Mengejar Beasiswa Tokyo University of Foreign Studies (TUFS) di Jepang

Info Beasiswa, 19 Okt 2022

Tokyo University of Foreign Studies atau yang biasa disingkat menjadi TUFS, adalah salah satu universitas di Jepang yang memiliki spesialisasi di bidang riset (research university), khususnya di bidang studi bahasa asing, studi internasional dan studi budaya. Universitas yang berlokasi di Fushu ini merupakan salah satu universitas tertua di Jepang yang sudah berdiri sejak tahun 1873. Mahasiswa yang berminat mempelajari bahasa asing di TUFS dapat memilih beragam program bahasa yang tersedia di TUFS, termasuk di antaranya program bahasa Jerman, Polandia, Laos, Kamboja, dan masih banyak lagi.

Biaya juga tidak perlu menjadi kendala apabila ingin melanjutkan pendidikan tinggi di TUFS, mengingat terdapat beberapa alternatif beasiswa yang bisa dicoba untuk melanjutkan studi di sana, termasuk di antaranya Beasiswa MEXT/Monbukagakusho dan Beasiswa Honjo International Scholarship Foundation.

Beasiswa MEXT/Monbukagakusho

Salah satu beasiswa yang dapat dicoba untuk melanjutkan pendidikan di TUFS adalah program beasiswa MEXT yang diberikan oleh Pemerintah Jepang setiap tahunnya. Beberapa program beasiswa MEXT yang ditawarkan di TUFS adalah:

  • Program untuk undergraduate students atau MEXT Gakubu
  • Program untuk research students
  • Program untuk jurusan Japanese Studies

Beasiswa MEXT ini dapat dicoba melalui 2 (dua) jalur berbeda, yaitu:

  • Jalur embassy recommendation, dimana pelamar beasiswa mengajukan lamaran beasiswa melalui Kedutaan Jepang di negara asal masing-masing. Melalui jalur ini, pelamar beasiswa yang sudah lulus tahapan screening, akan direkomendasikan oleh Kedutaan kepada pihak MEXT untuk proses lebih lanjut. Jalur embassy ini dapat dicoba oleh calon undergraduate students, research students dan pelajar Japanese Studies di TUFS. Khusus untuk research students, setelah melewati tahap screening oleh Kedutaan, mahasiswa juga diminta untuk menghubungi TUFS untuk mendapatkan Letter of Provisional Acceptance yang hanya diperoleh setelah memilih satu professor di TUFS sebagai pembimbing riset.  
  • Jalur universitas, dimana calon pelamar beasiswa direkomendasikan oleh universitas asal kepada MEXT untuk menerima beasiswa di TUFS. Jalur ini dapat dicoba oleh calon research students dan pelajar Japanese Studies dari insitusi yang memiliki kerjasama dengan TUFS.

Di Indonesia, terdapat 4 (empat) institusi pendidikan yang bekerjasama dengan TUFS, yaitu:

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Universitas Indonesia
  3. Universitas Katholik Indonesia Atma Jaya
  4. Pusat Studi Sosial dan Budaya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Dokumen yang Diperlukan untuk MEXT di TUFS

Beberapa dokumen yang dibutuhkan antara lain:

  1. Application Form
  2. Placement Preference Application Form
  3. Foto pelamar
  4. Field of Study and Research Program Plan
  5. Fotokopi ijazah dan transkrip pendidikan terakhir
  6. Surat rekomendasi dari rektor atau dekan jenjang pendidikan terakhir
  7. Surat rekomendasi dari atasan atau supervisor bagi yang sudah bekerja
  8. Abstrak penelitian pada jenjang pendidikan terakhir
  9. Fotokopi sertifikat skor Bahasa Inggris/Jepang

Beasiswa MEXT biasanya dibuka pada bulan April – Mei setiap tahunnya.

           Baca juga: Beasiswa MEXT-Undergraduate (Gakubu) untuk Kuliah di Jepang

Beasiswa Honjo International Scholarship Foundation

Program beasiswa ini adalah program beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Honjo Internasional yang diberikan kepada mahasiswa tingkat S-2 dan S-3 yang akan melanjutkan studi di Jepang, termasuk di TUFS. Nilai program beasiswa ini bervariasi dari 200.000 Yen per bulan (untuk periode stude 1-2 tahun), 180.000 Yen per bulan (untuk periode studi 3 tahun) dan 150.000 Yen per bulan (untuk periode studi 4 tahun).

Dokumen Yang Diperlukan 

  1. Ijazah dan transkrip jenjang pendidikan sebelumnya
  2. Personal statement dalam bahasa Inggris
  3. Research plan dalam bahasa Inggris
  4. Surat rekomendasi dari akademisi

Program Beasiswa Yayasan Honjo International biasanya dibuka pada bulan September – Oktober, dengan proses seleksi dimulai pada bulan Januari tahun berikutnya.

           Baca juga: Kuliah di Tokyo Tech, Jepang dengan beasiswa GSEP MEXT

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

beasiswa TUFS