk warga Singapura, S$3,400 untuk warga tetap Singapura, dan ​​S$3,100 untuk pelajar internasional

2) Tunjangan konferensi hingga S$4,000 per tahun

3) Tunjangan IT sebesar S$1,500​ ​ ​

4) Tunjangan buku sebesar ​S$500

5) Tunjangan tesis sebesar S$600 ​ ​

Persyaratan beasiswa

Memiliki gelar Honours (Highest Distinction) atau yang setara di tingkat Sarjana.

Dokumen tambahan

Dokumen untuk proses pendaftaran akan diinformasikan lebih lanjut pada bulan-bulan tertentu sebelum pendaftaran dibuka. Pantau perkembangan informasinya di sini.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan beasiswa S2 Singapura

Ingin lolos beasiswa S2 Singapura? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

beasiswa s2 singapura