5 Beasiswa Cocok Untuk Lulusan SMA ke Luar Negeri!

Berbicara mengenai beasiswa, ternyata tidak hanya dibutuhkan oleh orang-orang yang akan menempuh pendidikan di perguruan tinggi seperti S-1, S-2, atau S-3.

Bahkan, di tingkat pendidikan menengah seperti SMA dan/atau sederajat juga banyak yang menyediakan berbagai program beasiswa SMA luar negeri yang bisa dijadikan pilihan yang menarik untuk Hunters yang masih duduk di bangku SMP dan SMA. Yuk, kita simak hingga akhir pembahasan artikel kali ini dengan ragam daftar beasiswa SMA luar negeri!

 

Keuntungan mengambil program beasiswa SMA di luar negeri

1. Meningkatkan kemampuan akademis serta berbahasa asing

Salah satu keuntungan yang utama dari bersekolah dan mengambil beasiswa SMA di luar negeri adalah bisa meningkatkan kemampuan akademis serta berbahasa asing ke tingkat yang lebih baik lagi.

Dengan kualitas pendidikan yang mungkin lebih baik, secara tidak langsung akan membuat Hunters bisa meningkatkan standar kompetensi dan kualitas berpikir dan pendidikan anda jelas akan jauh lebih baik lagi. Karena menempuh pendidikan di luar negeri, maka Hunters akan secara langsung bisa mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan bahasa asing.

Berkaitan dengan penguasaan berbahasa asing, tentunya butuh sebuah adaptasi dan proses pembelajaran. Namun, apabila terus diasah maka seiring berjalannya waktu Hunters juga akan bisa memahami penguasaan bahasa asing di tempat Hunters menempuh pendidikan.

Tentunya, akan menjadi sebuah nilai plus yang patut Hunters banggakan juga karena memiliki pengalaman hal baru lagi bisa berkesempatan mengenyam bangku pendidikan SMA di luar negeri.

2. Mempelajari berbagai kebudayaan baru

Manfaat berikutnya dari mengambil beasiswa terutama di tingkat SMA hingga ke luar negeri, yaitu Hunters bisa mempelajari berbagai kebudayaan baru yang belum pernah Hunters dapatkan di tempat saat ini. 

Setiap negara memiliki berbagai kebudayaan yang unik dengan negara asal seperti di Indonesia. Sama halnya layaknya kebahasaan, kebudayaan juga memerlukan waktu adaptasi yang mungkin akan terasa sangat lama.

Namun, itu bisa menjadi bahan eksplorasi pengalaman berharga agar Hunters bisa melekatkan diri dengan kebudayaan negara lain. Dengan demikian, Hunters bisa ikut terlibat dalam kehidupan sosial di negara lain.

 

Baca juga: Kenali Lebih Mengenai Tes IELTS Persiapan Beasiswa dan Pekerjaan

 

Pilihan Beasiswa SMA di Luar Negeri 

1. ASEAN Scholarship MOE Singapura

Beasiswa ini bisa menjadi pilihan yang menarik bagi Hunters yang memang ingin mencari beasiswa SMA di Singapura. Beasiswa ini akan memberi Hunters berbagai keuntungan yang bisa Hunters dapatkan, misalnya seperti bisa mendapatkan biaya kuliah gratis, tunjangan tahunan untuk akomodasi, beserta tiket keberangkatan ke Singapura, dsb.

Terpenting, jika Hunters ragu akan tinggal di luar negeri, Singapura jadi pilihan yang cocok karena jaraknya yang dekat dari Indonesia. Untuk  Informasi selengkapnya Hunters bisa mengunjungi laman web resminya.

2. Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES)

Agak berbeda dengan beasiswa sebelumnya, beasiswa ini ditujukan untuk anak SMA yang ingin mengikuti program pertukaran pelajar di Amerika Serikat.

Pilihan terbaik kini datang dari Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES). Tidak perlu risau, program beasiswa ini terjamin karena dikelola langsung oleh Pemerintah Amerika Serikat dengan standar kualifikasi yang sangat ketat. Hal terpenting lainnya sebelum mengikuti program beasiswa ini adalah Hunters harus memilih jurusan yang diinginkan sesuai dengan kompetensi dan minat. 

 

Baca dulu: Penasaran Dengan 10 Universitas Terbaik di Dunia? Ayo Cek Sekarang

 

3. JASSO Student Exchange Support Program

Beasiswa yang dinaungi oleh Japan Student Services Organization (JASSO) ini tersedia bagi siswa SMK dan terbuka tiap tahunnya dengan skema pertukaran pelajar singkat dengan durasi minimal 8 hari hingga maksimal 1 tahun.

Jenis-jenis sekolah yang menerima skema pertukaran pelajar ini adalah junior college, college of technology, atau professional training college. 

Jika kalian terpilih, kalian akan mendapatkan uang bulanan sebesar JPY 80.000. Berikut adalah beberapa hal yang wajib diketahui untuk mendaftar beasiswa ini:

  1. Sekolah asal memiliki MoU dengan sekolah tujuan di Jepang untuk melakukan pertukaran pelajar
  2. Sekolah tujuan di Jepang mengajukan program pertukaran pelajar dengan sekolah di Indonesia ke JASSO
  3. JASSO akan melakukan reviu dan menentukan apakah program tersebut dapat diberikan beasiswa melalui JASSO
  4. Calon siswa yang diajukan dapat mendapatkan visa pelajar
  5. Setelah selesai melakukan program pertukaran pelajar, pelajar akan kembali ke sekolah asal untuk menyelesaikan sisa masa studi. 
  6. Siswa merupakan siswa yang memiliki prestasi di sekolah asal.

Namun patut diingat bahwa langkah pertukaran pelajar ini dapat berbeda-beda tergantung pada MoU antar sekolah dan program yang ditawarkan pada sekolah tujuan di Jepang. Untuk itu, kalian wajib mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan sekolah kalian.

4. Australia’s Northern Territory Scholarship program

Program ini terbuka bagi siapa saja yang tertarik untuk melanjutkan studi di sekolah yang ada di wilayah utara Australia. Salah satu dari sekolah-sekolah tersebut adalah St. John’s Catholic College.

Jika kalian mendapatkan beasiswa ini, kalian akan mendapatkan bantuan sebesar AUD 10.000 untuk semester atau tahun pertama di sekolah tujuan kalian. Beasiswa ini didistribusikan langsung kepada sekolah tujuan sebagai dana untuk mengurangi biaya pendidikan yang perlu kalian bayarkan.

Untuk mendaftar pada program ini, kalian harus mendaftar pada website The Territory Australia dan mengikuti semua tahapan yang dijelaskan disana. Dari proses pendaftaran, seleksi, dan administrasi, semua akan dilakukan melalui reviu dari pemerintah setempat selaku pemberi beasiswa dan sekolah tujuan sebagai penerima siswa. 

Jadwal beasiswa ini dibuka setiap tahunnya, namun pelamar tidak boleh mengumpulkan berkas lamaran setelah tanggal 29 September tiap tahunnya.

5. Music Scholars at Regent’s International School Bangkok

Beasiswa ini diberikan pada siswa yang memiliki kompetensi tinggi di bidang musik, terutama musik klasik. Pelamar wajib memiliki kemampuan untuk memainkan alat musik strings, woodwind, brass, percussion, dan lainnya.

Pelamar dengan kemampuan memainkan piano dan vokal juga dipersilakan untuk mengikuti audisi beasiswa ini dengan catatan mereka dapat memainkan alat musik kedua. 

Untuk mengikuti beasiswa ini, kalian wajib mengisi dan mengumpulkan formulir pendaftaran serta mencantumkan video yang merekam kalian sedang memainkan alat musik. Setelah itu, jika kalian terpilih, kalian akan diundang untuk mengikuti audisi yang diadakan di Bangkok pada tanggal yang telah ditetapkan.

Beasiswa ini dibuka sepanjang tahun dengan tanggal tenggat waktu pada 14 Januari. Audisi kemudian akan dilakukan pada awal Februari. Jika kalian mendapatkan beasiswa ini, kalian akan mendapatkan biaya pendidikan secara gratis untuk bersekolah di Regent’s International School. Sekolah internasional dengan basis international baccalaureate. 

Namun, jika kalian terpilih, kalian wajib mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan detail sebagai berikut:

  1. Mengikuti latihan secara teratur dan terjadwal
  2. Mengikuti pementasan chamber ensembles maupun pementasan lain
  3. Menunjukkan kemampuan kepemimpinan 
  4. Memiliki prestasi akademik yang cukup di sekolah
  5. Penerima beasiswa diwajibkan mengikuti audisi ulang setiap tahunnya untuk mengukur perkembangan kemampuan mereka dalam memainkan alat musik serta untuk melihat apakah kemampuan mereka masih memenuhi standar beasiswa yang diberikan

Tuntas sudah penjabaran Minters mengenai beasiswa SMA luar negeri dan manfaat yang akan Hunters dapatkan.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan beasiswa SMA luar negeri 

Ingin lolos beasiswa SMA Luar Negeri ? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa SMA Luar Negeri ? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

 

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)