7 Beasiswa Tanpa Wawancara untuk Kuliah di Eropa

Info Beasiswa, 04 Nov 2022

Tak dapat dipungkiri bahwa proses interview beasiswa merupakan tahapan yang berat dan paling menantang saat mendaftar beasiswa. Meski kebanyakan beasiswa mengikutkan tahap interview, beberapa beasiswa tanpa wawancara berikut ini bisa menjadi salah satu alternatif bagimu!

1. Eiffel Excellence Scholarship

Eiffel Excellence Scholarship merupakan salah satu beasiswa tanpa wawancara yang bergengsi dan tujuan para mahasiswa di dunia. Eiffel Excellence Scholarship merupakan bantuan dana pendidikan dari Kementrian Eropa dan Luar Negeri Prancis.

Beasiswa ini terbuka untuk semua mahasiswa yang ingin melanjutkan studi Pascasarjana di bidang ilmu sains, biologi dna kesehatan, ekologikal transisi, matematika dan digital, ilmu teknik, ilmu hukum, politik, ekonomi, manajemen dan sejarah, bahasa dan bahasa Prancis. 

Beberapa persyaratannya antara lain tidak pernah sekolah atau mendapat beasiswa apapun dari pemerintah Prancis, direkomendasikan oleh universitas tujuan dan tidak lebih dari 25 tahun untuk program Magister dan tidak lebih dari 30 tahun pada studi Doktor.

          Baca Juga: Info Lengkap Beasiswa Eiffel Excellence Scholarship

2. Romanian Government Scholarship

Beasiswa tanpa wawancara lainnya adalah Romanian Government Scholarship. Seperti namanya, beasiswa ini diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Rumania untuk mahasiswa internasional luar Eropa yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi yang ada di Rumania. Tujuan beasiswa ini antara lain untuk mempromosikan budaya dan bahasa Rumania. 

Melalui beasiswa ini kamu bisa memiliki program Sarjana, Master, dna doktoral. Namun perlu kamu ketahui, semua pelajaran selain program doktoral, akan dilaksanakan dalam bahasa Rumania. Sehingga kamu akan mendapatkan kursus bahasa Rumania terlebih dahulu. Sayangnya, beasiswa tanpa wawancara ini tidak terbuka untuk bidang studi kedokteran, farmasi, dan kedokteran gigi. 

kuliah ke luar negeri

3. Swedish Institute Scholarships for Global Professionals (SISGP)

Beasiswa tanpa wawancara lainnya adalah Swedish Institute Scholarship for Global Professionals (SISGP). Beasiswa ini terbuka untuk pelajar 41 negara (salah satunya Indonesia) dan memiliki pengalaman bekerja dan kepemimpinan yang dapat dibuktikan. Selain itu, kamu harus mendapatkan LoA terlebih dahulu dari universitas tujuan untuk mendapatkan beasiswa ini. 

Beasiswa ini memberikan beasiswa penuh untuk biaya pendidikan, tunjangan hidup, asuransi kesehatan dan kecelakaan, asuransi transportasi dna jaringan awardee SISGP dari seluruh dunia. Sedangkan beberapa persyaratan SISGP antara lain:

  • Berasal dari 41 negara yang sudah ditentukan.
  • Memiliki pengalaman kerja minimal 3.000 jam dan bisa dibuktikan.
  • Sudah diterima di universitas tujuan
  • Mendaftar di bidang studi yang menjadi fokus SISGP. Bagi pelajar Indonesia, bidang studi yang diutamakan adalah yang dapat berkontribusi dalam UN 2030 Agenda untuk Sustainable Development.

          Baca Juga: Info Lengkap Beasiswa SISGP

4. Ignacy Łukasiewicz Scholarship

Beasiswa tanpa wawancara lainnya adalah Ignacy Łukasiewicz Scholarship yang ada di Polandia. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, persiapan bahasa, tunjangan hidup dan akomodasi. Beberapa persyaratan beasiswa ini antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Belum pernah tinggal di Polandia.
  3. Belum pernah menempuh pendidikan Sarjana dan Pascasarjana di Polandia.
  4. Ijazah S1.
  5. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang dapat dibuktikan dengan sertifikat minimal IELTS (5.5 - 6.5)

Beberapa bidang studi yang diutamakan adalah Ilmu Alam, Ilmu Teknik, Agrikultur, Kehutanan, dan Dokter Hewan. Sedangkan pendaftarannya sendiri bisa kamu akses melalui sistem aplikasi NAWA’s ICT. 

5. EIT InnoEnergy Scholarship 

Beasiswa tanpa wawancara lainnya ada dari EIT InnoEnergy. Beasiswa ini mencari kandidat terbaik yang memiliki kemampuan akademik (yang dilihat dari pengalaman, kualitas pendidikan dan universitas), pengalaman professional, dan memiliki inovasi dan sikap kewirausahaan yang baik. 

Persiapan dokumennya sendiri tidak terlalu banyak loh, kamu hanya harus memastikan pengalaman studi Sarjanamu memiliki minimal 180 ECTS kredit, memiliki pengalaman studi di jurusan yang sesuai dengan tujuan EIT InnoEnergy dan sertifikat bahasa Inggris.

Webinar "Study Abroad in Europe"

6. Justus & Louise van Effen Excellence Scholarships

Beasiswa tanpa wawancara lainnya berasal dari yayasan Justus & Louise van Effen Excellence Scholarship, yang membuka peluangnya untuk mahasiswa internasional yang ingin kuliah S2 di TU Delft Belanda. Beasiswa ini juga menawarkan tunjangan hidup dan biaya kuliah penuh di program TU Delft MSc. 

Beberapa persyaratan untuk beasiswa tanpa wawancara ini antara lain:

  • Ijazah S1 dengan rata-rata IPK 80% dari nilai maksimum
  • Memiliki prestasi akademik yang baik.
  • Sertifikat bahasa Inggris.
  • Telah diterima di program studi tujuan.
  • Mengisi formulir pendaftaran.
  • 2 surat rekomendasi.

Beberapa informasi lainnya, bisa kamu lihat di website resmi Justus & Louise van Effen Excellence Scholarships ya.

7. Erasmus Mundus Joint Master Degree Scholarship (EMJMD) 

Untuk Erasmus Mundus Joint Master Degree Scholarship (EMJMD), prosesnya mungkin memiliki tahap wawancara ataupun tidak. Tergantung program yang diambil. Namun wawancaranya sendiri dilakukan melalui video call  selama 30 menit.

Beberapa dokumen yang diperlukan adalah paspor, 2 surat rekomendasi, sertifikat bahasa inggris, surat motivasi, CV, formulir pendaftaran, dan esai mengenai program yang akan diambil.

Ingin Mendapatkan Beasiswa Tanpa Wawancara?

Masih ada pertanyaan seputar pendaftaran beasiswa di Eropa? -> Tanya jawab langsung bersama konsultan experts Schoters

Butuh bimbingan penulisan dokumen pendaftaran beasiswa seperti CV dan Motivation Letter? -> Dapatkan program bimbingan terbaik di Schoters!

kuliah ke luar negeri