Beasiswa Stuned 2019 untuk Program Master Dibuka!

Beasiswa StuNed (Studeren in Nederland), atau studi di Belanda, adalah program beasiswa dari Pemerintah Belanda yang bertujuan membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Penerima beasiswa dapat mengikuti program master course diselenggarakan dalam Bahasa Inggris (program studi Internasional) oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda.

Cakupan Beasiswa Stuned

  1. Uang kuliah (maksimum EUR 20.000 per tahun)
  2. Biaya hidup (uang bulanan)
  3. Biaya perjalanan internasional dan lokal
  4. Biaya lain yang diperlukan untuk mendukung studi

Kriteria Pelamar

Kandidat penerima beasiswa StuNed idealnya memiliki komitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia dan kapasitas institusi tempat mereka bekerja, memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Belanda dan juga meningkatkan efektifitas dari program-program kerja yang sedang berjalan.

Prioritas diberikan kepada pelamar yang:

  1. Program studi atau area pekerjaannya berkaitan dengan bidang prioritas kerjasama bilateral Indonesia dan Belanda.
  2. Berpotensi menjadi pemimpin di masa mendatang yaitu mereka yang memiliki prestasi akademis dan non akademis/kepemimpinan yang sangat baik, yang dibuktikan dengan berbagai pencapaian di tingkat nasional maupun internasional.

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia dibuktikan dengan fotokopi KTP atau paspor
  2. Pendidikan minimal S1/D4 dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 3.00) dibuktikan dengan transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum didalamnya.
  3. Telah diterima di salah satu program master yang diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi Belanda dibuktikan dengan Surat Penerimaan (letter of acceptance / admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.
  4. Bagi karwayan/pegawai harus mendapatkan persetujuan dari institusi dibuktikan dengan pernyataan resmi pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa stafnya diizinkan untuk studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir StuNed.
  5. Beasiswa StuNed juga terbuka untuk fresh graduate.
  6. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik dibuktikan dengan hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 80, atau IELTS minimal 6.0. Masa berlaku hasil tes TOEFL/IELTS maksimal 2 tahun terhitung sejak tanggal tes. Pelamar yang menyelesaikan studi di negara yang berbahasa Inggris atau lulus dari program internasional dibebaskan dari nilai TOEFL atau IELTS, selama lulus maksimum 2 tahun sebelum batas akhir pendaftaran beasiswa StuNed.
  7. Pernyataan bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed.
  8. Tidak ada batasan umur

StuNed Co-Funding

Dapatkan peluang lebih besar jika Anda telah mendapatkan surat penerimaan tanpa syarat (unconditional LoA) di program studi dan institusi yang berpartisipasi di dalam skema co-funding. Daftar program studi dan institusi tersebut akan tersedia dalam waktu dekat.

Tertarik dengan beasiswa StuNed dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Tahapan Seleksi

1. Administrative assesment (Maret – mid April 2019)
2. Competitive and excellence-based assessment (mid April 2019)*
3. Final Outcome (Mei 2019)

Catatan: Hanya bagi yang lulus seleksi tahap pertama dapat melanjutkan tahap seleksi ke 2.

Pilihan Program Studi

  1. StuNed terbuka untuk semua program studi internasional yang diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi Belanda. StuNed tidak berlaku untuk joint-program antar universitas, part time study, maupun distance learning.
  2. Prioritas diberikan pada bidang studi yang berhubungan dengan area kerjasama bilateral Indonesia-Belanda.

Proses Pendaftaran

Proses pendaftaran dimulai dengan cara mengisi formulir pendaftaran online.

Deadline Pendaftaran

Pendaftaran Beasiswa Stuned ditutup pada tanggal 10 Maret 2019, untuk September 2019 intake

Informasi lebih lanjut tentang beasiswa stuned bisa dilihat Disini.

Baca Juga : Lihat Beasiswa Lain yang Sedang Buka!

Schoters

The #1 and Largest Online Scholarship Platform. 

Raih Beasiswa Impian Bersama Schoters!

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Hunters, kamu ingin mendaftar Beasiswa Stuned atau beasiswa luar negeri lainnya? Kamu bisa ikuti program Persiapan Beasiswa di Schoters loh dan berkonsultasi dengan mentor expert Schoters!