Beasiswa SMA Luar Negeri yang Bisa Kamu Jadikan Target

Berbicara mengenai beasiswa, ternyata tidak hanya dibutuhkan oleh orang-orang yang akan menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Di tingkat SMA atau SMK juga banyak yang menyediakan berbagai program beasiswa atau exchange alias pertukaran pelajar yang bisa dijadikan pilihan yang menarik untuk kalian. Oleh karena itu, yuk, simak hingga akhir pembahasan artikel kali ini mengenai rekomendasi beasiswa SMA luar negeri di bawah ini!

1. ASEAN Scholarship MOE Singapura

Beasiswa SMA luar negeri pertama dalam daftar ini adalah ASEAN Scholarship MOE Singapura. Beasiswa SMA luar negeri ini bisa menjadi pilihan yang menarik bagi kalian yang memang ingin mencari beasiswa SMA di Singapura selama 4 hingga 6 tahun. Beasiswa ini mencakup biaya hidup sebesar S$2200 per tahun yang akan dikirimkan berkala, tempat tinggal, biaya pindahan, tiket pesawat, biaya ujian GCE O-Level dan A-Level, dan tunjangan medis.

Persyaratan beasiswa ASEAN Scholarship MOE Singapura adalah memiliki sertifikat kecakapan berbahasa Inggris (IELTS, TOEFL, atau TOEIC), nilai rapor yang unggul, dan pernah berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan memiliki pengalaman kepemimpinan di sekolah.

Untuk mengikuti beasiswa ini, perhatikan tanggal-tanggal penting berikut:

  1. Pendaftaran daring: 1 Mei-30 Juni;
  2. Menghadiri ujian dan wawancara: Agustus – September (tentatif);
    1. Kandidat yang terpilih akan diberitahukan 1 minggu sebelumnya untuk mengikuti ujian dan wawancara.
    2. Ujian dan wawancara akan dilaksanakan di Jakarta dan Surabaya.
  3. Pengumuman melalui email: Oktober;
  4. Ketibaan di Singapura: November.

 

Tertarik bersekolah di luar negeri dengan program beasiswa dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun. 👇

 

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

2. Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES)

Beasiswa SMA luar negeri selanjutnya dalam daftar ini adalah Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES). Program beasiswa yang dibiayai oleh Kementerian Dalam Negeri Amerika Serikat ini memberikan beasiswa penuh kepada siswa SMA Indonesia untuk bersekolah selama 1 tahun di Amerika Serikat. Kalian juga akan tinggal dengan keluarga Amerika yang disebut host family.

Untuk menjadi kandidat beasiswa SMA luar negeri ini, siswa diwajibkan untuk memiliki kecakapan akademik dan non-akademik. Program ini juga memberikan fasilitas bagi siswa dengan disabilitas untuk mendaftar.  Jika kalian berminat, kalian harus mendaftar melalui laman situs Bina Antar Budaya  yang dibuka pada tanggal 27 Agustus hingga 18 September.

Persyaratan:

  1. Kandidat sedang duduk di kelas 1 atau 2 SMA/SMK/MA;
  2. Lahir antara tanggal 15 Januari 2006 hingga 1 Agustus 2007;
  3. Memiliki nilai minimal 80 untuk semua mata pelajaran;
  4. Memiliki sertifikat kejuaraan pada level kota/kabupaten;
  5. Aktif dalam organisasi sekolah;
  6. Akta lahir;
  7. Surat persetujuan dari orangtua;
  8. Paspor;
  9. Sertifikat medis; 
  10. Telah melakukan imunisasi Polio, DTaP, MMR, Varicella, Hepatitis A, Hepatitis B, dan Meningitis.

 

Cakupan beasiswa:

  1. Visa Amerika Serikat;
  2. Tiket pesawat pergi pulang;
  3. Biaya transportasi domestik di Indonesia dan Amerika Serikat;
  4. Biaya penempatan di host family dan sekolah Amerika Serikat;
  5. Orientasi sebelum keberangkatan dan ketibaan di Amerika Serikat;
  6. Program ekstrakurikuler;
  7. Asuransi kesehatan;
  8. Biaya bulanan.

 

Nah, itu dia, Hunters, dua rekmendasi beasiswa SMA luar negeri yang bisa kamu coba. Jadi, dari daftar di atas, beasiswa mana yang jadi incaranmu?

 

Jika kalian ingin menjadi penerima beasiswa ini, segera konsultasi bersama mentor experts Schoters agar persiapan beasiswa ini lebih matang atau langsung chat untuk informasi paket bimbingan dan layanan lainnya, ya! Klik gambar di bawah ini atau langsung chat untuk informasi paket bimbingan dan layanan lainnya, ya!

Mantapkan persiapan beasiswa bersama Schoters!

beasiswa SMA luar negeri

Ingin daftar beasiswa kuliah di luar negeri tetapi bingung mulai persiapan dari mana? Konsultasikan kegundahanmu ke konsultan experts Schoters!

Mau tahu program bimbingan beasiswa yang paling tepat sesuai kebutuhan kamu? Temukan program bimbingan untuk kamu di sini!