Beasiswa Short Course StuNed di Belanda

Beasiswa Short Course StuNed tidak hanya memberikan beasiswa untuk program master di Belanda. StuNed juga memberikan beasiswa untuk menempuh program short course di beberapa institusi pendidikan di Belanda. Program short course tersebut meliputi kursus-kursus spesialis bertaraf internasional dengan waktu penyelenggaraan 2–12 minggu.

Program short course tersebut diakhiri dengan pemberian sertifikat atau diploma dari institusi pendidikan tinggi di Belanda. Short course diperuntukkan bagi para professional madya yang berkeinginan untuk memperbarui ilmu yang telah dimiliki sehingga dapat memberikan konstribusi yang lebih berdampak bagi institusi atau organisasi tempat ia bekerja.

Persyaratan umum beasiswa Short Course dari StuNed

  1. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan fotokopi KTP atau paspor.
  2. Diterima di salah satu program short course yang diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi Belanda, dibuktikan dengan: Surat Penerimaan (letter of acceptance / admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.
  3. Pendidikan minimal S1/D4 dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 2,75), dibuktikan dengan: transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum didalamnya.
  4. Pengalaman kerja setelah lulus S1, minimal 2 tahun di institusi terakhir, dibuktikan dengan: fotokopi Surat Keputusan pengangkatan pegawai (SK) atau kontrak kerja.
  5. Persetujuan dari institusi, dibuktikan dengan: pernyataan resmi dari pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa stafnya diizinkan untuk studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir StuNed.
  6. Pernyataan bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed.
  7. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik, dibuktikan dengan hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 68, atau IELTS minimal 5.5. Masa berlaku hasil tes TOEFL/IELTS maksimal 2 tahun sejak tanggal tes.
  8. Pelamar yang menyelesaikan studi di negara yang berbahasa Inggris atau lulus dari program internasional dibebaskan dari nilai TOEFL atau IELTS, selama lulus maksimum 2 tahun sebelum batas akhir pendaftaran beasiswa StuNed.
  9. Sesuai dengan bidang prioritas Kerjasama Belanda-Indonesia
  10. Menuliskan motivasi dan tujuan yang jelas untuk mengikuti short course, serta menjelaskan manfaat/dampak langsung dari program ini  bagi institusi tempat pelamat bekerja maupun masyarakat luas , dituangkan dalam motivation statement.
  11. Durasi program short course: 2 minggu – 12 minggu.

 

Baca Juga: Info Lengkap Mengenai Beasiswa StuNed dan Tips Mendapatkannya

 

Pilihan program studi

StuNed terbuka untuk semua program studi Internasional yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda, kecuali untuk joint-program antar universitas.

Prioritas diberikan pada bidang studi yang berhubungan dengan area kerjasama bilateral Indonesia-Belanda. Informasi lebih lanjut tentang pilihan program studi dapat diakses melalui www.studyfinder.nl

 

Tertarik dengan beasiswa Short Course StuNed dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun. 👇

beasiswa short course stuned

 

Deadline pendaftaran

Untuk kamu yang tertarik mengikuti program short course di beberapa institusi pendidikan di Belanda dan mendapat beasiswa dari StuNed, kamu harus sudah melengkapi semua berkas pendaftaran dan sumbit di website resmi StuNed sebelum 27 Januari 2019. Adapun program short course akan dilaksanakan antara April-Desember 2019. Informasi selengkapnya tentang beasiswa short course StuNed klik di sini.

Rekomendasi bimbingan persiapan beasiswa Short Course StuNed

Ingin lolos beasiswa Short Course StuNed? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa Short Course StuNed? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

beasiswa short course stuned

Sumber:

  1. Website resmi Nuffic StuNed. www.nuffic.nl