Info Beasiswa S2 POSCO: Beasiswa S2 Korea Telah Dibuka

Tidak seperti beasiswa KGSP yang selalu kebanjiran pendaftar beasiswa. Tidak begitu banyak orang yang tahu mengenai beasiswa yang ditawarkan oleh POSCO TJ Park Foundation. TJ Park sendiri berasal dari nama pendiri perusahaan POSCO yaitu Park Tae Joon. POSCO TJ Park Foundation adalah yayasan yang bernaung di bawah perusahaan baja Korea, POSCO.

Pendaftaran sekolah untuk Fall Semester 2019 akan segera dibuka (SNU menjadi kampus yang lebih awal untuk pendaftaran program Fall Semester), sehingga Beasiswa POSCO juga akan dibuka karena hanya setahun sekali yaitu setiap Fall Semester.

Tentang Beasiswa POSCO

Saya Puput Rossi penerima Beasiswa POSCO tahun 2014 yang mendapatkan kesempatan melanjutkan S2 di GSIS Sogang University, dan sekarang Alhamdulillah sudah lulus. Saya akan membagikan sedikit tips, cerita dan tahapan beasiswa POSCO.

Ketentuan Beasiswa

Secara garis besar Beasiswa POSCO khususnya POSCO TJ PARK Foundation ASIA FELLOWSHIP :

  1. Untuk Program Master dan Doctoral di Korea, fokus di International Studies (GSIS SNU, Yonsei, Sogang, KU) Korean Studies(Hankuk, Ewha, AKS) Public Policy(KDI), Engineering dan Environmental Studies (POSTECH)
  2. Hanya untuk WN Kawasan ASIA
  3. Pendaftar tidak dapat mendaftarkan langsung ke POSCO Foundation, kandidat akan dipilih oleh Universitas-Universitas yang terafiliasi oleh POSCO Foundation
  4. Tidak ada Pelatihan bahasa Intensif layaknya program KGSP (kalau punya topik diatas 5, ada tambahan tunjangan)
  5. Full Scholarship HANYA mencakup:
    • biaya semester selama program berlangsung (GPA akan di cek tiap semester, ada batas minimal, sekitar Min: 3.00 ) dan
    • Tunjangan tiap bulan , sekitar 1.000.000 perbulan (untuk wilayah Seoul) selama 22 Bulan!
      • TIDAK TERMASUK : TIKET PESAWAT, BUKU, INSURANCE, etc (kalian dapat membagi uang tersebut untuk membiayai semua kebutuhan selama berada di Korea)
  6. Selama Program, hanya diizinkan keluar Korea selama 7 hari tiap bulan (kalau lebih dari 7 hari, tunjangan akan di kurangi 50% untuk bulan berikutnya)
  7. Tidak ada Ikatan Dinas.
  8. Setiap tahun kira-kira ada 30 orang mahasiswa yang berasal dari negara Asia yang terpilih untuk program POSCO Asia Fellowship ini dan melanjutkan studi S2nya di universitas Korea yang sudah bekerja sama dengan Posco TJ Park Foundation.

beasiswa s2 fully funded

Tahapan Beasiswa S2 Posco

(SOGANG UNIVERSITY) {Tahapan di tiap uni hampir sama, persyaratan dokumen akan berbeda}

  1. (Seleksi Administrasi) Pendaftaran Mahasiswa Baru ke Sogang University layaknya program reguler. Di form Sogang akan ada pilihan “apakah kalian mau mengikuti program POSCO Scholarship” lalu ada lembaran jawaban dan sedikit essay untuk POSCO Program (Dokumen dan Persyaratan di tiap Kampus akan berbeda)
  2. (Seleksi Wawancara) akan ada wawancara dari Tim Sogang University
  3. (Pengumuman) Kalian akan mendapatkan email jika kalian diterima di Sogang University,
  4. (Pengumuman Kandidat POSCO) bagi yang MENDAFTAR BEASISWA POSCO akan ada email tambahan apakah kalian terpilih sebagai kandidat untuk penerima Beasiswa POSCO. Jika terpilih kalian akan ada tahapan lanjutan untuk Interview dengan Tim POSCO
  5. (Seleksi Wawancara) Interview by Phone dengan Tim POSCO.
  6. (Pengumuman Penerima Beasiswa) Pihak Universitas akan mengirimkan email jika kalian terpilih sebagai Penerima Beasiswa POSCO
  7. (Inagurasi) akan ada inagurasi serimonial sekitar bulan November untuk para penerima beasiswa

10622740_10204272530866218_8109636462528833317_n

Tips Lolos Beasiswa Korea

  1. Baca baik-baik Informasi yang ada baik tentang dokumen maupun kurikulum serta dosenyang akan mengajar di Universitas tersebut.
  2. Pilih jurusan sesuai minat kalian (berguna untuk Interview Sogang), kamu harus yakin dengan pilihan dan udah tau mau apa kalau udah lulus (pinter-pinter ngomong tapi jangan membual keterlaluan ya)
  3. Bikin list dokumen yang dibutuhkan dan timeline(deadline) dari tiap Uni yang kalian mau!!!! (PENTING BANGET)
  4. Kirim Dokumen yang diminta melalui International Post Service yang terpercaya, dan jangan mendekati deadline!!!
  5. Baca informasi tentang POSCO company dan POSCO foundation untuk persiapan wawancara POSCO
  6. mempunyai kemampuan Bahasa Korea akan mempunyai nilai plus!

Biasanya yang harus disiapkan :

1. Nilai TOEFL, TOEIC, atau IELTS dkk

2. Ijazah, Transcript, ID card, passport, KK, dan Akte kelahiran yg sudah di translate ke bahasa Inggris.

3. Statement of Purpose, Personal Introduction« Ini beneran harus dibuat baik-baik, minta masukan dan proofread dr yang expe

Cek batas waktu pendaftaran universitas-universitas dibawah ini ya (silakan klik tautan terkait): biasanya info untuk fall semester sudah mulai ada sekitar bulan Maret

  1. Sogang : sekitar bulan Mei
  2. SNU : sekitar Februari – Maret
  3. Yonsei : sekitar Maret – Mei
  4. Ewha
  5. KU
  6. Hankuk
  7. AKS
  8. KDI
  9. POSTECH : sekitar Februari – April 2018

Ingin Lolos Beasiswa S-2 Posco?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu?     ->     Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu?     ->     Dapatkan program terbaik di Schoters!

beasiswa s2 fully funded