Stipendium Hungaricum: Kupas Tuntas Beasiswa Kuliah di Hungaria

Kuliah di luar negeri merupakan hal yang terdengar menarik, bukan? Kabar baiknya, ada banyak kesempatan untuk kuliah di luar negeri karena ada banyak beasiswa! Nah, salah satu beasiswa yang bisa kamu coba adalah Stipendium Hungaricum Scholarship untuk kuliah di Hungaria. Tertarik mencoba? Simak informasi selengkapnya dengan membaca artikel ini sampai habis ya!

Selayang pandang kuliah di Hungaria 

Hungaria menawarkan hal menarik jika kamu menempuh pendidikan di sini. Meski tidak seramai peminat seperti London atau Amerika Serikat, banyak hal-hal menarik yang menunggumu di Hungaria loh. Berikut hal menarik di Hungaria yang bisa kamu temui:

  1. Pendidikan berkualitas dengan biaya studi yang sangat terjangkau dibandingkan negara lain di Eropa.
  2. Terdapat banyak universitas dengan ranking tinggi di dunia.
  3. Banyak jurusan kuliah yang diajarkan menggunakan Bahasa Inggris untuk mahasiswa internasional.
  4. Pemerintah Hungaria menawarkan beasiswa studi penuh di Hungaria dengan Stipendium Hungaricum Scholarship.
  5. Hungaria terkenal sebagai negara moderen yang aman namun biaya hidupnya amat terjangkau bagi mahasiswa internasional (dibandingkan dengan biaya hidup mayoritas negara di Eropa).
  6. Hungaria merupakan negara multikultural sehingga menawarkan pengalaman seru dan menyenangkan untuk mahasiswa internasional.

Nah, cukup menarik bukan berkuliah di Hungaria. Selain beberapa hal menarik di atas, kamu juga bisa mencoba beberapa program bantuan dana pendidikan untuk mahasiswa internasional salah satunya Stipendium Hungaricum Scholarship. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Tentang Beasiswa Stipendium Hungaricum 2024

Stipendium Hungaricum Scholarship Programme merupakan beasiswa penuh dari Pemerintah Hungaria sebagai bentuk kerjasama bilateral antara Pemerintah Hungaria dengan sending partners. Pengelola beasiswa ini adalah Tempus Public Foundation.

Beasiswa Stipendium Hungaricum sudah ada sejak tahun 2013. Hingga sekarang, beasiswa Hungaria ini sudah tersedia bagi hampir 80 negara. Setiap tahun, sekitar 5000 mahasiswa internasional berkuliah di Hungaria dengan beasiswa ini.

Di Indonesia, beasiswa ini merupakan bentuk kerjasama antara Pemerintah Hungaria dengan Kemendikbud Ristek. Dengan beasiswa ini mahasiswa internasional, termasuk mahasiswa Indonesia, bisa berkuliah gratis di Hungaria. 

Baca Juga : Rekomendasi 7 Universitas Terbaik di Hungaria

Tujuan Beasiswa Stipendium Hungaricum

Melalui beasiswa ini, Pemerintah Hungaria ingin menggencarkan internasionalisasi pendidikan tinggi Hungaria dan menarik minat mahasiswa internasional dari berbagai penjuru dunia menempuh pendidikan berkualitas di jantung Eropa. Selain itu, ketika penerima beasiswa ini menyelesaikan studi dan kembali ke negara asal, maka mereka akan membawa ilmu dan kemampuan yang akan turut membangun citra yang positif tentang Hungaria di mata internasional.

Daftar Program pada Beasiswa Stipendium Hungaricum

Bagi pelajar Indonesia, Beasiswa Stipendium Hungaricum menawarkan beasiswa beasiswa untuk program studi di bidang-bidang berikut:

  1. Pertanian
  2. Ilmu Pengetahuan Alam
  3. Ekonomi
  4. Teknologi Informasi dan Ilmu Teknik dan
  5. Ilmu Seni dan Keolahragaan

Apakah ada program studi tujuanmu di atas?

Cakupan Beasiswa Stipendium Hungaricum

Sebagai salah satu beasiswa yang diberikan langsung atau pemerintah Hungaria. Fasilitas yang diberikan oleh Stipendium Hungaricum Scholarship juga tidak sembarangan loh. Fasilitas yang diberikan sendiri telah disusun dan direncanakan sedemikian rupa untuk membantu proses kuliah dan belajarmu di Hungaria. Berikut beberapa cakupan beasiswa Stipendium Hungaricum:

  1. Biaya kuliah
  2. Tunjangan hidup bulanan HUF 43,700 (±Rp2 juta) (untuk mahasiswa S-1, S-2 atau non-degree)
  3. Tunjangan hidup bulanan HUF 140,000 (±Rp5,2 juta) untuk fase pertama (empat semester pertama) dan HUF 180,000 (±Rp6,7 juta) untuk fase kedua (empat semester setelahnya)
  4. Akomodasi asrama atau tunjangan akomodasi tempat tinggal sebesar HUF 40,000 (±Rp1,7 juta) per bulan
  5. Asuransi kesehatan sebesar HUF 65 000 (setara 205 Euro) per tahun

Selain beberapa manfaat Stipendium Hungaricum Scholarship di atas, tentunya kamu bisa menikmati manfaat lain dari program ini. Salah satunya perluasan jaringan internasional dari jaringan para awardee dari seluruh dunia.

Kriteria Pelamar Beasiswa Stipendium Hungaricum

]Jika kamu tertarik melamar Beasiswa Stipendium Hungaricum, pastikan kamu memenuhi persyaratan berikut:

  1. Mahasiswa internasional dan mendapatkan rekomendasi dari lembaga pendidikan di negara asal (mahasiswa Indonesia harus mendapatkan rekomendasi Kemendikbud Ristek).
  2. Berumur lebih dari 18 tahun pada 31 Agustus 2023.
  3. Memenuhi syarat kemampuan yang ditetapkan oleh perguruan tinggi di Hungaria.
  4. Mendaftar ke universitas dan jurusan yang ditawarkan oleh beasiswa ini.

Sebagai salah satu beasiswa yang cukup bergengsi, pastikan profil dan kondisimu sekarang sudah sesuai dengan kriteria pendaftar beasiswa Stipendium Hungaricum di atas ya.

Tertarik dengan beasiswa Stipendium Hungaricum dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, jurusan, persyaratan dokumen hingga interview. Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Persyaratan Beasiswa Stipendium Hungaricum

Selain kriteria khusus di atas, ada beberapa dokumen wajib yang kamu serahkan. Persiapkan dokumen-dokumen berikut jika kamu hendak mendaftarkan diri pada beasiswa ini:

  1. Formulir pendaftaran online
  2. Esai yang berisi alasan kamu mendaftar beasiswa (pastikan kamu memperhatikan ketentuan format penulisan esai untuk beasiswa ini)
  3. Sertifikat kemampuan berbahasa Inggris (IELTS, TOEFL, atau sertifikasi kemampuan berbahasa Inggris lainnya yang diakui) atau kemampuan berbahasa Hungaria (sesuai ketentuan program studi pilihan pelamar)
  4. Ijazah terakhir dan terjemahannya dalam bahasa program studi pilihan pelamar atau Bahasa Hungaria
  5. Transkrip nilai dan terjemahannya dalam bahasa program studi pilihan pelamar atau Bahasa Hungaria
  6. Sertifikat prestasi akademik dan terjemahannya dalam bahasa program studi pilihan pelamar atau Bahasa Hungaria
  7. Surat keterangan sehat dan terjemahannya menggunakan format yang sudah ditentukan
  8. Hasil scan salinan KTP 
  9. Salinan paspor yang masih berlaku
  10. Surat tanda terima pendaftaran (diunduh setelah selesai mendaftar secara online di website)
  11. Portofolio untuk pendaftar program seni 
  12. Audio portofolio untuk pendaftar program seni
  13. Rencana penelitian dalam bahasa program studi pilihan pelamar (untuk pelamar program S-3)
  14. Dua surat rekomendasi dari pembimbing akademik atau supervisor dalam bahasa program studi pilihan pelamar (untuk pelamar program S-3)
  15. Statement of Supervisor (apabila diminta oleh universitas pilihan pelamar, untuk pelamar program S-3)
  16. Surat izin (Letter of Permission) bagi pelamar yang merupakan dosen tetap, dari universitas asal dan NIDN (untuk pelamar program S-3)

Oleh karena permintaan dokumen yang wajib dikumpulkan cukup banyak, persiapkan pendaftaran Stipendium Hungaricum Scholarship dari jauh-jauh hari, ya. Kamu juga bisa melihat promo bimbingan kuliah dan beasiswa luar negeri dari Schoters di akhir artikel ini ya!

Baca Juga : Simak Informasi Lengkap Tentang Hungarian State Scholarship Disini!

Timeline Pendaftaran Beasiswa Stipendium Hungaricum 2024

Apakah kamu tahu bahwa pembukaan pendaftaran Stipendium Hungaricum Scholarship 2024 sudah dibuka sejak Desember 2023? Berikut penjelasan lebih rincinya!

  1. Desember 2023: Registrasi dan upload dokumen melalui website ini.
  2. 15 Januari 2024: Deadline pendaftaran Stipendium Hungaricum Scholarship di jam 2 siang (CET).
  3. 28 Februari 2024: Proses seleksi pertama.
  4. 15 Maret 2024: Mengirimkan Statement of the Supervisor untuk jenjang Doktoral.

Pertengahan Maret – Akhir Mei 2024: Proses seleksi kedua.

  1. 15 April 2024: Mengirimkan sertifikat kesehatan atau medical certificate.
  2. Akhir Juni – Pertengahan Juli: Pengumuman kandidat yang lolos seleksi.
  3. Juli – Agustus 2024: Proses pendaftaran visa bagi kandidat terpilih.
  4. 30 September 2024: Proses tiba di Hungaria.

Berikut rincian tanggal dan proses seleksi dari Stipendium Hungaricum Scholarship 2024. Bagi yang belum bisa bergabung di seleksi tahun lalu, kamu bisa mencoba Stipendium Hungaricum Scholarship lagi di tahun ini ya. Semoga berhasil!

Cara Daftar Beasiswa Stipendium Hungaricum

Pada saat ini, proses pendaftaran Stipendium Hungaricum Scholarship sudah dapat kamu lakukan melalui form online mereka yang bisa kamu akses di sini. Berikut beberapa tahapan mendaftar Stipendium Hungaricum Scholarship dari sistem mereka:

  1. Registrasi dan siapkan akunmu.
  2. Pilih pilihan studi yang menjadi prioritasmu.
  3. Lengkapi kolom Personal Information dengan teliti dan sesuai dengan keadaanmu sekarang.
  4. Berikan rincian dari latar belakang pendidikanmu, organisasi atau pekerjaanmu. 
  5. Isikan rincian bahasa yang bisa kamu gunakan.
  6. Lampirkan surat referensi yang kamu dapat. 
  7. Tulis esai motivasi dengan pertanyaan “Why are you suitable candidate?”

Untuk informasi lebih lanjut mengenai fitur yang ada di Online Application System mereka, kamu bisa cek lebih lengkapnya di sini.

Deadline Pendaftaran Beasiswa Stipendium Hungaricum

Pendaftaran beasiswa ini bisa kamu lakukan secara online melalui halaman ini. Pada tahun 2024, pendaftaran terakhir beasiswa ini jatuh pada 15 Januari 2024 pukul 2 siang zona waktu CET. Jika ingin mengetahui informasi lebih lengkap tentang beasiswa Stipendium Hungaricum, kamu bisa menemukannya di laman resmi.

Untuk melakukan pendaftaran Beasiswa Stipendium Hungaricum, kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Oleh karena itu, setelah menyiapkan dokumen jangan lupa membuat akun di chronos system. Jika bingung, kamu bisa membaca panduan beasiswa.

Setelah itu, barulah kamu bisa mengisi data diri kemudian mengunggah dokumen-dokumen pendaftaran. Gunakan checklist ini dan pastikan kamu mengunggah semua dokumen yang dibutuhkan sesuai ketentuan yang tertera.

Perlu kamu ingat bahwa ukuran berkas maksimal yang bisa kamu unggah ke sistem pendaftaran adalah 4 MB. Jika ukuran portofolio kamu lebih dari 4 MB, kamu bisa mengunggah dokumen yang berisi tautan di mana portofolio kamu bisa diunduh oleh penyeleksi.

FAQ Beasiswa Stipendium Hungaricum

Bagi kamu yang masih punya banyak pertanyaan mengenai Stipendium Hungaricum Scholarship, berikut beberapa pertanyaan yang Schoters rangkumkan untukmu!

1. Apakah saya harus membayar biaya pendaftaran di Stipendium Hungaricum Scholarship?

Tidak, panitia Stipendium Hungaricum Scholarship tidak meminta biaya sepeserpun. 

2. Apakah saya bisa mendaftar langsung di universitas tujuan saya untuk mengikuti Stipendium Hungaricum Scholarship?

Tidak, kamu tidak bisa. Kamu harus mendaftar melalui website Stipendium Hungaricum Scholarship yang sudah disediakan. 

3. Apakah saya harus mendapatkan referensi dan dinominasikan oleh pemerintah Indonesia terlebih dahulu?

Ya, betul. Hanya yang didominasikan oleh negara asal akan diproses ke universitas.

4. Apakah saya bisa membawa keluarga ke Hungaria selama masa studi dan beasiswa?

Ya, bisa. Namun, Stipendium Hungaricum Scholarship tidak menanggung visa, administrasi, dan hal lain yang berhubungan dengan hal itu.

5. Apakah saya harus memiliki paspor untuk mendaftar?

Tidak harus, kamu bisa mendaftar dulu dengan tanda pengenal lain. Namun, paspor dibutuhkan untuk mengurus visa.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Beasiswa Stipendium Hungaricum

Ingin lolos beasiswa Stipendium Hungaricum? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa Stipendium Hungaricum? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester